AKTUALISASI ADAB SANTRI PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER ASWAJA DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL MIDAD LUMAJANG

  • KHITTOTUN NAHIDIN PASCASARJANA UIN KHAS JEMBER
Keywords: AKTUALISASI ADAB SANTRI

Abstract

ABSTRAK

 

Nahidin, Khittotun, 2022. Aktualisasi Adab Santri Perspektif KH. Hasyim Asy’ari  dalam Membentuk Karakter Aswaja di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Abdul Haris, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, M.S.I

 

Pendidikan karakter menjadi bagian dari isu pendidikan yang cukup mendapat perhatian. Beragam peraturan pemerintah, pembaharuan kurikulum guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan karakter yang sesuai dengan standart nasional. Urgensi pendidikan karakter bagi bangsa perlu dijadikan prioritas di tengah gempuran globalisasi dan krisis moral generasi. Sejalan dengan hiruk-pikuk penyelenggaraan pendidikan karakter di Indonesia organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari sebagai pengamal dan pengawal ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) memiliki identitas nilai-nilai karakter tawassuth dan i’tidal, tasammuh, tawazzun dan amar ma’ruf nahi munkar yang memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan harapan pemerintah Indonesia sekaligus sejalan dengan Undang-undang di Indonesia dapat dijadikan sebagai alternatif strategi dalam pembentukan karakter bangsa.

Fokus penelitan: 1) Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tawassuth dan i’tidal di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?, 2). Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tasammuh di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?, 3) Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tawazzun di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?, 4). Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter amar ma’ruf nahi munkar di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?.

Tujuan penelitian: mendesktipsikan aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tawassuth dan i’tidal, tasammuh, tawazzun dan amar ma’ruf nahi munkar di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian   fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berupa informan maupun benda atau dokumen. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yakni informan yang memiliki keterkaitan langsung dengan data, sedangkan sumber data skunder berupa dokumen.

Hasil penelitian: aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter Aswaja di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang dilaksanakan melalui kegiatan uswah, pengajaran, penugasan dan pembiasaan yang termuat dalam program kurikuler pesantren yakni unit pendidikan madrasah diniyah, peraturan tertulis, budaya dan tradisi pesantren, majelis taklim dan musyawarah ma’hadiyah sebagai wadah terbentuknya karakter tawassuth dan i’tidal, tasammuh, tawazzun dan amar ma’ruf nahi munkar.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdusshomad, Muhyidin.2009. Hujjah NU: Aqidah-Amaliyah-Tradisi. Surabaya: Khalista.
Aburrahman, Syekh Khalid bin. 2006. Cara Islam Mendidik Anak. Yogyakarta: Ad-Dawa.
Arianto, Henry. 2009. Modul Kuliah Metode Penlitian Hukum. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Aswaja Center PWNU Jatim. 2016. Khazanah Aswaja. Jawa Timur : Aswaja Center PWNU.
Asy’ari, Hasyim.tt. Ziyadat at-Ta’liqat. Jombang: At-Turots al-Islamy.
Bruinessen, Martin Van. 1995. Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat, terj. Bandung: Mizan
Chalim, Asep Saifuddin. 2012. Membumikan Aswaja; Pegangan Para Guru NU. Surabaya: Khalista.
Departemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir.
Fadillah, dkk. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Ilyas,Yunahar. 2011. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI.
Kholil, Mohamad. 2007. Etika Pendidkan Islam Petuah KH. M. Hasyim Asy’ari untuk Para Guru (Kyai) dan Murid (Santri). Yogyakarta: Titian Wacana.
Lickona, Thomas Educating For Character; How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility.
Masduqi, Irwan.2001. BerIslam secara Toleran: Teologi Kerukunan Umat Beragama. Bandung: Mizan.
Maslow, Abraham H. 1970. Motivation and Personality third edition. New York: Harper & Row Publishers.
Mubarok, Abu Hasan 2019. Adab Menuntut Ilmu: Kiat Sukses Meraih Mimpi di Zaman Now Berdasarkan Petunjuk Al-Qur’an dan Al-Hadits. Cirebon: CV. Elsi Pro.
Muchtar, Masyhudi. 2007. Aswaja An-Nahdliyah. Surabaya: Khalista.
Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muzadi, Abdul Muchith. 2006. Mengenal Nahdlatul Ulama. Surabaya: Khalista.
Nasution, Harun. 1993. Ensiklopedia Islam . Jakarta: Depag RI.
PWNU Jawa Timur. 2007. Aswaja an-Nahdliyah: Ajaran ahlussunnah wal jama’ah yang berlaku di lingkungan Nahdlatul Ulama. Surabaya: Kista.
Sekretariat Negara RI, UU Sisdiknas Pasal 3 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional
Soebahar, Abd. Halim. 2013. Modernisasi Pesantren Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKIS.
Soeprayogo, Imam dan Tabrani. 2009. Metode Penelitian Sosial Agama . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sternberg.tt. Handbook of Intelegence. New York: Cambridge Univercity Press.
Suharto, Babun. 2011. Dari Pesantren Untuk Umat: Reiventing Eksistensi Pesantren di Era Globalisasi. Surabaya: Imtiyaz.
Tafsir, Ahmad 2013. Ilmu Pendidikan Islam, Badung: Remaja Rosdakarya.
‘Ulwan, Abdullah Nasih. Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Terj. Arif Rahman Hakim. Solo: Insan Kamil
Wahid, Abdul. 2001. Militansi Aswaja & Dinamika Pemikiran Islam. Malang: Aswaja Centre UNISMA.
Yamin, Moh. 2011. Meretas Pendidikan Toleransi: Pluralisme dan Multikulturalisme Sebuah Keniscayaan Peradaban. Malang: Madani Media.
Yasmadi. 2005. Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan . Jakarta: Prenadamedia Group.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, . Jakarta: Kencana.
Published
2020-11-11