Integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika kelas IV di MIN 3 Jember
Abstract
ABSTRAK
Laela Fitriani, 2022. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember”. Proposal Tesis, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana IAIN Jember. Pembimbing: I (Dr. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I.), Pembimbing II (Dr. Hj. Umi Farihah, M.Pd.).
Kata Kunci: Integrasi, Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Matematika
Karakter merupakan fondasi utama dalam membangun pendidikan yang berkualitas. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut institusi sekolah memiliki peranan yang tidak hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja tetapi lebih kepada pembiasaan karakter yang baik dan pembinaan peserta didik sebagai generasi penerus keberlangsungan kehidupan bangsa. Agar dapat memenuhi pendidikan yang berkarakter maka diperlukan integrasi nilai-nilai karakter ke dalam setiap pembelajaran. Melalui integrasi tersebut, diharapkan guru dan peserta didik dapat melaksanakan proses pembelajaran agar sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri.
Fokus penelitian dari integrasi nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran Matematika adalah (1) Bagaimana perencanaan integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika kelas IV di MIN 3 Jember?, (2) Bagaimana pelaksanaan integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika kelas IV di MIN 3 Jember? dan (3) Bagaimana evaluasi integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika kelas IV di MIN 3 Jember?
Tujuan dari integrasi nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran Matematika adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika kelas IV di MIN 3 Jember. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika kelas IV di MIN 3 Jember. (3) Mendeskripsikan evaluasi integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika kelas IV di MIN 3 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Matthew B. Miles and A. Michael Huberman & Johnny Saldana dengan langkah data condensation, data display, drawing and verifying conclusions. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika pada 1) Perencanaan diterapkan dengan membuat silabus dan RPP, 2) Pelaksanaan pembelajaran terlaksana pada nilai-nilai karakter religius, disiplin, tanggung jawab, teliti, kreatif, jujur, menghargai, rasa ingin tahu dan percaya diri, 3) Evaluasi menggunakan pengamatan perilaku peserta didik dalam pembelajaran di kelas dan di luar pembelajaran.