MODEL APLIKASI KOMUNIKASI DARING SEBAGAI FASILITAS PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID 19
Abstract
Abstrac: Education is one of the most important things in human life, the purpose of education is a change towards good quality. This is one indication that education runs dynamically. The existence of a pandemic has also forced the role of education policy makers to create a new strategy in the teaching and learning process, one of which is given a solution to learn in a bold way. So there are several applications that can be used for communication in bold learning. This study uses an approach in this study using a qualitative descriptive approach using a more detailed approach, namely phenomenology. The results obtained from this study are that communication application users are indeed very strong, especially in the Aplikasi Rumah Belajar (ARB) accessible Sumber Belajar they get the following data: 2,767,9012, Kelas Digital 5,409,919, Laboratotium Maya 297,020, and for Bank Soal as many as 8,765,200.
Downloads
References
Akbar, Jihad. “Perjalanan Pandemi Covid-19 Di Indonesia, Lebih Dari 100.000 Kasus Dalam 5 Bulan Halaman All - Kompas.Com.” Kompas.Com. Jakarta, July 28, 2020.
Andrianto Pangondian, Roman, Paulus Insap Santosa, and Eko Nugroho. “Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1:56–60, 2019.
Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10, no. 3 (September 28, 2020): 282–289.
Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (October 1, 2020): 288.
Budiman, Agus. “Teknologi Pendidikan Dan Dinamika Pendidikan Agama Islam.” At-Ta’dib 3, no. 2 (August 27, 2016): 179–188.
Ceha, R., Endang Prasetyaningsih, Iyan Bachtiar, and Agus Nana S. “PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN.” ETHOS (Jurnal Penelitian dan Pengabdian) 4, no. 1 (January 1, 2016): 131.
Creswell, John W., and J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications, 2017.
Darmawati, Siti Homzah. “Revitalisasi Pendidikan Karakter Bagi Guru Dan Siswa Dengan Penerapan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Di SMP 32 OKU.” Prosiding Seminar Nasional (January 1, 2015): 114–119.
Ekonomi, Fakultas, Bisnis Unisma, Oleh Winda, Martha Sari, Agus Priyono, and Fahrurrozi Rahman. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Merchandise Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Ramayana Departement Store Malang).” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 9, no. 08 (August 12, 2020): 188–201.
Elvanny Myori, Dwiprima, Rahmat Hidayat, Fivia Eliza, and Radinal Fadli. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android.” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) 5, no. 2 (December 10, 2019): 102–109.
Emda, Amna. “KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN.” Lantanida Journal 5, no. 2 (March 15, 2018): 172.
Fahrudin, Ahmad, and Arbaul Fauziah. “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemampuan Literasi, Keaktifan, Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sains Dalam Al-Qur’an Di IAIN Tulungagung.” Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 4, no. 2 (2020): 95–105.
Fathurrohman, Muhammad. “Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 1, 2016): 19–42.
Fatimah, Siti, and Dinie Anggraeni Dewi. “Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Jati Diri Anak Bangsa.” Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora 1, no. 5 (2021): 1–7.
Febrianta, Yudha, and Ahmad Fauzan. “HAMBATAN KOMUNIKASI GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI SE-KECAMATAN KEMBARAN.” Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 11, no. 1 (November 25, 2019): 27.
Gunawan, Agus Abhi Purwoko, Agus Ramdani, and Muhammad Yustiqvar. “Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Teacher Education 2, no. 1 (April 23, 2021): 226–235.
Habibi, Andrian. “Normal Baru Pasca Covid-19 | Habibi | ADALAH.” ’ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilan 4, no. 1 (2020).
Hasanah, Ismi, and Dwi Aryanti Ramadhani. “PEMENUHAN HAK PEKERJA SETELAH PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA DIMASA SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19.” Gorontalo Law Review 4, no. 1 (April 7, 2021): 20–32.
Isak, Dominikus, and Petrus Berek. “Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sub Budaya (Kajian Fenomenologis Terhadap Komunitas Street Punk Semarang).” INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 1 (January 2, 2014): 56–66.
Isjoni, Arif Ismail, and Mahmud Rosnaini. ICT Untuk Sekolah Unggul. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Jannah, Fathul. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan 13, no. 2 (December 1, 2013): 161–173.
Jayul, Achmad, and Edi Irwanto. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6, no. 2 (June 30, 2020): 190 – 199.
