IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS EDUCATION) DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NGASHOR KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER

  • DANA NURIL IBAD PASCA UIN KHAS JEMBER
Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Kecakapan Hidup, Kemandirian

Abstract

Era globalisasi ditandai dengan berbaurnya budaya barat serta berkembang pesatnya teknologi serta kebutuhan keahlian yang mumpuni di berbagai sektor pekerjaan maupun industri menjadikan tantangan baru bagi lembaga pendidikan pesantren yang harus mempertahankan eksistensi dalam mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai lembaga yang tidak hanya memberikan bekal keagamaan saja melainkan bekal keterampilan praksis bagi santri dalam mengahadapi era modern. Adapun fokus dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian emosional santri?, 2).Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian tingkah laku santri?, 3). Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian intelektual santri?. Tujuan penelitian ini yakni: 1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian emosional santri, 2) Mendeskripsikan implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian tingkah laku santri, 3) Mendeskripsikan implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian intelektual santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan skunder. Analisis data menggunakan teknik dari Milles and Huberman & Jhonny Saldana. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member chek.

            Hasil penelitian ini adalah 1). Impelentasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian emosional santri melalui kegiatan seperti Dzikrul Ghofilin, Rottibul Haddad dan Kitab Qolbul Qur’an. 2). Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian tingkah laku santri melalui kegiatan seperti minggu bersih-bersih, pramuka, marching band, seni hadrah, Qiro’at, Pidato, Muhadzarah, Fiqih Praktek, Pidato, pertaninan, peternakan, dan pembangunan. 3). Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian intelektual melalui kegiatan hafalan juz amma, hafalan nadzoman, pengajian kitab kuning, pidato.

References

Sulthon Masyhud dkk. 2005. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka,
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 3
Al-Qur’an, 16:78.
UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 3
Abu Yasid. 2018. Paradigma Baru Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: IRCiSod.
Al Qur’an Surah An-Nahl Ayat 31-33
Septiawan Santana Kurnia. 2003. Quantum Learning bagi Pendidikan Jurnallistik (Studi Pembelajaran Jurnalistik yang Berorientasi pada Life Skill), Jurnal Pendidikan Kebudayaan. Jakarta : Balitbang Diknas.
Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Wacana Prima.
Published
2021-04-20