Pengaruh Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen Makanan Oleh-Oleh Khas Meda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Spiritual Product, Spiritual Price, Spiritual Promotion, Spiritual Place terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian yang menjadikan kuesioner sebagai instrumentnya. Populasi yang digunakan didalam penelitian ini adalah yang pernah mengkonsumsi dan membeli Produk Risol Gogo, Bolu Meranti dan Napoleon. Sampel sebanyak 130. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spiritual produk, spiritual Prince, spiritual promotion dan spiritual place mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan sedangkan Spiritual produk, spiritual Prince, spiritual promotion dan spiritual place dan kepuasan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas.
References
Rini, Endang Sulistya dan Yeni Absah. 2005. “Analisis Penciptaan Loyalitas Melalui Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Rasional, Emosional, dan Spiritual Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan” Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis Vol 2 No. 1 Tahun 2015, pp 63-76.
Rini, Endang Sulistya dan Yeni Absah. 2017. “Rational, Emotional and Spiritual marketing Strategies in Shariah Banking in Medan, Indonesia”. Banks and Bank Systems, Volume 12, Issue 2, pp 68-77.
Mussry, Jack, Michael Hermawan, Taufik, Yuswohady Hasan, Paul Patty, Suryo
Soekarno, dan Alexander Mulya. (2007). Markplus on Marketing, The second Generation, Jakarta: Ikrar Mandiriabadi.
Syafii 2016. “Alasan Pembenaran Bunga Pada Bank Konvensional dan Jawabannya”. http://ekonomi-islam. com/alasan-pembenaran-bunga-padabank-konvensional-dan-jawabannya/ (diunduh 11 April 2017).
Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. (2012). Paper presented at 3rd The role of Halal awareness and Halal certification in influencing non-Muslim's purchasing intention. International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding.
Salehudin, I. dan Lutfi, A.B., 2011, “Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Muslim Consumer’s Behavioral Intention” ASEAN Marketing Journal, Vol. III No. 1, pp. 35-44.
Alifahmi, Hifni, 2008. Spiritual marketing Communication. Jakarta: PT.ARGA Publishing
Kartajaya, Hermawan dan MarkPlus&Co, 2007 Marketing in Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Khadka K. & Maharjan S. (2017) Customer Satisfaction And Customer Loyalty Case Trivsel Städtjänster (Trivsel siivouspalvelut). Centria University Of Applied Sciences Business Management.
Fornell, C., Johnson, D.M., Anderson, W. E., Cha, J. & Bryant, E B. The American Customer Satisfaction Index: Nature, purpose, and findings, Journal of Marketing; 1996.
Oliver, R.L. 1999. Whence consumer loyalty. Journal of Marketing. Volume 63, pp 33-44.
Fornell, C. (1992). A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing, 56(1), 6–21. http://dx.doi.org/10.2307/1252129
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). that allows others to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material.
This work is licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)