peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter disiplin siswa (studi multisitus di SMP Negeri 11 Jember dan SMP Negeri 2 Rambipuji Jember)

  • anisatun ni'mah mar'atus sholihah afilliasi
Keywords: Peran Guru PAI, Karakter Disiplin.

Abstract

Abstrak : Seorang guru agama memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka menumbuhkembangkan sifat dan sikap disiplin siswa disekolah. Guru agama adalah seseorang yang mengajar agama Islam dengan membimbing, menuntun, memberi tauladan dan membantu mengantarkan anak didiknya ke arah kedewasaan jasmani dan rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama yang hendak dicapai yaitu membimbing anak agar menjadi seorang muslim yang sejati, beriman, teguh, beramal sholeh dan berakhlak mulia, serta berguna bagi masyarakat, agama dan Negara. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut; (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pembimbing dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rambipuji Jember (2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Model dan Teladan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rambipuji Jember (3) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Penasehat dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan (field research) jenis studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Wawancara (2) Observasi (3) Dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan model interktif Bodgan dan Biklen, yaitu Merumuskan proposisi berdasarkan temuan sementara kasus pertama dan kasus kedua, membandingkan dan memadukan temuan teoritik sementara dari kedua kasus penelitian, merumuskan simpulan teoritik berdasarkan analisis lintas kasus sebagai temuan ahir dari kedua situs penelitian. Dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode serta diskusi sejawat. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktifitas peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rambipuji Jember yaitu; (1) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember: guru PAI sebagai pembimbing : yang pertama dalam merencanakan tujuan pembelajaran yaitu dengan membuat rpp yang disusun disetiap awal tahun ajaran baru, yang kedua dalam mengamati keterlibatan siswa menggunakan tehnik berkeliling dalam melihat keterlibatan siswa, kemudian menggunakan sistem berkelompok, yang ketiga memaknai kegiatan belajar, yang keempat melakukan penilaian. Guru PAI sebagai model dan teladan : Pertama dalam kehidupan sehari-hari serta kepedulian guru PAI terhadap sesama guru maupun kepada siswanya, Kedua dalam hal memberikan contoh dan teladan kepada guru yang lain maupun siswanya, Ketiga guru PAI dalam bekerja sehari-hari. Guru PAI sebagai penasehat : Pertama kiat-kiat dalam menasehati siswa yang tidak disiplin, kedua upaya yang dilakukan oleh sekolah maupun guru agama, ketiga factor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin.

Published
2019-11-03