I INTERNALISASI NILAI-NILAI “AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH” (ASWAJA) DALAM MENCEGAH PENYIMPANGAN AQIDAH DI MADRASAH ALIYAH YASRAMA PATRANG JEMBER

Nilai aswaja

  • Ahmad Ardiyanto UIN KHAS JEMBER
Keywords: Aswaja, Penyimpangan Aqidah

Abstract

Internalisasi nilai merupakan penanaman suatu nilai terhadap seorang peserta didik, sehingga nilai tersebut menempel dan menjadi suatu ciri khas atau sebagai pembeda antara dirinya dengan orang lain. pada proses penanamannya bisa melalui beberapa tahapan yakni, pertama transformasi, kedua transaksi, dan ketiga transinternalisasi. Nilai ahlussunnah wal-jama’ah merupakan suatu nilai atau suatu prinsip yang diterapkan dalam kehidupan dengan tujuan untuk memperkuat aqidah dari peserta didik, dengan menerapkan nilai-nilai aswaja seorang peserta didik dapat memiliki pengetahuan dan penerapan aqidah yang tepat sehingga tidak mudah melakukan perilaku yang menyimpang dari ajaran agama Islam. Nilai aswaja yang di terapkan kepada peserta didik dengan melalui kegiatan keagamaan seperti tahlil, istigotsah, kajian keIslaman,  dan jum’at taqwa. Dengan di tanamkannya nilai aswaja dapat memperkuat aqidah dari peserta didik sehingga terjauh dari bentuk-bentuk penyimpangan aqidah seperti syirik, kufur dan nifak, pada dasarnya dengan di internalisasikannya nilai-nilai aswaja bukan hanya memperkuat aqidah atau kecintaan terhadap Allah, akan tetapi juga dapat membentuk karakter seorang peserta didik sesuai dengan ajaran ahlussunnah wal jama’ah

References

Amirullah. 2015. Teori Pendidikan Karakter Remaja Dalam Keluarga (Bandung; Alfabeta)
Arikunto Suharsimi. 2016 Prosedur penelitian suatu pendektan praktik (Jakarta; Renika Cipta)
Creswell John. Research Design (Qualitative, Quantitative and maxed Methods Approach). Diterjemahkan oleh Ahmad Fawaid (Yogyakarta; Pustaka pelajar)
Gunawan. 2016. Islam Nusantra dan Kepesantrenan (Yogyakarta; Interpena)
Milles, M.B. and Huberman, M.A. 2014. Qualitative Data Analysis. (London: Sage Publication)
Mulyasa.E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter (Bandung; Rosdakarya)
Raco J.R.. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan keunggulannya (Jakarta; Grasindo)
Satori Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta)
Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kunatitaif kualitatif danR&D (Bandung; Alfabeta )
Tim Aswaja NU Center PWNU Jatim. 2016. Khazanah Aswaja: Memahami, Mengamalkan, dan Mendakwahkan Ahlussunnah Wal Jama’ah (Surabaya: Aswaja NU Center PWNU Jatim,)
Tim PWNU Jawa Timur. 2007. Aswaja An Nahdliyah, Ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah Yang Berlaku di Lingkungan Nahdlatul Ulama, ( Surabaya ; Khalista )
Wirman Eka Putra. 2010. Kekuatan Ahlussunnah Wa Al-Jama’ah, (Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama)
Sukmadinata Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung; Remaja Rosda Karya.)
Thoha Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam (Yogyakarta; Pustaka Pelajar)
https://kalbar.kemenag.go.id/id/opini/internalisasi-nilai-nilai-pada-anak-bagian-i-dari-3-tulisan (Diakses 19 Juli 2021, 11:07 Wib)
Published
2020-11-16