PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DAN KURRASAH AT THORIQOH AL-HAMIDIYAH FI TAHSINIL KITABAH AL-I’TIYADIYAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) PLUS DARUS SHOLAH JEMBER
Abstract
Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an menggunakan media berbasis ICT (Information And Communication Technology) dan KurrasahAt Thoriqoh Al-Hamidiyah Fi Tahsinil Kitabah Al-I’tiyadiyah Di Smp Plus Darussholah Jember”. Tesis. Program studi pendidikan agama islam pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I. Dr. H. Mashudi, M. Pd, pembimbing II. Dr. H. Ubaidillah, M. Ag.
References
Alhamuddin,FahmiFatwaRosyadiSatriaHamdani,DikdikTandika, RabiatulAdwiyah.2018, “DevelopingAl-QuranInstructionModelThrough3a(AjariAku Al-QuranOrPleaseTeachMeAl-Quran)ToImproveStudentsAbilityInReadingAl-QuranAtBandungIslamicUniversity”, International Journal of Educatio.Vol. 10.No.2.
Arif, Samsul.2019. “Implementasi Ekstrakulikuler Seni Baca Al-Qur’an Dalam Mengembangkan Potensi Dan Minat Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember”(Tesis IAIN Jember)
Ar-Rumi, Fahd Bin Abdurrahman. 1996. Ulumul Qur’an . Yogyakarta: Titian Ilahi Press
Hidayat.Komaruddin.2001. Agama di Tengah Kemelut. Jakarta: Mediacita.
Husain, Said Agil. 2002. Al-Qur’an Membangun Kesalehan Hakiki. Jakarta Selatan: Ciputat Press.
Kementrian Agama Republik Indonesia.2009.AL-Qur’an dan Terjemahannya, Surat Al-Qomar 17.Jakarta: Fitrah Rabbani.
Khafidh, Mohamad. 2016. “Implementasi Metode Imla’ Sebagai Peningkatan Kemampuan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Vii Smp It Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta”. (Tesis UIN Sunan Kalijaga)
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan, 2020.Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA
Langgulung. Hasan1985. Pendidikan dan Peradaban Islam.Jakarta: Pustaka al-Husna.
Muarif Ambary, Hasan.2003. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve.
Mustafa ,Ahmad al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Jilid X
Nirbita, Betanika Nila. Soetarno Joyoatmojo. dan Sudiyanto Sudiyanto. 2018, “ICT Media Assisted Problem Based Learning for Critical Thinking Abilit”. (IJMMU),(5): 341-348
Prasetiawati, Eka. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro’ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an”.tadris: Jurnal Pendidikan Islam.Vol. 14 No.2.
Pulungan, Sahmiar.2017,“Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran PAI”.QUERY: Jurnal Sistem Informasi. 01,(01): 2579-5341.
Qomariyah, Hidayatul. 2016,“Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA kelas 4 MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. (Tesis UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Sahlan, Moh. 2013, Evaluasi Pembelajaran panduan praktis bagi pendidik (Jember,),
Sanaky, Hujair AH, 2013.Media Pembelajaran Interaktif inovatif.Yogyakarta : KAUKA DIPANTARA
Shihab, M. Quraisy.1992. Membumikan al-Qur’an Fungsi dan Peranan Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat.Bandung: Mizan.
Sholeh ,A.Hariri dan Abdullah Afif .2013. Panduan Ilmu Tajwid, Penuntun Cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Jombang: Unit Tahfidh Madrasatul Qur’an Tebuireng
Syawaluddin, Fauzi Ahmad. Rendi Fitra Yana. Taufiqurrahman Nur Siagian. Ronal Watrianthos.2020, “Efektifitas Media ICT dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK Swasta Siti Banun Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu”.Pena Cindekia.vol.02 No. 01.
Wahdati, Erwin Lailia.2016.“Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Di Man Se-Kabupaten Blitar”.(Tesis IAIN Tulungagung)
Warson Munawwir, Ahmad.al-Munawwir – Kamus Arab Indonesia
Winarni, Endang Widi. Daimun Hambali. Endina Putri Purwandari.2020. “Analysis of Language and Scientific Literacy Skills for 4th Grade Elementary School Students through Discovery Learning and ICT Media” International JournalofInstruction.vol.13No.2.
Zainati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan aplikasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Jakarta :Kencana