Media lingkungan PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM SUKORAMBI JEMBER

Indonesia

  • khovia khusnul khusnulkhovia UIN KHAS JEMBER
Keywords: Media Lingkungan, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik

Abstract

ABSTRAK

 

Pemanfaatan Media Lingkungan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember

 

E-mail : khoviakhusnul@gmail.com

 

 

Kata Kunci : Media Lingkungan, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik

 

Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember lembaga pendidikan yang berada di tengah-tengah pemukiman rakyat dan masih banyak diminati masyarakat, Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Jember merupakan lembaga yang menggunakan media lingkungan dari pada media ICT dikarenakan kekurangan sarana dan prasarana. Media lingkungan digunakan dalam proses pembelajaran untuk membuat siswa tidak bosan ketika ada di sekolah dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru berharap dengan menggunakan media lingkungan siswa bersemangat belajar dan tidak bosan. Dengan menggunakan media lingkungan siswa tidak hanya belajar didalam kelas tetapi juga bisa diluar kelas.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media lingkungan sosial, alam dan buatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Nana Sudjana dan Ahmad Rivai dalam mengkaji media lingkungan meliputi: media lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan sedangkan Sadirman dalam mengkaji motivasi belajar.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah Studi kasus. Subyek penelitian ditentukan dengan tehnik purposive. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu: data primer dan data sukunder. Tehnik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan tehnik interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.

Hasil Penelitian yaitu: 1. Pemanfaatan media lingkungan sosial dalam meningkatkan motivasi siswa yaitu guru memberikan materi terlebih dahulu kemudian mengajak siswa belajar diluar kelas, peserta didik mengamati lingkungan yang ada disekitar sekolah, wawancara kepada masyarakat sekitar tentang jenis usaha pekerjaan dan mata pencaharian masyarakat sekitar dan hasil angket pembelajaran didalam kelas 64,3% dan setelah menggunakan media lingkungan sosial dengan belajar diluar kelas ada peningkatan motivasi menjadi 77,2%. 2. Pemanfaatan media lingkungan alam dalam meningkatkan motivasi siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum kelas lima yaitu guru memberikan materi dan penjelasan terkait ketampakan alam wilayah daratan dan perairan kemudian mengajak siswa belajar diluar kelas dengan melewati daratan yaitu perumahan dan kebun lalu pergi ke persawahan dan sungai, siswa mengamati ketampakan alam wilayah daratan dan wilayah perairan serta mencatat ciri-ciri dari keduanya tersebut dan hasil angket pembelajaran didalam kelas 62,0% dan setelah menggunakan media lingkungan alam dengan belajar diluar kelas ada peningkatan motivasi menjadi 74,9%. 3. Media lingkungan buatan yang dimanfaatkan guru dalam meningkatkan motivasi siswa yaitu guru mengajak siswa untuk menanam pohon disekitar sekolah yaitu kegiatan penghijauan, siswa mengikuti kegiatan tersebut dengan senang, riang, bergembira dan bersemangat karna belajar diluar kelas dan hasil angket pembelajaran didalam kelas 58,9% dan setelah menggunakan media lingkungan buatan dengan belajar diluar kelas ada peningkatan motivasi menjadi 72,9%.

References

Abercrombie, N., Hill, S., & Turner, B. S.1984. Dictionary of sociology. Harmondsworth, UK: Penguin.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta.
Anitah, Sri Anitah. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta:Yuma Pustaka.
Alderman, M. Kay. 2004. Motivation for achievement. penerbit: Lawrence Erlbaum Associates are printed onacid-free paper, and their bindings are chosen for strength anddurability.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:Kemendikbud 2014.
Boekart, Monique. 2002. Motivation to learn. University of Illinois at Chicago: The International Academy of Education (IAE).
Departemen Agama RI, 2010. Aisyah Al-Qur’an dan Terjemahan Untuk Wanita Bandung:Jabal.
Dwi, Yanuari Puspitarini, dkk. 2019. Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Jurnal Of Education, (Online) Vol.4,No. 2,(https://www.researchgate.net/publication/336177627_Using_Learning_Media_to_Increase_Learning_Motivation_in_Elementary_School, Diakses 09 November, 2020)
Fathoni, Sholichul Huda. 2014. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber dan Media Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD 6 Terban. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Fitriani, dkk. 2018. Use Of Learning Media ict Based To Improve Motivation And The Result Of Learning Science Insolar System Materials. Journal of Elementary Education, (Online) Volume 01 Number 06, (https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/2300 Diakses 09 November 2020)
Gazali, Rahman. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Polewali. Makassar: UIN Alaudin Makassar.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Harahap, Juliawati, 2015. Analisis Faktor – Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ips Kelas VIIID SMPN 7 Muaro Jambi. Jambi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/2942/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf.

