PENGEMBANGAN KURIKULUM MA’HAD ALY DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN BALETBARU SUKOWONO JEMBER

  • MUCHAMMAD FADLLIN ALI RIDLO UIN KHAS JEMBER
Keywords: Pengembangan Kurikulum, Ma’had Aly

Abstract

Abstrak. Ma’had Aly merupakan pendidikan yang fokus pengajarannya mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu agama dalam rangka pengkaderan generasi muslim yang fakih dalam ilmu-ilmu alat dan agama. Dalam proses, implementasi maupun pada tataran evaluasi pengajarannya, Ma’had Aly mengoptimalkan semua aspek yang harus dikembangkan oleh setiap peseta didik, yaitu aspek kognutif, afektif, dan psikomotorik. Lingkungan sengaja dibuat dan didesain untuk membentuk, menguatkan, ataupun memperbaiki secara teru s menerus karakter, cinta ilmu, termasuk tafaqquh fiddin. Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember merupakan salah satu di antara Ma’had Aly yang cukup berhasil dalam pengembangan kurikulum untuk meningkatkan ketiga aspek di atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan empat komponennya, yaitu: tujuan, materi, metode dan evaluasi kurikulum Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember. Pengembangan kurikulum ma’had Aly Nurul Qarnain Baletbaru Sukowono Jember mmeuat empat hal, yaitu: (1) Kurikulum Ma’had Aly Nurul Qarnain disusun dan dikembangkan dengan tujuan sebagai lembaga untuk mencetak pakar fikih yang mampu mengintegrasikan khazanah pesantren sebagai ciri khas Islam nusantara dan keilmuan modern khas perguruan tinggi dengan Program Studi Fikih dan Ushul Fikih berlandaskan bahan ajar kitab-kitab kuning (turats) karya ulama salaf maupun modern. (2) Materi kurikulum Ma’had Aly Nurul Qarnain memuat struktur dan bahan ajar kurikulum. Struktur kurikulum mengacu pada visi, misi dan tujuan yang meliputi substansi pembelajaran. Kurikulum disusun dengan berbasis kompetensi bertujuan untuk menjaga keluasan, kedalaman, koherensi dan penataan mata kuliah yang tercantum dalam mata kuliah kompetensi dasar. Matakuliah kompetensi dasar terdiri dari empat kelompok, yaitu: pertama, kelompok mata kuliah takhassus; kedua, kelompok mata kuliah pelengkap; ketiga, kelompok mata kuliah praktikum dan; keempat, kelompok mata kuliah mandiri. Bahan ajar didesain dengan menggunakan  pendekatan sekuens kausalitas, sekuens hierarki dan sekuens struktural dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan tingkat semester. (3) Metode pengajaran di Ma’had Aly Nurul Qarnain menggunakan pendekatan humanistik, metode ekspositori, metode hafalan, metode musyawarah, program pengabdian masyarakat. (4) Evaluasi kurikulum peserta didik dilaksanakan melalui peroses belajar mengajar, seperti ujian tertulis, hafalan, ujian lisan, maupun praktik. Evaluasi pengurus maupun pengajar melalui sidang kuartal hingga pengambilan keputusan di dalam evaluasi dilakukan dengan cara musyawarah mufakat.

Published
2021-11-18