Analisa Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Micro Kecil Dan Menengah (UMKM) Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ruang Micro Dan Macarina Jember)
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan badan usaha selalu dihadapkan pada persaingan secara global hal ini diperlukan sikap dasar untuk menciptakan etika berbisnis yang baik dalam mengutamakan prinsip etika berbisnis islam. Rumusan permasalahan yang diangkat disini meliputi bentuk pengembangan peningkatan kinerja UMKM, kekurangan dan kelebihan dari UMKM dalam melakukan pengembangan kinerja, serta mengukur tingkat efisiensi dan efektivitas UMKM dalam mencapai kinerja. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini memahami bentuk pengembangan usaha ditujukan untuk meningkatkan kinerja didasarkan pada prinsip etika bisnis islam. metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pengembangan peningkatan kinerja dari UMKM menggunakan konsep etika bisnis islam. Dengan mematuhi SOP yang berlaku. Menjauhkan berbagai hal yang bernilai riba dan semata – mata mengharap Keberkahan Allah SWT.
ABSTRACT
The implementation of a business entity is always faced with global competition, this requires a basic attitude to create good business ethics in prioritizing Islamic business ethics principles. The formulation of the problems raised here includes the form of developing UMKM performance improvement, the advantages and disadvantages of UMKMs in developing performance, and measuring the level of efficiency and effectiveness of UMKMs in achieving performance. The purpose of conducting this research is to understand the form of business development aimed at improving performance based on the principles of Islamic business ethics. research methods with a qualitative approach. The results of this study indicate that the implementation of the performance improvement strategy of UMKMs uses the concept of Islamic business ethics. By complying with the applicable SOP. Keeping things that are worth usury and only hoping for the Blessing of Allah SWT.
References
Abdul Aziz, Etika Bisnis Perspektif Islam, Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 46.
Ahmad, Mustaq Etika Bisnis dalam Islam. (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar)2001
Alfis, Pegawai Macarina Jember, Jember 25 Desember 2020
Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI. 1985
Apolonaris,dkk “Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keunagan Pada UMKM Amungme dan Kamoro”.Vol 5. 2016
Bachtiar Rifa’I, EfektifitasPemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, Vol 1, No. 1, ISSN 2303-341X, di akses pada 17 Januari 2017
Badroen, Faishal dkk. Etika Bisnis Dalam Islam,(Jakarta : Kencana) 2007
Basyir, Ahmad Azhar. Asas-Asas Hukum Mu`amalat.(Yogyakarta : UII Press) 2000
Dedik, Pemilik Tenan Pujasera Ruang Micro Jember, Jember 25 Desember 2020
Etik dan Diah, Pelanggan Pujasera Ruang Micro Jember, Jember 25 Desember 2020
Fadilah, Haris. 2012. Pengembangan Usaha. Tersedia pada http://harrisfadilah.wordpress.com/2012/04/17/pengembangan-usaha/. Diakses pada tanggal 19 Agustus 2013.
Fahrudin Sukarno, Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam. AL Azhar Freshzone Publishing. 2013. h.19
Faisal Badroen, dkk, Etika Bisnis dalam Islam (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005), h. 61-62
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). that allows others to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material.
This work is licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)