pemanfaatan lagu sebagai media pemerolehan bahasa kedua siswa madrasah ibtidaiyah unggulan nuris jember
Abstract
abstrak. fokus penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan lagu sebagai media pemerolehan bahasa indonesia, arab, dan inggris bagi siswa madrasah ibtidaiyah unggulan nuris jember. sedangkan tujuan penelitian adalah menganalisis dan mendeskripsikan langkah-langkah pemanfaatan lagu sebagai media pemerolehan bahasa kedua siswa mi unggulan nuris jember. penelitian tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. pendekatan kualitatif jenis fenomenologi digunakan dengan pertimbangan bahwa penelitian ini dilakukan pada latar alamiah, untuk mengungkap pengalaman para guru yang sangat pribadi dan laten yang sangat mungkin berbeda dari satu guru ke guru yang lain, menggunakan peneliti sebagai instrumen utama, dan lebih mementingkan proses dari pada hasil. teknik penentuan subyek terteliti menggunakan teknik purposive, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan analisis data model interaktif yang ditawarkan miles, huberman, dan saldana. hasil penelitian menunjukkan (1) pemanfaatan lagu sebagai media pemerolehan bahasa indonesia siswa madrasah unggulan nurul islam jember: a) menentukan lagu yang sudah banyak dikenal oleh siswa; b) menggubah lirik lagu dengan lirik yang terkait dengan materi pelajaran; c) mempraktikkan lagu di kelas; dan d) melakukan pengamatan. (2) pemanfaatan lagu sebagai media pemerolehan bahasa arab siswa madrasah unggulan nurul islam jember: a) menentukan lagu popular anak anak yang sudah banyak dikenal dan dinyanyikan siswa; b) mencari gubahan lagu yang sesuai dengan materi pelajaran di youtube; c) mempraktikkan lagu di depan kelas; dan d) melakukan pengamatan. (3) pemanfaatan lagu sebagai media pemerolehan bahasa inggris siswa madrasah unggulan nurul islam jember: a) memilih lagu anak anak popular bagi siswa secara online atau berdasarkan pengalaman; b) memilih lagu yang sesuai dengan materi pelajaran, baik digubah liriknya maupun tidak; c) mempraktikkan di kelas sambil memperhatikan respon siswa
kata kunci: pemanfaatan lagu, media perolehan, dan bahasa kedua