PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA

  • mahrus zainul umam afiliasi
Keywords: pendidikan akhlaq, kenakalan siswa, deskriptif kualitatif

Abstract

Dalam era milenial, salah satu tantangan bagi dunia pendidikan adalah menyeimbangkan aspek-aspek yang penting seperti : jasmani maupun rohani, duniawi maupun ukhrawi. Dalam konteks ini sudah barang tentu pendidikan  keagamaan dan khususnya pendidikan akhlaq adalah hal yang sangat penting, sebab dalam bentuk proses pendidikan yang bagaimanapun, akhlaq adalah penentu berhasil tidaknya suatu pendidikan yang diselenggarakan.

Untuk membentuk moral yang baik, dan budi pekerti luhur, perlu adanya bimbingan pendidikan dan pengawasan dalam bidang keagamaan. Sebab, pendidikan akhlaq telah di ajarkan Allah dan dicontohkan Rasulullah SAW, untuk membimbing manusia agar tidak terperosok dalam jurang kemusyrikan dan kerusakan moral yang berkepanjangan. Agama diturunkan untuk meluruskan akhlaq ataupun perilaku manusia dan segala bentuk kehidupan.

Remaja adalah generasi bangsa, tanpa kehadiran setiap remaja, maka bangsa akan kehilangan pemimpin selanjutnya untuk menggantikan setiap pemimpin yang lama. Oleh karena itu, maka sangat besar sebenarnya peranan, tugas, dan tanggung jawab setiap remaja dalam membangun bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan lebih baik lagi. Hanya saja, sebagian besar remaja pada saat ini tidak memahami seberapa pentingnya mereka di dalam pembangunan bangsa ini. Sering kali mereka banyak menyia-nyiakan masa depan mereka dengan berbagai kegiatan yang tidak berguna sama sekali.

Kenakalan remaja merupakan salah satu problem yang senantiasa muncul di tengah-tengah masyarakat. Masalah tersebut hidup, berkembang dan membawa akibat- akibat tersendiri sepanjang masa yang sulit dicari ujung pangkalnya, sebab pada kenyataannya kenakalan remaja telah merusak nilai-nilai susila, nilai-nilai ajaran serta merusak nilai-nilai hukum.

Kenakalan remaja yang sering kali terjadi di masyarakat merupakan bentuk- bentuk perbuatan menyimpang seperti gank motor, pelecehan seksual, minum-minuman keras, penggunaan obat-obatan terlarang, penodongan, narkotika dan lain sebagainya. Tentu saja problem seperti ini sangat bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional serta dapat menghambat cita-cita bangsa dan agama. Maka melalui kajian deskriptif kualitatif kita akan mengetahui pendidikan akhlaq dalam mencegah kenakalan siswa.

Published
2022-04-21