Strategi Peningkatan Bisnis, Kinerja Dan Kesejahteraan UMKM Saat Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jember
Abstract
ABSTRAK
Virus Corona atau biasa disebut dengan Covid 19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Pandemic COVID-19 memunculkan beberapa masalah bagi pelaku UMKM, di sisi lain ada kesempatan yang juga muncul. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komnikasi mengingat perdagangan elektronik pada 2020 mencapai US 130 Miliar. Transaksi perdagangan drastic elektronik meningkat selama pandemic COVID-19. Dampak COVID-19 sangat besar terhadap UMKM yang disekitar lembaga-lembaga pendidikan umum dan khusus. Bulan pertama dan ketiga banyak karyawan di rumahkan, buruh dipulangkan dan ini berdampak ke semua sector UMKM.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana dampak virus corona terhadap motivasi bisnis? 2) Bagaimana dampak virus corona terhadap kinerja? 3) Bagaimana dampak virus corona terhadap Kesejahteraan pelaku usaha kecil dan menengah?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui dampak virus corona terhadap motivasi bisnis 2) Untuk mengetahui dampak virus corona terhadap kinerja 3) Untuk mengetahui dampak virus corona terhadap Kesejahteraan pelaku usaha kecil dan menengah.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mewaancarai Pelaku Usaha Mikro dan Menengah dalam menjalankan motivasi, kinerja bisnis dan kesejahteraan dengan adanya Covid-19. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive, informan untuk penelitian ini beberapa UMKM yang dipilih peneliti. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Metode analisis data mencakup reduksi data, penyajian data (data display), kesimpulan.
Hasil Peneliian menunjukkan: 1) Motivasi bisnis para pelaku UMKM menurun karena dipatahkan oleh keadaan. Sehingga semangat untuk bekerja tidak seperti hari-hari biasanya, karena pelanggan enggan untuk keluar rumah, takut berinteraksi dengan manusia. 2) Kinerja dalam suatu UMKM tetap berjalan tapi tidak maksimal yaitu dengan kondisi covid-19. Karyawan juga sedikit takut dan pembeli juga takut keluar rumah. Dan kayawan pernah diliburkan sekitar sekaligus kita pernah tutup juga hampir satu minggua karna kondisi ini. Jadi dalam situasi covid-19 ini menjadikan kinerja karyawan juga menurun karena selain takut berinteraksi dengan pelanggan juga mereka tidak nyaman dengan seperti era new normal harus memakai masker dan jaga jarak yang tidak biasa orang lakukan sebelum-sebelumnya. 3) Seperti hasil observasi peneliti bahwa Kesejahteraan sangat memprihatinkan karna ketika kami tidak berjualan kami hanya diam dan makan sehari-hari memakai uang penghasilan kemarin. Dan bantuan dari pemerintah kabupaten juga tidak ada.
References
Abdul Aziz, Etika Bisnis Perspektif Islam, Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 46.
Ahmad, Mustaq Etika Bisnis dalam Islam. (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar)2001
Alfis, Pegawai Macarina Jember, Jember 25 Desember 2020
Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI. 1985
Apolonaris,dkk “Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keunagan Pada UMKM Amungme dan Kamoro”.Vol 5. 2016
Bachtiar Rifa’I, EfektifitasPemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, Vol 1, No. 1, ISSN 2303-341X, di akses pada 17 Januari 2017
Badroen, Faishal dkk. Etika Bisnis Dalam Islam,(Jakarta : Kencana) 2007
Basyir, Ahmad Azhar. Asas-Asas Hukum Mu`amalat.(Yogyakarta : UII Press) 2000
Dedik, Pemilik Tenan Pujasera Ruang Micro Jember, Jember 25 Desember 2020
Etik dan Diah, Pelanggan Pujasera Ruang Micro Jember, Jember 25 Desember 2020
Fadilah, Haris. 2012. Pengembangan Usaha. Tersedia pada http://harrisfadilah.wordpress.com/2012/04/17/pengembangan-usaha/. Diakses pada tanggal 19 Agustus 2013.
Fahrudin Sukarno, Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam. AL Azhar Freshzone Publishing. 2013. h.19
Faisal Badroen, dkk, Etika Bisnis dalam Islam (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005), h. 61-62
Ferra Pujiyanti, Rahasia Cepat Menguasai Laporan Keungan Dalam Sekejap Otodidak Tanpa Guru Khusus Untuk Perpajakan & UKM, Lembaga Pustakan Indonesia, 2015, h.68.
Fitri Amalia, “Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil”,JurnalAl-Iqrishad, Vol. 6, No. 1,(November 2013)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). that allows others to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material.
This work is licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)