Penerapan Model Pembelajaran ARCS untuk Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Peserta Didik di MI Nurul Hidayah Bondowoso
Abstract
Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Setiap anak yang lahir memiliki motivasi belajar. Dari berbagai macam teori motivasi yang berkembang, Keller menyusun seperangkat prinsip-prinsip motivasi yang dapat diterapkan dalam proses belajar-mengajar, yang disebut model ARCS. Model pembelajaran attention, relevance, confidence, dan satisfaction dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Sedangkan kecerdasan verbal linguistik dalam teori Gardner, adalah kemampuan verbal yang telah berkembang dengan baik dan peka terhadap bunyi, makna, dan irama kata. Penerapan Model ARCS dalam mengembangkan kecerdasan peserta didik di MI Nurul Hidayah bervariasi melalui beberapa aspek. Penerapan kegiatan membaca dan menulis yang dilaksanakan untuk meningkatkan kepercayaan diri (confidence) peserta didik. Penerapan kegiatan berbasis proyek dan demontrasi dilaksanakan untuk meningkatkan perhatian (attention) pada peserta didik. Selain itu, kegiatan eksperimen yang memiliki relevansi (relevance) pada mata pelajaran tematik juga mampu memberikan kepuasan (satisfaction) pada peserta didik MI Nurul Hidayah Bondowoso.