Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Pengetahuan Produk, Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan menjadi Nasabah di BMT NU Area Bondowoso I Kabupaten Bondowoso

  • Muhammad Rahel Pascasarjana UIN KHAS JEMBER
  • Abdul Rokhim
  • Ahmadiono Ahmadiono
Keywords: Motovasi, Riba, Produk, Brand Image, Kualitas Pelayanan, Keputusan Menjadi Nasabah

Abstract

Abstract: BMT NU Area Bondowoso I Kabupaten Bondowoso aktif memberikan sosialisasi pentingnya menghindari riba, pengetahuan tabungan syariah dan berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabahnya agar merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, seperti: sosialisasi pengetahuan mengenai tabungan dan pentingnya menghindari riba, pengetahuan produk pembiayaan syariah. Tujuan Penelitian adalah untuk: 1.Menganalisis pengaruh motivasi menghindari riba secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah. 2.Menganalisis pengaruh pengetahuan produk secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah 3.Menganalisis pengaruh Brand Image secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah. 4.Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah. 5.Menganalisis pengaruh motivasi menghindari riba, pengetahuan produk, brand image dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan menjadi nasabah. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif yaitu menyebarkan  kuesioner dan analsis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier ganda. Kesimpulan sebagai berikut: 1.Secara uji parsial X1 berpengaruh signifikan terhadap Y (0,00 < 0,05) 2.Secara uji parsial X2 berpengaruh signifikan terhadap Y (0,030 < 0,05) 3.Secara uji parsial X3 berpengaruh signifikan terhadap Y (0,004 < 0,05) 4.Secara uji parsial X4 tidak berpengaruh signifikan terhadap Y (0,875  0,05) 5.Secara bersama-sama (simultan) X1, X2, X3 dan X4 memiliki pengaruh signifikan terhadap terikat Y (0,000 < 0,05).

References

Aditi, Bunga. 2016. Pengaruh Atribut Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis”, Vol. 17, No. 01, April.
Antonio, M. Syafi’I, 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: GemaInsani.
Arifin, Lalu Fahmi Zainul. 2013. Konseptualisme Pelarangan Riba Sebagai Transaksi Terlarang, Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, Vol. 3, No. 1.
Arikunto, Suharsimi. 2002. MetodologiPenelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, Cetakan ke-13.
Asnawawi dan Maskhuri. 2011. Metodologi Riset Pemasaran. Malang: UIN Maliki Press.
Assauri, Sofyan. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Bastian, Danny Alexander. 2014.Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Daft, Richard L. 2010. Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba.
Daminik, Elsye Rumondang. 2013. “Bagaimana Product Knowledge dan Product Involement Memotivasi Konsumen”, Jurnal Humaniora, Vol. 4, No. 2, Oktober.
Departemen Agama RI. 2002. Al-qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Mekar Surabaya.
Dokumentasi BMT NU Area Bondowoso I Kabupaten Bondowoso.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS. Semarang: UNDIP, Cetakan kelima.
Hanik, Siti Umi dan Jati Handayani. 2014. Keputusan Nasabah dalam Memilih Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Syariah Mandiri), Jabpi, Vol. 22, No. 2, Juli.
Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hendriyanto. 2022. (Staff Pengawasan dan Risiko BMT NU Area Bondowoso I Kabupaten Bondowoso), Wawancara, Bondowoso 08 Juli.
Http:/www.puskopsyahlampung/2013/05perkembangan-bmt-dari-tahun-ke-tahun.html? m=1.
Ilmi, Makhalul. 2002. Teori dan Praktek Mikro Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII Press.
Irawan, Hadi. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Published
2022-12-31