Pembelajaran Imtak Model Spectrum untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMA

  • Abdul Muis SMA Negeri 1 Yosowilangun
Keywords: Nilai Karakter, PAI, Pembelajaran IMTAK, Spectrum.

Abstract

Model pembelajaran yang selama ini dilakukan, hanya menitik beratkan pada pengembangan ilmu pengetahuan peserta didik, itupun hanya pada tingkat berfikir dasar. Peserta didik hanya diberikan konsep dan pemahaman melalui model pembelajaran yang monoton. Maka melalui model pembelajaran abad 21 yang menekankan pentingnya nilai karakter, pembudayaan literasi, 4C (creative, collaborative, communicative and critical thinking) dan HOTS (Higher Order Thingking Skill), diharapkan mampu menjadikan peserta didik sebagai manusia yang berkarakter baik, berbudaya, mampu berfikir kritis dan memiliki visi jauh ke depan, membangun masyarakat dengan nilai-nilai adiluhung, serta menjadi manusia Indonesia yang jujur dan toleran. Adapun rumusan masalah dalam proposal penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengembangan pembelajaran IMTAK model Spectrum untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik di SMA?; 2) Seberapa besar pengaruh penggunaan model Spectrum terhadap hasil belajar IMTAK dalam menanamkan nilai karakter kepada peserta didik di SMA?; 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan model Spectrum terhadap sikap spiritual peserta didik dalam pembelajaran IMTAK di SMA?; dan 4) Seberapa besar pengaruh penggunaan model Spectrum terhadap sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran IMTAK di SMA?. Model Spectrum adalah langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran IMTAK (Integritas, Mandiri, Tanggung Jawab, Kreatif) pada mata pelajaran PAI & BP. Spectrum merupakan akronim yang terdiri dari: Simulation, Perfect analyze, Expert solution, Create documenT, Rearrange Utility, and Make it. Langkah pembelajarannya terdiri dari 1) Simulation (Percobaan dan Praktik Lapangan); 2) Perfect Analyze (Analisa Hasil Secara Sempurna); 3) Expert Solution (Solusi Tim Ahli); 4) Create Document (Menyusun Laporan Utuh); 5) Rearrange Utility (Menata Ulang Ide dan Gagasan), dan 6) Make It (Membuat Luaran). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model desain instruksional ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Yosowilangun, Lumajang, sedangkan objek penelitian adalah pembelajaran IMTAK model Spectrum, materi Syaja’ah (berani hidup jujur) mata pelajaran PAI & BP kelas XI semester ganjil. Adapun instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian, lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa statistik deskriptif dan analisa deskriptif kualitatif.

References

Agustian, Ary Ginanjar, 2009. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasar Emosi dan Spiritual
ESQ. Jakarta: Arga.
Ahmadi, Abu, 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Davidoff, Linda L., 1991. Introduction to Psychology (Mari Juniati. Psikologi suatu pengantar. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Nggremanto, Agus, 2002. Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.
Purwanto, Ngalim, 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syah Muhibbin, 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penulis, 2017. Buku Panduan Pendidikan Karakter SMA. Jakarta: Kemdikbud. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Published
2020-11-19