Implementasi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Cambridge Assessment International Education pada Pembelajaran di Kelas Tiga Sekolah Dasar Pelita Hati Jember
Abstract
Pembelajaran yang menggunakan pendekatan Cambridge memiliki lima kebiasaan belajar yaitu Confident (percaya diri), Responsible (bertanggung jawab), Reflective (reflektif), Innovative (inovatif) dan Engaged (terlibat). Kebiasaan ini selaras dengan kurikulum 2013 yang di wujudkan dalam pembelajaran pada Sekolah Dasar yang menggunakan pendekatan saintifik. Dengan menggunakan pendekatan Cambridge mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, terbukti Sekolah Dasar Pelita Hati menorehkan berbagai prestasi terutama dalam berbagai ajang lomba Sains, Matematika dan Bahasa Inggris, baik tingkat Lokal, Regional ataupun Nasional. Penelitian ini akan difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum 2013 melalui pendekatan Cambrdige dalam pembelajaran di Kelas Tiga. Hasil dari Penelitian ini adalah Pertama Perencanaan Kurikulum 2013 melalui pendekatan Cambridge Assessment International Education pada pembelajaran di Kelas Tigai Sekolah Dasar Pelita Hati Jember diawali dengan pemilahan materi dari tiga pelajaran yaitu Bahasa Inggris, Matematika dan Sains yang dapat diintegralkan dengan materi Camridge, sedangkan untuk capaian KI dan KD tetap menggunakan standart silabus kurikulum 2013, namun dalam praktek pembelajaran menggunakan buku dan metode pembelajaran cambridge. dan RPP dibuat satu halaman saja Kedua Pelaksanaan Kurikulum 2013 melalui pendekatan Cambridge Assessment International Education pada pembelajaran di Kelas Tiga Sekolah Dasar Pelita Hati Jember dalam penyampaian materi menggunakan bahasa Inggris, Metode pembelajaran menggunakan Active Learning, Media pembelajaran menggunakan media secara langsung yang ada di alam sekitar, LCD pada setiap kelas, Video, Audio, dan media cetak seperti buku dan bahan ajar Ketiga Model evaluasi Kurikulum 2013 melalui pendekatan Cambridge Assessment International Education pada pembelajaran di kelas Tiga Sekolah Dasar Pelita Hati Jember adalah menggunakan penilaian autentik dengan melalui 4 tahap yaitu evaluasi harian berupa worksheet, evaluasi setiap semester berupa Center Progression Test (CPT), evaluasi setiap tahunnya berupa International Progression Test (IPT), dan cek point setiap akhir dari jenjang yang sedang di tempuh.
References
B. Miles, Matthew, A. Michael Huberman., Jonny Saldana. 2014. Qualitative data analysis : A Methods sourcebook (Third Edition). California : Sage Publication.
Cambridge Assessment International Education. 2017. An International Education from Cambridge (pdf file). London: Cambridge University.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta : Gava Media.
Depag. 2005. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah dasar. Jakarta : Depdiknas.
Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas,
Fogarty, Robin. 2009. Haw to Integrate Curricula. USA : SAGE ltd.
Gardner, John (Ed.). 2011, Assessment and Learning. London : SAGE Publications Ltd.
Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta : Diva Press.
Hamalik Umar. 2004. ”Kurikulum Berbasis Kompetensi”. Bandung : PT Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2013. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hamzah, B, Uno. 2018. Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran. Depok : Raja Grafindo.
Hasanah. 2019. The Integration Model of Curriculum 2013 and Cambridge Curriculum in Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol 6 (2)
https://pelitahati.sch.id/,
J. Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Ramaja Rosda Karya Offset.
J.P, Miller., & W, Seller. 1985.”Curriculum perspective and practice“. Newyork : Longman.
Loeloek, Endah, Poerwati., dan Sofan, Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta : Rosda Karya.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja,
Muhith, Abd, dkk. 2020. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : TIM redaksi Bildung.
Muhith, Abd. 2018. Menata Mutu Madrasah. Surabaya : IMTIYAZ.
Murfiah, Ulum. 2017. Pembelajaran Terpadu. Bandung: PT. Refika Aditama.
Muslisch, M. 2009. Melakukan PTK Itu Mudah. Jakarata: Bumi Aksara.
Mutmainnah. 2019. Model pembelajaran Matematika Cambridge dalam meningkatkan hasil belajar kelas III-B SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Malang : Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim,
Nafisah. 2019. Implementasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar InterNasional al al-Abidin Surakarta dan Sekolah Dasar Integral Walisongo Sragen. Profetika : Jurnal Studi Islam, Vol 11 No 2.
Nugroho, Dwijowijoto. 2015. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nur Pratiwi, Anisa. 2018. The Practice Of English Language Teaching Using Cambridge Primary Curriculum in SDK Kalam Kudus Surakarta. Kajian Linguistik Journal UMS.
Nurhadi. 2003. Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
Oliva, P.F. 1992. ”Developing the curriculum”. Harper: Collins Publisher.
Prastowo, Andi. 2014. Paradigma Baru Madrasah dalam Implementasi Kebijakan Kerikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam: Volume 3, Nomor I,
Rahardjo, Mudjia. 2012. Perbandingan Paradigma Kualitatif dan Kuantitatif. Malang : PPs UIN Maliki Malang.
Robin, Alexander. 2010. The Cambridge Primary Review Research Surveys. The Universitas of Cambridge.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Saifullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidika,. Jakarta: Kencana.
Saputra, Y. M. dan Ridyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Ketrampilan Anak TK. Jakarta: Depdikbud.
Solihatin, E. dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model PembelajaranIPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugioyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukandi, Ujang. 2001. Belajar Aktif dan Terpadu, Jakarta: The Brithis Council.
Sukmadinata, Nana, Syaodih. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syah, Darwyn. 2007.”Perencanaan system pengajaran Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: Gaung Persada Press.
Syaodih, Nana, Sukmadinata. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Trianto. 2010. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Widjanarko. 2018. Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Pembelajaran Matematika. JPGSD Volume 06 nomor 06.
Wijayanti, Jehan, Sela, dkk. 2019. The Implementation of Cambridge Curriculum on Biological Learning in Gandhi Memorial Intercontinental School (GMIS) Semarang. Journal of Biology Education UNNES.
Wiles, J. 2009. ”Leading Curriculum Development”. New York: Corwin Press A SAGE Company.
Zakiya, Suhaila. 2020. Implementation of Cambridge International Curriculum in Biology Learning and its Impact on Critical Thinking Skills of Students in Semesta Senior High School Journal of Biology Education. Journal of Biology Education. UNNES.