Penguatan Daya Saing Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri Melalui Mutu Produksi dan Pemasaran

  • Ahmad Afif
  • Sri Wahyunita pascasarjana iain jember
Keywords: Strategi, Penguatan Daya Saing, AMDK

Abstract

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri beroperasi sejak tahun 2012. AMDK Al Qodiri terus berkembang dari yang semula hanya ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan air minum jamaah pengajian Manaqib di Pondok Pesantren Al-Qodiri menjadi jauh lebih luas dengan melayani konsumen umum. Dibawah pengelolaan oleh CV. Seven Dream Al Qodiri menjadi PT. Tujuh Impian Bersama sejak tahun 2015. Inovasi dan kualitas produk menjadi fokus utama dalam meyediakan produk bagi konsumen yang saat ini tidak hanya di wilayah Kabupaten Jember saja akan tetapi telah meluas di beberapa kabupaten di wilayah Jawa Timur. AMDK Al Qodiri bukanlah satu-satunya produsen AMDK yang ada di Kabupaten Jember. Melainkan banyak usaha yang sejenis dengan tujuan yang sama yaitu produk lokal yang bisa diterima wilayah Kabupaten Jember itu sendiri maupun luar kabupaten Jember. AMDK Al Qodiri sangat mudah diterima oleh masyarakat karena memiliki strategi produk yang berbeda. Terutama dari segi mutu produk dan dari segi pemasarannya. Dengan melihat fenomena ini, penulis tertarik lebih lanjut untuk menganalisa dengan mengacu pada fokus penelitian sebagai berikut: bagaimana proses produksi AMDK Barokah Al-Qodiri?, Bagaimana strategi penguatan daya saing dari segi mutu?, dan Bagaimana strategi penguatan daya saing dari segi pemasaran? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penguatan daya saing yang dilakukan oleh PT. Tujuh Impian Bersama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa dengan metode deskriptif dan keabsahan menggunakan trianggulasi.

References

Sula, Muhammad Syakir dkk, 2007, Marketing Syariah (Bandung: Mizan)
Arikunto Suharsini, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT Rineka Cipta).
Faisal Badroen, Suhendra, Ahmad D. Bashori, dan Arief Mufraini, 2005, Etika Bisnis dalam Islam, (Jakarta: UIN Jakarta Press).
Arikunto, 2006, Prosedure Penelitian Pendekatan Praktik (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006).
Arifin, Johan, 2007. Fiqh Perlindungan Konsumen. Semarang, Rasail.
Cravens, David W. 1996. Pemasaran Strategi Jilid I. Jakarta. Erlangga
Departemen Agama RI, 2009, “Al-Qur‟an dan Terjemah”, (Bandung : Jabal).
Fandy, T. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Andi
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta. Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I. Jakarta. Erlangga
Nadzir, Muhammad. 1983. Metode Penelitian Indonesia. Ghalia Indonesia.
Muslich. 2010. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta. Ekonosia Fakultas Ekonomi UII.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Porter, Michael E. 1994. Keunggulan Bersaing. Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta. Binarupan Aksara.
Rivai, Veitzhal MBA, dkk.2006. Credit Management Hand Book: Teori, Konsep, Prosedur, dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir & Nasabah. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Keegan, Warren J. 2003. Managemen Pemasaran Global. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Strategik, Orgnisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta. Gajahmada University Press.
Porter, Michel E. 2001. Competitive Advantage, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia Jakarta.
Arikunto Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013).
Ishak, Mohd Shuhaimi Bin haji, dkk. 2012. Islamic Perspective on Marketing Mix.Jurnal Of Scientific Research
Published
2021-12-31