Kamil, Irfan. “Dirjen Dikti: 70 Persen Mahasiswa Dan Dosen Nilai Pembelajaran Daring Lebih Baik Halaman All - Kompas.Com,” n.d.
Kusumastita, Imelda Indah. “IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA.” JURNAL REFORMA 9, no. 2 (December 11, 2020): 104.
Magdalena, Ina, Nurfidia Azhari, and Hesti Sulistia. “STRATEGI PEMBELAJARAN DARING AKTIF, KREATIF, MENYENANGKAN DI SD NEGERI 1 PEGAGAN LOR.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 2, no. 2 (August 31, 2020): 306–317.
Moeliono, Anton M. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Dekdikbud, 2003.
Muhyiddin, Muhyiddin. “Covid-19, New Normal, Dan Perencanaan Pembangunan Di Indonesia.” Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning 4, no. 2 (June 8, 2020): 240–252.
Mulyadi, Mohammad. “PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGANAN PENYEBARAN COVID-19.” Bidang Kesejahteraan Sosial “INFO SINGKAT”: Kajian Singkat Terhdap Isu Aktual dan Strategis 12, no. 8 (2020): 13–18.
Mulyana, Mumuh, Bambang Hengky Rainanto, Danti Astrini, and Ratih Puspitasari. “Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19.” JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) 4, no. 1 (July 26, 2020): 56.
Mustaqim, Azmi. “Pendidikan Humanisme Ki Hajar Dewantara.” Tafhim Al-’Ilmi 9, no. 2 (September 11, 2017): 1–24.
Noviani, Nia, and Amin Akbar. “TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA.” In Prosiding Seminar Nasional Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang, 18–25, 2019.
Nurrohim, Hassa, and Lina Anatan. “Efektivitas Komunikasi Dalam Organisasi.” Jurnal Manajemen Maranatha 8, no. 2 (2009): 11–20.
Nurul Ambia, Rizky. “STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS WANITA INDONESIA BERCADAR (WIB) DALAM MENSOSIALISASIKAN JILBAB BERCADAR.” FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1437 H / 2016 M, 2016.
Onong, Uchjana Effendy. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Pakpahan, Roida, and Yuni Fitriani. “ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19 | Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research.” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) 4, no. 2 (2020): 30–36.
Pawit. Komunikasi Pendidikan Dan Komunikasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK 6, no. 2 (June 30, 2020): 109–119.
Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” IVCEJ 3, no. 1 (August 6, 2020): 8–19.
Setiawan, Heru. “Wujud Kesantunan Berbahasa Guru: Studi Kasus Di SD Immersion Ponorogo.” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat 3, no. 2 (October 28, 2017): 145–161.
Soelaiman. Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif Untuk Membangun,Mengendalikan Dan Evaluasi Kerja. Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama, 2007.
Syahda Zahra, Alifarose, and Sherina Wijayanti. “Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di IAIN Tulungagung Dengan Adanya Kebijakan Psychal Distancing Era Pandemi Covid 19.” GERAM 8, no. 1 (June 18, 2020): 83–89.
Utami, Ressa Andriyani, Ria Efkelin Mose, and Martini Martini. “Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Masyarakat Dalam Pencegahan COVID-19 Di DKI Jakarta.” Jurnal Kesehatan Holistic 4, no. 2 (July 26, 2020): 68–77.
Utami, Yuliza Putri, and Putri Sukma Dewi. “Model Pembelajaran Interaktif SPLDV Dengan Aplikasi Rumah Belajar.” MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 2, no. 1 (January 31, 2020): 24.
Vironika, Veny, and M.N. Reza Pradana. “Pengaruh Internal Branding Pada Customer Based Brand Equity Dengan Mediasi Loyalitas Organisasi.” JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS 8, no. 1 (July 30, 2020): 29–38.
Walsyukurniat, Oleh, Zendrato Stkip, and Nias Selatan. “GERAKAN MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI TERHADAP PANDEMI COVID-19.” JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 8, no. 2 (May 7, 2020): 242–242.
Wijaya, Ida Suryani. Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh. Vol. 14, 2013.
Wisman, Yossita. “KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM DUNIA PENDIDIKAN.” Jurnal Nomosleca 3, no. 2 (October 18, 2017).
Yudiawan, Agus. “BELAJAR BERSAMA COVID 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat.” AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (August 1, 2020): 10–16.
Yunanda, Amantha Dhea. “PENGARUH ARTIS IQBAAL RAMADHAN SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND AWARENESS RUANG GURU.COM.” UNIVERSITAS BAKRIE, 2018.