Pengaruh Pendekatan Etika Bisnis Islam Dan Garansi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Handphone Di WTC Banyuwangi

  • Akhyar Syafa'at Ekonomi syariah
  • Ahmad Afif
Keywords: pengaru, pendekatan, etika bisnis islam, kepuasan, loyalitas

Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap berbagai produk semakin berkembang seiring berubahnya pola dan gaya hidup masyarakat modern. Salah satu objek transaksi jual beli yang berkembang saat ini adalah handphone dengan berbagai merek, varian dan tipe. Hal ini disebabkan berkembangnya teknologi informatika dan internet yang semakin canggih menyebabkan progres teknologi handphone ini semakin maju. WTC adalah pusat penjualan barang elektronik di Banyuwangi yang menerapkan etika bisnis Islam dan memberikan garansi pada setiap barang yang dijual guna membangun kepuasan pada konsumen yang nantinya akan menimbulkan loyalitas terhadap pelanggan.
Fokus penelitian dalam tesis ini terbagi yaitu: 1) Apakah pendekatan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Handphone pada WTC Banyuwangi. 2) Apakah garansi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Handphone pada WTC Banyuwangi 3) Apakah pendekatan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Handphone pada WTC Banyuwangi 4) Apakah garansi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Handphone pada WTC Banyuwangi 5) Apakah kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Handphone pada WTC Banyuwangi. Hasil analisis menunjukkan variabel etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,652 bernilai positif. Variabel garansi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,203 bernilai positif. Variabel etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan (Standardized Coefficients) 0,645 bernilai positif. Variabel garansi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan (Standardized Coefficients) 0,026 bernilai positif. Variabel kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dengan (Standardized Coefficients) 0,297 bernilai positif.

