A APPLICATION OF EXAMPLE AND HABITATION METHODS IN DEVELOPING STUDENT CHARACTER IN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PROBOLINGGO

PENERAPAN METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PROBOLINGGO

  • NUNUNG ANI HARNANI 085232065051
Keywords: Keyword : Metode Keteladan, Pembiasaan, Pengembangan Karakter

Abstract

Abstract :Pendidikan nasional Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai masalah. capaian hasil pendidikan masih belum memenuhi hasil yang diharapkan. Pembelajaran di sekolah belum mampu membentuk secara utuh pribadi lulusan yang mencerminkan karakter dan budaya bangsa. Proses pendidikan masih menitikberatkan dan memfokuskan capaiannya secara kognitif. Sementara, aspek afektif pada diri peserta didik yang merupakan bekal kuat untuk hidup di masyarakat belum dikembangkan secara optimal. Karena itu perlu ada kefokusan dalam pengembangan karakter peserta didik dengan metode keteladan dan pembiasaan. Madrasah Ibtidayah Negeri 2 Probolinggo  yang merupakan Madrasah  Adiwiyata yang sekarang mendelegasikan program sekolah ramah anak  sangat didukung oleh keteladan dan pembiasaan yang digunakan sebagai metode pembelajaran. Karena itu penerapan metode ini dilaksanakan untuk pengembangan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Probolinggo.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,  jenis Studi Kasus Teknik Pengumpulan Data dengan  observasi, interview  dan dokumentasi. Analisa Data menggunakan model analisis data Miles & Huberman's dan Johnny Saldaña yaitu kondensasi data, penyaiian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, trianggulasi tehnik dan membercheck. Hasil dari penelitian : Pertama, dengan adanya metode keteladanan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Probolinggo yang terdiri dari keteladanan guru dalam disiplin waktu, penerapan 3S (salam,senyum dan sapa, perilaku guru dalam berseragam, perilaku guru  sopan dalam bertingkah laku, memimpin kegiatan ibadah dengan baik dan benar, kebiasaan membuang dan memilah sampah pada tempatnya, aktivitas merawat lingkungan dengan baik dan keteladanan menyayangi sesama dapat mengembangkan karakter disiplin, bekerja keras, bertanggung jawab, toleran, rendah hati, bertanggung jawab, integritas, nasionalisme, komunikatif, religius, cinta tanah air, peduli lingkungan, gotong royong dan melakukan kebaikan. kedua, dengan adanya penerapan metode pembiasaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Probolinggo yang terdiri dari  pembiasaan datang ke madrasah kurang dari pukul 06.30 WIB, sholat dhuha berjamaah, membaca dan menghafal  Al-quran, melaksanakan istiqosah, penerapan 3S (salam, senyum dan Sapa), cara siswa berjalan dan mengucapkan salam, upacara bendera setiap hari senin, membaca selama 15 menit sebelum pelajaran berlangsung, membuang dan memilah sampah pada tempatnya dan merawat tanaman  dapat mengembangkan karakter jujur, disiplin, bertanggung jawab, integritas, religius,  disiplin , bertanggung jawab, komunikatif, peduli sosial, nasionalisme, mandiri, gemar membaca, komunikatif, gotong royong, dan peduli lingkungan.

 