Haidir & Salim. 2014. Strategi Pembelajaran. Medan:Perdana Mulya Sarana
Hadi, Sutrisno . 1990. Metodologi Research. Jakarta: UGM Press.
Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Cet. V; Bqandung P.T. Alumni.
Irwaniyati, Ika. 2018. Pemanfaatan Media dalam Perkalian dan Pembagian di Madrasah Ibtidaiya Miftahul Ulum Serut 01 Serut Pati Jember. Jember: IAIN Jember.
Istiani, Rina Munawar Istiani, Amin Retnoningsih, Amin. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Unnes . Jurnal Biologi, (Online) 4, (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/5237 Diakses 12 Februari 2020).
M. B. Miles, A. M. Huberman, dan J. Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thired edition (California, SAGE Publication Inc).
Mislinan. 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Kelas IV Sd Negeri 3 Jeumpa Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi Pgsd Fkip Unsyiah. (Online) Volume 1 Nomor 1, (http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/414 Diakses 12 Februari 2020).
Musab Ibrahim, Witri, Gustimal. 2019. Faktor Ekstrinsik Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus 2 Kecamatan Sail Pekanbaru. Jurnal Biologi, (Online) Volume 8 Nomor 1, https://www.researchgate.net/publication/332444114_faktor_ekstrinsik_yang_mempengaruhi_motivasi_belajar_siswa_kelas_iv_sekolah_dasar_se-gugus_2_kecamatan_sail_pekanbaru, Diakses 07 Januari 2020).
Murni, Wahid. 2010. Pengembangan Kurikulum IPS dan Ekonomi di Sekolah/Madrasah. Malang: UIN Maliki Press.
Mukhamad Murdiono, Mukhamad. 2008. Pemanfaatan Media Lingkungan Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Fise UNY. https://media.neliti.com/media/publications/222201-pemanfaatan-lingkungan-sosial-sebagai-me.pdf
Muzria M. Lamasai, Mestawaty As. A., dan Ritman Ishak Puadi. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung, Tadulako: Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Vol. 5 No. 3. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3841/9478
Moloeng, Lexy J. 2000 Metode Penelitian Kualitatif . Cet. VIII; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putu, Ni Aprilia Krismony, dkk. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, 2020 Volume 3 Nomor 2 2020 pp 249-257, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/28264/16591, (Diakses. 03 Oktober 2021)
Nazzaruddin, Achmad. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran PAI (Nabi & Rasul) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah. Manyar Gresik. Suranaya: Universitas Mu. http://repository.um-surabaya.ac.id/4633/1/Pendahuluan_Tesis_Pasca_PI_UMS_Achmad_Nazarudin-20172550001.pdf. (Diakses 11 November 2020).
Nugrawiyati, Jepri. Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sadirman, arief. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sadirman. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Depok:PT Rajagrafindo Persada.
Sisdiknas. 2013 Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), UU RI No.20 Jakarta.
Soaleha. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Ma’had DDI Pangkajene. Makassar: UIN Alaudin Makassar.
Sanafiah Faisal,Sanafiah. 2001. Metodologi Penelitian sosial . Cet.I; Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta 2010.
Subagyo, Joko. 1991. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Metro: Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Vol.3.No.1. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2019. Media Pengajaran. Bandung: SBA Algesindo.
Naisaban, Ladibabus. 2004. Para Psikolog Terkemuka Dunia. Jakarta:Grasindo.
Sri, Khanifah dkk . 2012 Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. . Unnes Journal of Biology Education, (Online) (http://lib.unnes.ac.id/10925/1/12228.pdf Diakses 27 Oktober 2020).
Sukmadi, Nana Syaodih . 2002. Metode Penelitiaan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukardi. 2007. Metode Penelitian Kompetensi dan Praktiknya . Cet. IV; Jakarta Bumi Aksara.
Sungkono, Pembelajaran Tematik Dan Implement Asiny A Di Sekolah Dasar. (Yogyakarta: KTP FJP UNY, 2006), Majalah llmiah Pembelajaran nomor I, Vol. 2 Mei, 2-3. https://media.neliti.com/media/publications/220102-pembelajaran-tematik-dan-implementasinya.pdf. (Diakses 22 September 2021)
Tiara dkk. 2020. Utilization Of Environment As A Learning Media Or Natural Science Study In Junior High Schools. International Journal Of Scientific & Technology Research, (Online) Volume 9, Issue 02, http://www.ijstr.org/final-print/feb2020/Utilization-Of-Environment-As-A-Learning-Media-Or-Natural-Science-Study-In-Junior-High-Schools.pdf, (Diakses 11 November 2020).
Widayanti. 2017. Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Dan Informasi Untuk Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an (Studi Kasus SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Semarang Dan Smk Saraswati Salatiga). Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Published
2021-05-20