INTERNALISASI ETIKA SANTRI DALAM MENUNTUT ILMU MELALUI KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DI PONDOK PESANTREN AINUL YAQIN AJUNG

  • rizky alfiyan IAIN JEMBER
Keywords: Internalisasi, etika, kitab Ta’limul Muta’allim

Abstract

Artikel ini membahas Internalisasi Etika Santri dalam Menuntut Ilmu melalui Kitab Ta’limul Muta’allim Di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menujukkan bahwa  Internalisasi etika santri dalam menuntut ilmu di pondok pesantren Ainul Yaqin pada tahap pertama yaitu transformasi melalui mauidhoh hasanah atau da’wah bi al-lisan, nasihat dan mengambil ibroh, pemberian motivasi, dan atribut pendukung sebagai informasi yang berbentuk cetak. Dalamnya berisi tentang kata mutiara, potongan hadis, maqolah dan lain-lain. Pada transaksi nilai etika santri menciptakan suasana atau iklim sesuai dengan tindakan serta tujuan. Pertama, melalui dakwah bi al-Hal (peneladanan) ustad dengan memberi contoh kepada santri sehingga santri cenderung akan meniru semua perilaku yang seharusnya dilakukan. Kedua, pemberian peraturan, dan ketiga pemberian sanksi. Transinternalisasi nilai etika di pondok pesantren Ainul Yaqin memunculkan kegiatan yang menjadi acuan. Pertama, aktivitas interaksi sosial di pondok dan di rumah. Interaksi sosial ini dilakukan oleh santri ketika di pondok dan dirumah. Seperti sholat berjamaah, bersalaman, berbahasa halus kepada kiai dan orang tua dan lain sebagainya. Kedua, aktivitas spontanitas seperti ketika santri kedapatan berpapasan dengan kiai atau keluarga ndalem, dengan spontan membungkukkan badan bahkan sampai jongkok.

References

Daftar Pustaka
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Al-Jombangi, Asy-Syeikh Muhammad Hasyim Asy’ari. 1995. اداب العالم والمتعلم. Pesantren Tebuireng Jombang: مكتبة التراث الاسلامىّ
Aly, Hery Noer. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos
Amin, Ahmad. t.t. Kitāb al-Akhlāq. Mesir: Dar al-Kutub al-Miṣriyyah. cet. III
Andjarwati, Tri. 2015. Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya JMM17 April 2015, Vol. 1
Az-Zarnuji, Syeikh. Tt. Ta’limul Muta’allim Thuruqu at-Ta’allumi, bil ma’na ‘ala Pesantren Fathul ‘Ulum. Kediri: Kuwagean, Pare
…….... Tt. Ta’limul Muta’allim Thoriiqi at-Ta’allumi, terj. KH. Abdul Basith Bashiron. Indonesia: Maktabah Madinah Al-Ilmi
…….... 2009. Ta’limul Muta’alim terj. Noor Aufa Shiddiq Al-Qudsy. Surabaya: Al-Hidayah
Bafirman. 2016. Pembentukan Karakter Siswa. Jakarta: Kencana
Baharuddin dan Era Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Bahasa, Tim Penyusun Pusat. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Bazid, Muakhirin. 2018. Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam Melalui Program Full Day School di MI Nurul Iman Pulung Kencana Tulang Bawang Barat. Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung
Berger, Peter L & Thomas Luckmann. 1966. The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York: Penguin Books
……. Peter L. 1967. The Scred Canopy: Elements of a Sociological Theory of Religion. New York: Doubleday & Company. Inc. dan Nilai Sistem Pendidikan Peantren. Jakarta: INIS
Cresswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
…….... 2017. Research Desaign Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj. Achmad Fawaid, Edisi Ketiga, cet. ke- VI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daradjat, Zakiah, dkk. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Fahmi, Asma Hasan. tt. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Ibrahim Husain. Jakarta: Bulan Bintang
………. 1979. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Ibrahim Husein, MA. Jakarta:Bulan Bintang
Handayani, Sri. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Islam Untuk Mewujudkan Budaya Agamis Di Sdit Qurrota A’yun Ponorogo. Tesis. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

H. Maslow, Abraham. 1970. Motivation and Personality. New York: Harper & Row
https://kbbi.web.id/internalisasi (10 Nopember 2017).
Iqbal, Abu Muhammad. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam Gagasan-gagasan Besar para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Johston, D. Kay. 2006. Education for a Caring Society: Classroom Relationshop and Moral Action. New York: Teachers College Press
Jurni, Syarifudin. 2010. Sosiologi Islam dan Masyarakat Modern: Teori, Fakta dan Aksi Soial. Jakarta: Kencana
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, Arti Kata Wibawa, https://kbbi.web.id/wibawa
Kholid Syamhudi, Hakikat Wara’, https://muslim.or.id/9864-hakikat-wara.html. 6 Agustus 2012
K.Yin, Robet. 2011. Qualitative Research: From Start To Finish. New York: Guildford Press
Langgulung, Hasan. 1988. Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Pustaka Al-Husna
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responbility. New York: Bantam Books
Mahmud, Muhammad. 2017. Internalisasi Nilai-nilai Karakter dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Hidayah Sumenep. Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang
Marjohan. 2009. School Healing Menyembuhkan Problem Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Mas’udy, Hafidz Hasanil. Tt. Taisirul Kholaq, ter. H. Abu ‘Abdullah Adib Burna. Surabaya: Al-Hidayah
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajain tentang Unsur
Maunah, Binti. 2009. Metodologi Pengajaran Agama Islam-Metode Penyusunan dan Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications
……... 2014. Qualitativ Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Terj. Tjetjep Rohindi. USA: Sage Publications, UI-Press
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhaimin, et al. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media. Cet. 2

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Nasional. Departemen Pendidikan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Nasution, S. 2003. Metode penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: TARSITO
Nata, Abuddin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam (Kapita Selekta Pendidikan Islam). Jakarta: PT. Grasindo
Nuraini. 2019. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam (Rohis) dalam Membina Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Tesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Nurdin, Muhammad. 2014. Pendidikan Anti Korupsi: Strategi Internalisasi Nilai-nilai Islami dalam Menumbuhkan Kesadaran Antikorupsi di Sekolah. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Partanto, Pius A. dkk. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
Pujileksono, Sugeng. 2016. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing
Quṭb, Muhammad. 1993. Manhaj al-Tarbiyyah al-Islāmiyyah. Jilid 1. Kairo: Dar Al-Syuruq.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Saidah, Siti Nur. 2018. Internalisasi Nilai Karakter Religius Dalam Program Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kencong Tahun Pelajaran 2017/2018. Tesis. IAIN Jember. Jember
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Shodiq, Ahmad. 2018. Prophetic Character Building: Tema Pokok Pendidikan Akhlak Menurut al- Ghazali. Jakarta: Kencana
Sudiyono. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jilid 1. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susetya, Wawan. 2016. Pemimpin Masa Kini dan Budaya Jawa “Menghidupkan kembali Nilai-nilai Kepribadian dan Kepemimpinan dalam Perspektif Jawa”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Suwendi. 2005. Konsep Kependidikan KH. M. Hasyim Asy‘ari. Ciputat: Lekdis
Tafsir, Ahmad. 2006. Filsafat Pendidikan Islam, Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Undang-Undang Guru dan Dosen. 2015. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Mahardika
Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. 2016. Pembelajaran Berbasis Mencerdaskan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media
Published
2021-04-20