References

Acep Yonny dan Sri Rahayu Yunus, 2011, Begini Cara Menjadi Guru Inspiratif dan Disenangi Siswa (Yogyakarta: Pustaka Widyatama).
Asrorun Ni’am Sholeh, dkk, 2016. Panduan Sekolah & Madrasah Ramah Anak (Jakarta: Penerbit Erlangga,)
Asmani, Pukulal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Ali Makki. 2019.“Mengenal Sosok Edward Lee Thorndike Aliran Fungsionalisme Dalam Teori Belajar”, Bangil : PANCAWAHANA, Jurnal Studi Islam Vol.14, No.1.
Abdur Rabi Nawabudin, 1991, Taknik Menghafal Al-Qur`an, (Bandung: CV. Sinar Baru).
Abdullah Nashih Ulwan. 2015. Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak Dalam Islam. Khatulistiwa press.
Abd Muhith, dkk. 2020. Metodologi Penelitian, Yogyakarta. Bildung.
Andri Wijaksono, 2017.pengkajian prosa fiksi, Yogyakarta : Garudhawaca
Abdullah Katutu dan Abur Hamdi Usman. 2015. Metode – Metode Pembelajaran Karakter, Jawa Barat : Edu Publiser.
Agus Yulianto, 2016. Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah
Surakarta. At-Tarbawi.Volume. 1, No. 2, Juli - Desember 2016 137 ISSN:
2527-8231 (P), 2527-8177 (E). Ahmad Tafsir, 2010, Ilmu pendidikan Islam dalam prospektif Islam, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Amalliah Kadir. 2020. Peranan keteladanan orang tua dalam mendidik anak. Yogyakarta. Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.
Armai Arief, 1994. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Al Ikhlas,
A Tabrani rusyan, 2006, pendidikan budi pekerti, Jakarta::intimedia cipta Nusantara,
Ar-Ruzz Media. Branson, M.S. 1999. The Role of Civic Education. Calabasas: CCE [Center for Civic Education] Publisher. Burnett, N. “The Delors Report: A Guide towards Education for All” in European Journal of Education, Vol.43, No.2, pp.181-187.Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches
Asy-Syerkh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari,2011, terjemah Fathul Muin.
Arba’in Nawawi , 2007 (Imam Nawawi)
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of MissouriSt Louis.
Basrowi, dan Suwandi. 2008 Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rineka Cipta,
Barnawi & M. Arifin. 2012. Strategi dan Kebijakkan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
B. Miles, Mathew, A Michael Huberman, Jonny Saldana. 2014. Qualitatif Data Analysis: A Method Sourseebook (Third Edition),California Sage Publication.
Beryn Gaut, 2010, A Philosophy of Cinematic art, (Cambridge University Pres : Januari generalmotion picture),
Binti Maunah, 2009, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Yogyakarta: Teras),
Chalidjiah Hasan, 1994. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, (Surabaya: Al Ikhlas).
Muhammad Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Kharisma putra kencana. Kencana.
Muhammad Noer Cholifudin Zuhri, 2013, “Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Qur’an dalam Pembinaan Akhlak di SMPN 8 (Yogyakarta”, Cendekia, Vol 11 NO 1 )
Muhsan El Muhaimin, 2021, Islam berkembang tanpa gerak perang tanpa ayunan pedang. (Yogyakarta : CV* pustaka Madani )
Didin Pukulaludin, 2013. Pardigma Pendidikan Anak dalam Islam , (Bandung: CV Pustaka Setia)
Dewi Utama Faizah, dkk. , 2016, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan),
Dokumentasi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Probolinggo
Departemen Pendidkan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta. :Depdiknas
Erich Fromm , 1956, The Art of Loving,( Harper, Paperback)
Farida, 2020. Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Penyelenggaran Sekolah Ramah Anak di Se kolah Dasar Negeri 99/X Sido Mukti Tanjung Jabung Timur Jambi, (Skripsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin,)
Ferdinal Lafendry. 2017. Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Berbasis Pengalaman. Tesis UIN Syarif Hidayatullah
Hadist Riwayat Abu Daud, 2007, Shahih Sunan Abu Daud, Seleksi Hadits Shahih Dari Kitab Sunan Abu Daud (Jakarta: Pustaka Azzam.).
Hasanudin Abdurakman, 2016. kamu adalah kebiasaanmu. Jakarta.Penerbit Nusantara Cendikia
Hergenhahn, B. R. Olson, H. Matthew. 2010. Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Heri Gunawan, 2014, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi (Bandung: Alfabeta).

