A DEVELOPMENT OF READING SKILLS THROUGH THE MEDIA BIG BOOK BASED ON THE INTEGRATION OF ISLAMIC VALUES

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA BIG BOOK BERBASIS INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN

  • SITI AMINAH UIN KHAS JEMBER
Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Media Big book, Bebasis Nilai-Nilai Keislaman

Abstract

Mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam suatu pembelajaran dengan memadukan materi pembelajaran Akidah Akhlak dalam cerita yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat inovatif untuk dilakukan. Integrasi dilakukan dalam media Big book untuk mengajarkan keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 01 Watukebo Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D. Hasil  analisis  paired  sample T test  menunjukkan  bahwa  nilai signifikansi hitung adalah sebesar 0,00 < 0,05, dan selisih rata-rata antara  posttest  dan pretest  adalah  33,478. Berdasarkan tabel di atas juga diperoleh data t hitung sebesar 7,842 dan t tabel sebesar 1,717. Oleh karena t hitung 7,842 > t tabel 1,717  maka disimpulkan terdapat perbedaan skor pre dan post tes sehingga media Big book berbasis terintegrasi nilai-nilai keislaman efektif untuk digunakan.

References

Tarigan, H. G, 2015. Membaca: Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.
Al Qur’an dan Terjemahnya. 1971. Madinah: Mujamma’ Al-Malik Fahd Li Thiba’at Al-Mush-haf Asy-Syarif.
Dawson, Mildred A. (et.al.). 1963. Guiding Language Learning. New York: Harcourt. Brace & World, Inc, 27.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 2019).
Dwi Puji Astuti. 2013. Minat Baca Penentu Kualitas Bangsa. Jurnal Pendidikan, Vol 2, No 3.
Van Rijk, Y., Volman, M., de Haan, D., & van Oers, B. 2017. Maximising Meaning: Creating a Learning Environment for Reading Comprehension of Informative Texts from a Vygotskian
Boove, C. Business communication today. New York: Prentice Hall.
Heinich, R.,et al. 1996. Instructional media and technologies for learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Tompkins, G. E & Hoskisson, K. 1995. Language arts content and teaching strategies. USA: Prentice-Hall, Inc.
Jalongo, M.R. 2007. Early chilhood language arts. USA: Pearson Education, Inc.
Colville- H, S & O’Connor, B. 2006. Using Big book: a standards-based instructional approach for foreign language teacher candidate in preK-12 program. Foreign Language Annals, 742.
Ismail Raji Al-Faruqi, 1995. Islamisasi Pengetahuan, terj. Anas Mahyudin. Bandung: Pustaka,
Deni Kurniawan, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-11-16