Penerapan Audit Syariah Pada Lembaga Amil Zakat Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

  • Wildan Khisbullah Suhma Universitas jember
  • Ahmad Afif
Keywords: Pengendalian Internal, Audit Syariah, Kepercayaan Masyarakat

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan audit syariah sebagai alat pengendalian intern pada Lembaga Amil Zakat. Metode adalah penelitian studi literature dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Sumber analisis yang digunakan adalah penelitian-penelitian terdahulu yang selanjutnya dibandingkan dengan teori-teori yang saling berkaitan dengan penerapan audit syariah. Penelitian ini menganalis penerapan audit syariah dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan menggunakan komponen pengendalian intern menurut COSO yang terdiri dari pengendalian lingkungan, penilaian risiko, pengendalian kerja, komunikasi dan informasi, pengamatan. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa Lembaga/intansi maupun organisasi zakat,infaq, dan shadaqoh juga dalam melakukan atau melaksanakan pengendalian intern dengan melaksanakan audit syariah akan mengalami pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat.

References

AAOIFI. (2010). Accounting, Auditing and Governance Standards for Islamic Financial Institutions. Manama, Bahrain: Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Instutions.
Ahmad. S., dkk. (2006). Penswastaan Institusi Zakat dan Kesannya Terhadap Pembayaran Secara Formal di Malaysia. International Journal of Management Studies.
Kementerian Agama. (2016). Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia. Jakarta: BAPPENAS.
Maringan Masry Simbolon, (2004). Dasar–Dasar Administrasi dan Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sondang P. Siagian. (1995). Manajemen Stratejik. Jakarta: PT BUMI AKSARA.
Hermawan, S., dan Gianti, A. (2010). Akuntansi Zakat, dan Upaya Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Lembaga Amil Zakat. Jurnal Ekonomi Vol. 1 No. 2.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat
Yohannes Yahya. (2006). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zuhri, Saefuddin. (2000). Zakat Kontekstual. Semarang: Bima Sejati.
Published
2022-06-30