Analisis Strategi Bauran Pemasaran Islam Dalam Mengembangkan Produk Simpanan Idul Fitri (Sifitri) Di BMT UGT Sidogiri Kabupaten Jember

  • faiqotul hima PASCASARJANA IAIN JEMBER
  • Abdul Wadud Nafis
  • Misbahul Munir
Keywords: Strategi, Pemasaran Islam, Pengembangan Produk

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kegiatan dalam menentukan cara guna memperoleh tingkat pertukaran yang menguntungkan dengan pelanggan yang merupakan sasaran dalam mencari nasabah. Startegi tersebut diadopsi  dari dunia bisnis dimana istilah pemasaran terfokus pada sisi kepuasan konsumen dengan memakai pemikiran yang logis jika konsumennya tidak puas maka pemasarannya gagal. Jika pihak BMT memberikan citra yang baik dalam rangka menarik nasabah maka logikanya pihak BMT harus mengembangkan berbagai upaya strategi pemasaran sehingga nasabah tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh pihak BMT. BMT UGT Sidogiri kabupaten Jember mempunyai produk Simpanan Idul Fitri (SIFITRI), yang mana produk ini menghimpun dana dari masyarakat yang khususnya dalam memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

Dilihat dari tahun ke tahun terdapat jumlah peningkatan nasabah tabungan produk sifitri (simpanan idul fitri) yang signifikan. Animo nasabah yang semakin meningkat membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di BMT UGT Sidogiri  Kab. Jember. Berdasarkan peningkatan nasabah yang signifikan tentu saja tidak terlepas dari strategi pemasaran islam produk Sifitri di BMT UGT Sidogiri yang telah diterapkan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih mendalam terkait strategi pemasaran islam produk simpanan idul firi di BMT UGT Sidogiri di kab. Jember fokus permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini 1). Bagaimana analisis strategi bauran pemasaran islam dalam mengembangkan produk simpanan idul fitri di BMT UGT Sidogiri di Kab.Jember? 2). Bagaimana strategi pengembangan bauran produk simpanan idul fitri di BMT UGT Sidogiri Kab.Jember?  Merujuk dari fokus penelitian maka tujuan dari penelitian 1).Untuk menganalisis dan mendeskripsikan analisis strategi bauran pemasaran islam dalam mengembangkan produk simpanan idul fitri di BMT UGT Sidogiri di Kab.Jember. 2).Untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pengembangan bauran produk simpanan idul fitri di BMT UGT Sidogiri Kab.Jember.

Dari penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan bahwa untuk mengembangkan produk simpanan idul fitri dalam strategi pemasaran islam BMT UGT Sidogiri cabang bangsalsari melalui 1). Pelatihan membaca kebutuhan pasar (segmentasi pasar), 2). Pelatihan karyawan , 3). Evaluasi. Sedangkan di BMT UGT Sidogiri capem Tanggul adalah 1). Pengembangan sumber daya manusia, 2). Pelayanan yang baik 3). Evaluasi.

References

Fandy tjiptono.2014. Startegi Pemasaran, Yogyakarta: Pustaka Buku.
Lexy Moleong. 2012. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosda Karya Press.
Michale E.Porter. 1998. Competitif Strategy:Tehniques For Analyzing Industries A Competitors (Avenue Of The Americas, New York: The Free Press And Colophon Are Trademarksof Simon &Suster Inc.
Oentoro Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang Pressindo
Siti Fathonah .2009.,“ Pengaruh Bauran Pemasaran , Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Perusahaan Batik Disurakarta”.
Suharsimi,Arikunto. 2017. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Valarie A.Zethaml. 2017. Maary Jo Bitner dan Dwayne D.Gremler. Service marketing: integreting custumer fokus across the firm (USA:MC graww –Hill education 2.plan plaza new york. Seven edision.
Vietzhal rivai. 2018. Islamic Marceting Management: PT.Bumi aksara.
Published
2022-06-30