upaya guru menumbuhkan higher order thinking skills dalam pembelajaran tematik kelas V di MIMA Condro Jember
Abstract
Kata Kunci : Guru, Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran Tematik
Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berkaitan dengan kemampuan berpikir secara kritis, berpikir kreatif dan penyelesaian masalah (problem solving). Keterampilan berpikir tingkat tinggi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melatih kemampuannya dalam mengatasi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Penerapan pembelajaran yang kaku di MIMA Condro Jember memberikan dampak buruk bagi peserta didik, Hal ini membuat peserta didik kesulitan dalam memahami persoalan dalam pembelajaran. Sehingga pemahaman dan hasil belajar peserta didik kurang maksimal, sedangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin modern dan menuntut peserta didik untuk berpikir secara kritis dan kreatif.
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan upaya guru menumbuhkan Higher Order Thinking Skills berpikir kritis dalam pembelajaran tematik kelas V di MIMA Condro Jember. 2) Mendeskripsikan upaya guru menumbuhkan Higher Order Thinking Skills berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik kelas V di MIMA Condro Jember. 3) Mendeskripsikan upaya guru menumbuhkan Higher Order Thinking Skills Problem Solving dalam pembelajaran tematik kelas V di MIMA Condro Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu di MIMA Condro Jember. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
High Order Thinking Skills sesuai dengan teori FJ King, Ludwika Goodson, Faranak Rohani bahwa pemikiran tingkat tinggi yang melibatkan pemecahan materi yang kompleks menjadi beberapa bagian yaitu mendeteksi hubungan, menggabungkan informasi baru sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, dan menggabungkan semua tingkatan sebelumnya dalam mengevaluasi atau membuat penilaian. Sedangkan menurut Lewis & Smith keterampilan berfikir tingkat tinggi mencakup berfikir kritis, berfikir kreatif, problem solving dan membuat keputusan.
Hasil penelitian diantaranya yaitu : (1) Upaya guru menumbuhkan keterampilan berpikir kritis di MIMA Condro yaitu menyusun RPP berbasis HOTS, metode pembelajaran diskusi/ debat, jigsaw, metode belajar mandiri, cooperative script dan sebagianya. Selain itu pada materi tematik kelas V tema 2 subtema 1 guru menerapkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik dibantu dengan metode tutor teman sebaya atau disebut dengan peer teaching. (2) upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran tematik di MIMA Condro meliputi penggunaan RPP berbasis HOTS yaitu menyusun RPP kelas V tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih meliputi KD 3.2-4.2 muatan mata pelajaran bahasa Indonesia dan KD 3.2-42. Muatan mata pelajaran IPA serta menggunakan metode project based learning, diskusi dan kegiatan pembelajaran mind mapping. (3) upaya guru menumbuhkan keterampilan problem solving yaitu dalam penyusunan RPP terdapat kegiatan problem solving, critical thinking dan creativity untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik, selain itu dalam kegiatan pembelajaran kelas V tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan menggunakan metode discovery / penemuan.
References
Brookhart Susan M.,2010, Assess Higher-Order Thinking Skills (in your classroom), Alexandria:Virgina USA.
Chadwick Clifton,2014, TeachingKids to Think critically (effective, problem solving, and better decisions, London: Rowman & Littlefield.
King Fj, Ludwika Goodson,2004, Faranak Rohani, Higher Order Thinking Skills a publication of the education services program.
Nugroho R Arifin,2018, HOTS kemampuan Berfikir Tingkat Tingg : Konsep, Pembelajaran Penilaian dan soal-soal, Jakarta:PT Gramedia Gramedia Widiasarana Indonesia.
Saleh Andri. 2009. Kreatif Mengajar Dengan Mind Mapp. Bogor : CV Regina.
Sani Ridwan Abdullah,2019, Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), Tangerang: Tira Smart.
Sari Ika Fadilah Ratna,2019, Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) di Kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul”,Yogyakarta: thesis Prodi PGMI, Universitas Sunan Kalijaga
Titin, & Yokhebed. (2018). Peningkatan keterampilan pemecahan masalah (problem solving) calon guru biologi melalui pembelajaran kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA.
Undang-undang Republik Indonesia, nomor 20 “Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, pasal 3