IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PRANATAL PERSEPEKTIF ISLAM (Studi Atas Ibu Hamil di Desa Bloro Besuki Situbondo)

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PRANATAL PERSEPEKTIF ISLAM (Studi Atas Ibu Hamil di Desa Bloro Besuki Situbondo)

  • suryadi suryadi suryadi IAIN JEMBER
Keywords: Keyword: Pendidikan Pranatal, Islam dan Implementasi

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan seseorang. Melalui pendidikan, manusia berbekal pengetahuan dan keterampilan sehingga manusia akan berkembang menjadi lebih baik. Pendidikan sangatlah dibutuhkan dalam setiap tatanan masyarakat. Dalam hal ini, pendidikan adalah suatu usaha untuk mengembangkan dan mengaktualisasikan diri seseorang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian dalam hal ini adalah ibu hamil di Desa Bloro. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pendidikan pranatal menurut Islam yang diterapkan oleh ibu hamil dengan beberapa metode, yaitu: membaca Al-Qur’an, Sholat, berpuasa, berdzikir, mengikuti pengajian di majlis ta’lim, berdo’a serta menjada perilaku selama kehamilan. Faktor pendorong pendidikan pranatal yaitu motivasi keluarga, pemahaman pendidikan pranatal, dan motivasi dari suami. Serta faktor penghambat berupa kondisi fisik, ekonomi dan psikis. Pemahan ibu hamil di desa Bloro tentang pendidikan pranatal bisa dikatakan cukup baik. Mereka percaya bahwa anak dalam masa kandungan sudah bisa dididik dan direncanakan sesuai harapan orang tua. Pendidikan itu berupa stimulasi, sentuhan, komunikasi, dan juga pendidikan secara tidak langsung baik dalam bentuk fisik maupun psikis.

           

 

 

References

E. Daftar Pustaka
Al– Bukhari. 2002.Abu Abdullah Muhammad Bin Ismail, Shahih Bukhari. Damaskus: Darul Ibnu Katsir.
Choirunnisa, Anis 2013. Peran Ibu Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Sholeh Menurut Konsep Islam. Jakarta: Skripsi, Uin Syarif.
Al-Hafidz Zaki Al-Din Abd Al-Azhim Al-Mundziri. Ringkasan Shahih Muslim, (Terj) Shinqithy Djamaluddin Dan H.M. Mochtar Zoerni, 430.
Ahassan. 1991. Terjemah Bulughal Maram (Ibnu Hajar Al ‘Asqalani). Bangil:Pustaka Tamaam Dengan Pesantren Persatuan Islam Bangil.
Chaeruddin B. 2015. “Pendidikan Agama Islam Dalam Kandungan”.Jurnal Lentera Pendidikan, (Vol. 18, No. 2, 2015).
Departemen Agama Ri. Al-Qur’an Dan Terjemah.Bandung : Cv Penerbit Diponegoro.
Don Campbell. 2001. The Mozart Effect For Children: Awaking Your Childs Mind, Health And Creativity With Music; Penerjemah, Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Indrijati, Herdina, 2016. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai.Jakarta: Kencana.
Mansur. 2014. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Ummu Syifa Suryani Arfah. 2010. Menjadi Wanita Shalihah. Jakarta: Eska Media.
Mozart Adalah Seorang Komposer Dunia, Yang Karyanya Sering Dianyayikan Anak-Anak Jerman Dan Seluruh Belahan Dunia, Salah Satu Karya Yang Sangat Fenomenal Adalah “Twinkle Twinkle, Little Star”.
Miles M.B Huberman Dan Joni Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Edition 3.California: Sage Publication.
Nur Uhbiyati. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan Sampai Ke Liang Lahat. 27-31.
Rene Van De Carr Dan Marc Lehrer.Cara Baru Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan.Bandung: Kaifa.
Santrock, John W, 2011, Child Development: an Introduction, New York: Mc Graw-Hill Companies.
Sugiyono.Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif Dan R&D. 226.
Zainal Arifin. 2014. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru.Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.
Published
2020-02-06