PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 JEMBER

  • jumari jumari uin khas jember
Keywords: bahan ajar, pembelajaran tematik, bermuatan islam

Abstract

Keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada penggunaan sumber pembelajaran atau media yang dipilih. Jika sumber-sumber pembelajaran dipilih dan disiapkan dengan hati-hati, maka dapat memenuhi tujuan pembelajaran antara lain memotivasi siswa dengan cara menarik dan menstimulasi perhatian pada materi pembelajaran, melibatkan siswa, menjelaskan dan menggambarkan isi materi pelajaran dan keterampilan-keterampilan kinerja, membantu pembentukan sikap dan pengembangan rasa menghargai (apresiasi), serta memberi kesempatan untuk mengalisis sendiri kinerja individual. Dengan adanya Lembar Kerja Peserta Didik memuat Nilai-nilai keislaman pada tematik kelas 6 yang merupakan landasan Islam yang paling penting. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember sejak tahun 2017 telah  mengajarkan pembelajaran menggunakan LKPD dengan mengembangkan nilai-nilai keislaman sebagai solusi permasalahan di atas secara matang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya.

Tujuan penelitian dan Pengembangan ini yakni sebagai berikut: (1) Menghasilkan produk LKPD bermuatan nilai-nilai keislaman pada kelas VI Tema 8 Bumiku di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember.  (2) Mengetahui Efektivitas LKPD bermuatan nilai-nilai keislaman kelas VI Tema 8  Bumiku di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Model Penelitian dan Pengembangan pembelajaran Borg and Gall. Pada model Borg and Gall terdapat 10 tahapan desain pembelajaran. Prosedur yang harus diikuti untuk menghasilkan produk meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Subjek Penelitian dan Pengembangan ini adalah siswa dan para ahli, lokasi penelitian dan pengembangan adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember, Teknik Analisis Data dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan (R&D), Instrumen pengumpulan data adalah Instrumen non tes (kuesioner/angket), diskusi dan wawancara.

Hasil penilaian dari validasi desain adalah 81,66%, ahli materi 85,88%, dan ahli bahasa 70,00%. Rata-rata nilai dari ketiga ahli tersebut adalah 79,18 % dengan kriteria layak, sehingga bahan ajar tematik lembar kerja peserta didik bermuatan nilai-nilai keislaman layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari angket siswa menunjukkan 93,10%, dengan demikian kriteria bahan ajar tersebut sangat menarik. hasil analisa data dalam uji coba lapangan bahwa nilai pre-test menunjukkan bahwa 6,25% tuntas dan 93,75% tidak tuntas, sedangkan hasil dari post-test bahwa 9,38% tidak tuntas dan 90,62% tuntas. Hasil analisis data uji-t diperoleh bahwa t hitung > t tabel (16,973 > 2,042), maka Ho ditolak dan Ha diterima. berdasarkan hasil uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar lembar kerja peserta didik bermuatan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran tematik Kelas VI tema 8 yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk digunakan.

Published
2022-06-30