Implementasi Strategi Tutor Sebaya dalam Membaca Kitab Klasik Fathul Qarib di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember

  • Fatmala Balulu Mahasiswa

Abstract

ABSTRAK

Kata Kunci: Implementasi, Strategi Tutor Sebaya, Kitab Klasik.

Pesantren memiliki peran sangat penting dalam perkembangan pendidikan Islam. Strategi pembelajaran kitab klasik biasanya hanya berpacu kepada strategi bandongan atau sorogan. Tetapi yang menarik di pondok pesantren Nurul hidayah mangli jember ini adalah, dalam pembelajaran kitab klasiknya tidak hanya menggunakan strategi bandongan dan sorogan akan tetapi juga menggunakan strategi tutor sebaya.  

Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan pembelajaran membaca kitab klasik fathul qarib di pondok pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember? (2) Bagaimana implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan minat membaca kitab klasik fathul qarib di pondok pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember? (3) Bagaimana implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab klasik fathul qarib di pondok pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan pembelajaran membaca kitab klasik fathul qarib di pondok pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan minat membaca kitab klasik fathul qarib di pondok pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab klasik fathul qarib di pondok pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif jenis studi kasus. Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif model Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check.

Hasil penelitian 1) Implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan pembelajaran membaca kitab klasik fathul qarib yakni santri belajar, menghafal, lalu menyetorkannya kepada tutor. Strategi ini cukup efektif dan bermanfaat bagi tutor maupun yang ditutori. 2) Implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan minat membaca kitab klasik fathul qarib yakni motivasi diri juga lingkungan. 3) Implementasi strategi tutor sebaya dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab klasik fathul qarib yakni faham qawaid, mufradat, memahami isi kitab dan mampu menjelaskan isi kitab.

Published
2023-11-22