References

Abdul Aziz, Etika Bisnis Perspektif Islam, (Bandung: Alfabeta, 2013)
Abul Hasan Asy’ari. Pengaruh Distribusi, Layanan Purna Jual, Citra Merek Dan Fanatisme Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Mobil Merek Toyota Di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Jilid 4 Nomor 3ISSN ONLINE 2615-2134 (November 2018)
Ahmad Mardalis, “Meraih Loyalitas Pelanggan”, Benefit, No.2, Vol.9, (2 Desember 2005)
Ahmadi Miru dan Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)
Adrian Sutedi, Tanggung Jawab Produk (dalam Hukum Perlindungan Konsumen), (Bogor : Ghalia Indonesia, 2008)
Aisyah BM, Antara Akhlak Etika dan Moral (Cet, I. Makassar: Alauddin University Press, 2014)
Andayani Waroeng Steak N Djawa, Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, Vol. 5 No,1 (2018)
A. Riduwan Dan Achmad Kuncoro Engkos, 2013, Cara Mudah Menggunakan Dan Memakai Path Analisis (Analisis Jalur), (Bandung: Alfabeta)
Arikunto,Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Budi Prabowo. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Astra Surabaya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol.8 No.2 (Oktober 2008)
Cholid Narbuko, Ahmadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Dahmiri , Sylvia Kartika wulan Bhayangkari, Pengaruh Store Atmosphere, Etika Bisnis dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisni,Vol,11,No,1, ISSN 2580-6882 (Online), (2020)
Deni Darmawan, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)
Departemen Agama RI, Al-Qur‟an Dan Terjemahannya, (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah, 2002)
Dewi Victoria Endang Ruswanti Farichah. Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Surya Toto Indonesia Tbk, Journal of Business and Banking, Volume 4, No. 2 pages 153 – 164, No. 2 ISSN 2088-7841 ( November 2014)
Dwi Priyatno, 2012, “Belajar Praktis Analisis Parametik Dan Non Parametik Dengan SPSS Cet.Pertama”, (Yogyakarta : Gava Media)
Eko Budi Utomo, Fuad Achmadi,(2018) Pengaruh kepuasan konsumen terhadap pemberian garansi laptop menggunakan model KANO-QFD (Quality Function Deployment). Jurnal Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Vol. 97.No. 3 Pebruari 2018, ISSN: 2085-4218
Fandy Tjiptono, Pemasaran Stratejik (Yogyakarta: Andi, 2008)
Hendri Suparto. Analisis Pelayanan Purna Jual Produk Ponsel Evercoss Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan . Vol.13 No.2 ISSN : 0853 – 2516 (2014)
Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing (Bandung: Mizan, 2006)
Husein Umar, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi Dan Thesis Bisnis, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)
Idris, Hadis Ekonomi, Ekonomi Dalam Persepektif Islam Hadis Nabi(Cet, ke. I, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)
Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2005)
Imam Suroso, 2014, “Panduan Praktikum Komputer Program SPSS Versi 14.00”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Program Magister Manajemen, Surabaya.
Ismawati Asmi, Srianti Permata, Tinjauan Etika Bisnis Islamdala Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pusat Kuliner Di Jalan Tondong Kecamatan Sinjai Utara, ADZ DZAHAB Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 2, No. 1, ISSN (online) : 2751-1905, (2020)
Johan Santoso, Nugroho Alamjaya Sutjipto, Persepsi Konsumen Terhadap Membership Card Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Di Narita Hotel Surabaya, Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol.1 No.1 (2013)
Juliansyah Noor, 2017, Metode Penelitian; skripsi,Tesis, Desertasi dan Karya Ilmiah,(Jakarta:Kencana)
Ketut Swarjana, Metodologi Penelitian Kesehatan, (Yogyakarta:ANDI,2015), Hal. 49
Kotler, Philip dan A.B Susanto..Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). (Jakarta, Salemba Empat, 2000)
Lia Indah Wahyuni, Sri Wahyuni, Joko Widodo. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Pada Kartu Prabayar Simpati Telkomsel. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Volume 12 Nomor 2 ISSN 1907-9990 E-ISSN 2548-7175 (2018)
Malayu Hasibuan, Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas, (PT Bumi Askara, 2010)
Mardani, Hukum Sistem Ekonomi Islam, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2015)
Masyuri Machfudz, Metodologi Penelitian Ekonomi, (Malang: Genius Media, 2014)
Moh. Mukri, Aplikasi Konsep Maslahah al-Gazali pada Isu-isu Hukum Islam Kontemporer di Indonesia (Yogyakarta : Idea Press Yogyakarta, 2012)
M. Satrio Budi Santosa, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Yakult di Wonosobo”, Jurnal FE UPN Veteran Yogyakarta.
Muhammad Fahmul Iltiham dan Danif, Penerapan Konsep Etika Bisnis Islam pada Manajemen Perhotelan di PT. Syariah Guest House Malang, Jurnal Malia, Vol. 7, No. 2, (Juni, 2016)
Muhammad Iklil, Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Di Ras Sablon Desa Weru Lor Cirebon, Jurnal Syntax Admiration, Vol. 1 No. 1 (Mei 2020)
Muhammad Syakir Sula,” Asuransi Syari’ah : Konsep Dan Sistem Oprasional “. (Jakarta Gema Insani Pres, 2004)
M. Umer Chapra, Islam and the Economic Challenge, (Leicester: The Islamic Foundation, 1992 M)
Nanang Andhiyan, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Suplemen Impor dari USA di Kabupaten Bantul”, Jurnal JBMA, No.1, Vol.1, (Agustus 2012)
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)
Nerys Lourensius L. T. Dan Th. A. Radito, Analisis Pengaruh Merek, Kemasan, Garansi Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Air Mineral Dalam Kemasan Aqua, Jurnal Bisnis Manajemen Akuntansi, Vol. VI, No. 2, ISSN : 2252-5483,( September 2019)
Niki Lukviarman, Etika Bisnis Tak Berjalan di Indonesia: Ada Apa Dalam Corporate Governance?), Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 2, No. 9, (Desember, 2004)
Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Jakarta: Kencana, 2010)
Peter Salim,Yenny Salim.Kamus bahasa Indonesia kontemporer,(Yogyakarta; Modern English pressm edisi pertama:1991)
Philip kottler & Keller, Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga, 2008.
Philip Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi Kedua belas, (Jakarta: Indeks, 2007)
Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, (Bandung: Alfabeta, 2015)
R. Lukman Fauroni, Etika Bisnis dalam Al-Qur’an, (Yogyakarta : Pustaka Pesantren, 2006)
Robert D. Mason, Douglas A. Lind, Ellen Gunawan sitompol Dkk, Teknik Statistik Untuk Bisnis & Ekonomi, (Jakarta : Erlangga, 2017)
Sofjan Assauri, MBA ,Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT raja GrafindoPersada, 2015
Solimun, Adji Achmad Rinaldi, Nurjannah,2017, Metode Statistika Multivariat, (Malang; UB Press)
Sugiyono,2014, Metode Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, (Bandung: Alfabeta)
Tim Penyusun Pusat Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (Jakarta: BalaiPustaka, 2007), hlm.156 http://id.wikipedia.org/wiki/Garansi/2009/01/02 diakses pada tanggal 26 April 2020, Wikipedia Indoesia, “Garansi”
Veitzal Rivai dan Antoni Nizar Usman, Islamic Economics and Finance, (Jakarta: Gramedia Pustaka, 2012)
Wahyu Mijil Sampurno, Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya terhadap Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga, Journal of Islamic Economics Lariba, Vol. 2, (2016)
Zulfikar, Manajemen Riset Dengan Pendekatan Komputasi Statistika, (Yogyakarta: Deepublish, 2014)
Published
2021-12-31