Idah Laili & Naqiyyah, Mumtaz, 2014.Kontribusi Penerapan Pendidikan Karakter (Gemar Membaca) Terhadap Keterampilan Berbahasa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Darul Hikam Cirebon (Cirebon: Jurnal Pendidikan Guru MI.
Isra Widya Ningsih 2022, My Indonesian Bhinneka Tunggal Ika, (Blue Ocean, et al.),
Pukulal Ma’mur Asmani, 2012, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Yogyakarta: Diva Press).
Joanna Ponto , 2015, Being Honest, Hardcover, Enslow Publishing. Juvenile Nonfiction / General, Juvenile Nonfiction / Social Topics / Values & Virtues, Conduct of life -- Juvenile literature, Honesty -- Juvenile literature
Koesoema, Muslich, dan Zainal,2011. Pendidikan Karakter, (Jakata : BDK Jakarta kementrian RI).
M, Anis Ibnatul, dkk. 2013. Pendidikan Nasionalisme melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal. Semarang: Unnes.
Maunah, b. 2015. implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. jurnal pendidikan karakter. California. Sage Publications, Inc
Muhammad Yaumi, 2014, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi, (Jakarta: Kencana),
Muhammad Asrori, 2012, Pengertian dan Bacaan Dalam Istighosah, Jurnal Tausyah, (Volume III), 1.
Muhammad Abduh Tuasikal, 2012, Istighosah Demi Terlepas dari Bala Bencana, (Jurnal Rumaysho.com)1.
Mulyadi. 2014. pembentukan karakter siswa melalui madrasah diniyah sebagai pelengkap pendidikan agama islam di sekolah dasar, Tesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
M. Hery Yuli Setiawan dan Ahmad Jawandi. 2020. "Analisis Faktor Pendukung Kinerja Standar Pendidik terhadap Ketercapaian Indikator Sekolah Ramah Anak". Jurnal Pelita PAUD VOL 5 No. 1,.Mahmud Yunus, 1990, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta: Hidakarya Agung)
Muchlas Samani dan Hariyanto, 2012, Pendidikan Karakter, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Permendikbud nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Pettersson, R. 2000, Literacies in the New Millennium.‖ (In: W. Strykowski (ed.), III Miedzynardowa Konferencja. Media a Edukacja. Poznan, Poland: Oficyna Edukacyjna Wydawnictwa eMPI2s.c. Available:).
Rachmah Ida. 2004. Ragam Penelitian Isi Media Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Saeful Uyun, Shilphy Afiattresna Octavia,dan Asep Muharom, 2010, Manajemen Sekolah/Madrasah Adiwiyata, (CV Budi Utama : Yogyakarta , Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
Saldana., Miles & Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications
Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sopan Andrianto. 2019, Jika kamu mau kamu bisa/ Don't Give Up (Jakarta,, PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia).
Sumadi Suryabrata, 2011, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada).
Sulaiman Rasjid, 2012, Fiqh Islam, ( Bandung: Sinar Baru Algesindo).
Deputi Tumbuh Kembang Anak dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan, Panduan Sekolah Ramah Anak .2015,(Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.
Dewey, J., 1994, The Moral Writings of John Dewey, J. Gouinlock (ed.), Buffalo, N.Y.: Prometheus Books.
Duwi Apriyani/Wawan Budi Handoko. Nuraeni. Mohammad Inggrid prakasa (2020). Model Sekolah Rintidan berbasis Masyarakat. (IPB Press : Jakarta)
Dini Hadi Ristanti. 2019 “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah .Studi Kasus di SD Negeri 30 dan SD Ash-Shiddiq Jakarta Utara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saifuddin Zuhri, d.k.k, 1999., Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama dengan Pustaka Pelajar), 25
Suhono Suhono & Ferdian Utama. 2017. Keteladanan Orang Tua dan Guru dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini‖. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Shea, K. (2014). A framework for school succes: theeleven principles of effective charactereducation. even Principles_new 2010.pdf (Diakses tanggal 14 Juni 2019). STIPRAM Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.
Stephen R. Covey, 2004, The 8th Habit From Effectiveness to Greatnes, (New York: Free Press)
Smith, A. B. (2004). How do infants and toddlers learn the rules? Family discipline and young children. International Journal of Early Childhood.
Tri Rismawati, 2013. Efektivitas Program Adiwiyata Sebagai Upaya Menanamkan Rasa cinta Lingkungan di SMP Negeri 3 Malang, (E-Journal: Malang: Universitas Negeri Malang,)
Dr. Sopan Andrianto, 2013, Indonesia pusaka, ,(PT.Elex Media komputindo, Gramedia, Jakarta,)
Leah davies,( 2018) code not over, kesaint blanc. Jakarta indonesia,
Lickona, Thomas. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara)
USAID. 2014 Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta. Sumber untuk Dosen LPTK.
Vemmi Kesuma Dewi, Denok Sunarsi, dan Ahmad Khoiri, pendidikan ramah anak, (Cipta Media Nusantara : Surabaya,2021),1-2
Van Rijk, Y. Volman, M., de Haan, D., & van Oers, B. 2017. Maximising Meaning: Creating a Learning Environment for Reading Comprehension of Informative Texts from a Vygotskian Perspective. Learning Environments Research
Published
2022-06-30