Orientasi, Penempatan dan Pemberdayaan Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Riyaduth Tholibin Jember

  • Bintana Alin Hilwah UPTD SPF SMP Negeri 1 Tamanan
Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Orientasi, Penempatan, Pemberdayaan.

Abstract

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian penting dari manajemen organisasi. Di era teknoligi saat ini daya saing semakin tinggi dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi. Untuk memfilter agar sebuah organisasi di lembaga pendidikan tetap pada tujuan utama maka diperlukan pengelolaan secara optimal pada sumber daya manusianya. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga pendidikan formal dimulai dengan perekrutan, seleksi, orientasi, penempatan dan pemberdayaan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara terbuka dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wwawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah orientasi yang dilakukan di MI Riyaduth Tholibin meliputi empat hal:mengenalkan pendidik pada sistem, tujuan dan budaya madrasah, emperkenalkan pendidik pada lingkungan sekolah, membantu guru dalam adaptasi terhadap personil sekolah, dan memberi kesempatan kepada pendidik baru untuk “Open Talk. Pola penempatan di MI Riyadut Tholibin sesuai dengan kompetensi da kemampuan yang dimiliki oleh pendidik. Pemberdayaan pendidik di MI Riyadut Tholibin dengan pemberian peran, pemberian jabatan, pemberian kewenangan, dan pemberian penguatan.

References

Aliyyah, Lutfah dan Lathifah. 2017. Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar The Management Of Teachers At Elementary Schools. Jurnal: Didaktika Tauhidi p-ISSN 2442-4544 e-ISSN 2550-0252 Volume 4 Nomor 2.
Anggita Laras Pratama. Pemberdayaan Pendidik. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 6 nomor 1.
Asmara Husna. 2015. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Erita Agustina. 2016. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Volume 5 nomor 10.
Fatkuroji. Kesiapan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Idaroh volume 1 nomor 1
Nadiya uatri safitri. Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal: Administrasi pendidikan Universitas Negeri Padang.
Nurul Ulfatin dan Teguh Triwijiyanto. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.
Suharsimi, Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Sukmana, Ganda. 2015. Pemberdayaan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Madrasah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, volume 5 nomor 2.
Yuniarsih Tjutju dan Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya ManusiA. Bandung : Alfabeta.
Published
2022-04-21