PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI MULTIPLE INTELLIGENCES SYSTEM PADA EXCELLENT CLASS DI MTS ZAINUL HASAN BALUNG MTS ZAINUL HASAN BALUNG

  • Khuril Aini IAIN Jember
Keywords: Multiple Intelligences System, Excellent Class Di, Pembentukan Karakter

Abstract

Exellent Class Programmerupakan program pembelajaran sehari penuh, dimana kurikulum yang dirancang didalamnya bertujuan untuk mengoptimalkan waktu belajar siswa didalam sekolah dengan kegiatan-kegiatan yang bermakna serta dapat memberikan penguatan untuk membangun karakter siswa. Untuk memperkuat karakter siswa yakni melalui harmonisasi olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga dengan melibatkan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. Di MTs Zainul Hasan telah menerapkan program Exellent Class Programuntuk membentuk karakter siswa yakni dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas dan mengelola manajemen kelas. Selanjutnya, sekolah mendisain perlibatan publik guna meningkatkan peran serta orang tua dan masyarakat

References

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland : Bantam books.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Kaa
Qoyyimah U.2016. Inculcating Character Education Through ELF Teaching in Indonesian State School. Pedagogies : An International Journal.
S, Winton. 2008. The appeal(s) of Character Education in Threatening Times : Caring and Critical Democratic Responsses. Comprative Education.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif: dilengkapi dengan contoh proposal dan laporanpenelitian, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Mixed methoods
Undang-undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003.
Wijayakusumo, Hembing. 1997. Pernapasan meditasi qigong untuk pengobatan dan kesehatan. Jakarta : Pustaka Kartini.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan karakter landasan, pilar & implementasi,(Jakarta: Prenada Media group.
Published
2021-11-15