Pengembangan media pembelajaran powerpoint berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran IPA kelas VI Tema Bumiku di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang

  • ROKHMAWATI ROKHMAWATI PASCASARJANA IAIN JEMBER
Keywords: Media pembelajaran, Microsoft Powerpoint berbasis multimedia interaktif

Abstract

Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen pembelajaran. Di dunia pendidikan, banyak dikenal berbagai macam media pembelajaran yang dapat dipilih dan diterapkan dalam proses belajar mengajar dikelas. Akan tetapi Pengembangan  Media pembelajaran belum dimanfaatkan dan dikembangkan secara luas, maka dipandang perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran powerpoint berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran IPA tema Bumiku kelas VI di Madrasah Ibtidiyah Nurul Islam Kota Lumajang.

Tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah (1)  mengembangkan media pembelajaran powerpoint pada pembelajaran IPA tema Bumiku di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang. (2) menguji efektifitas media pembelajaran powerpoint pada pembelajaran IPA tema bumiku di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development  penelitian dengan menggunakan model Borg an Gall yang terbagi menjadi 10 langkah, yaitu : 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) melakukan revisi utama, 6) uji coba lapangan, 7) melakukan revisi, 8) uji lapangan operasional, 9) revisi produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi, tapi dalam pengembangan ini peneliti hanya menerapkan sampai langkah ke-9 yaitu revisi produk akhir. Subjek penilaian produk untuk kelayakan bahan ajar yaitu ahli materi, ahi bahasa dan ahli desain yang terdiri dari dosen Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember dan Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang. Uji kemenarikan bahan ajar menggunakan angket dan uji efektivitas menggunakan pre test post test. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan tehnik analisis deskriptif dan kuantitatif.                                           

Hasil Penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa Produk media pembelajaran menggunaakan powerpoint berbasis multimedia interaktif memenuhi kriteria valid, dengan hasil validasi ahli materi 98,46%, validasi ahli desain 85,15%, dan vaidasi ahli bahasa 90%. Hasil uji coba kemenarikan media pembelajaran mencapai 88,5%. Berdasarkan uji t-test dengan paired sample t-test yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS 22 menunjukkan bahwa nilai t hitung (10,078) > nilai t tabel (2,093) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sudah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Published
2021-11-17