Pengaruh Label Halal, Brand, Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Kosmetik (Studi Produk Kosmetik Wardah Dan Produk Kosmetik MSI)

  • Niesfi Laily Rahman UIN KHAS Jember
  • Abdul Rokhim
  • Abdul Wadud Nafis
Keywords: Label Halal, Brand, Harga, Keputusan Konsumen

Abstract

Abstrak

Kabupaten Jember merupakan salah satu kota yang masyarakatnya membutuhkan perawatan kulit khususnya perawatan wajah agar terhindar dari paparan sinar martahari, karena iklimnya yang tropis Peneliti mengkomparasikan dua produk dari yang berlabel halal yaitu produk kosmetik wardah dan produk kosmetik MSI yang masih belum terdaftar label halal. Dengan demikian peneliti dapat membandingkan secara spesifik dalam menentukan faktor yang sangat berpengaruh terhadap minat konsumen di kabupaten Jember dalam menentukan keputusan pembelian baik dari pilihan brand, harga, ataupun kesadaran label halal.

Label halal merupakan pencantuman pernyataan halal pada kemasan produk yang diperoleh setelah mendapatkan sertifikat halal untuk menunjukan bahwa produk yang dimaksud berstatus sebagai produk halal. Sertifikasi dan labelisasi halal bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan terhadap konsumen. Adapun brand  untuk mengidentifikasikan barang serta membedakannya dari barang atau jasa yang dihasilkan para pesaing. Mekanisme penentuan harga dalam Islam sesuai dengan Maqasid asy-syariah yaitu merealisasikan kemaslahatan dan menghindari kerusakan di antara manusia.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research yang bertujuan menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung variabel label halal, brand, dan harga terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk kosmetik (studi produk kosmetik wardah dan produk kosmetik MSI). Jenis populasi konsumen di kabupaten Jember khususnya di kecamatan Ledokombo, pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu pengambilan sampel yang memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dengan penentuan jumlah sampel yang representative, pada penelitian terdapat 100 responden. Alat analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dengan bantuan software (SPSS) versi 21. Hasil analisis menunjukkan variabel label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,185. Variabel brand berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,366. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,424. Variabel label halal, brand, dan harga secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,000.

References

Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan penelitian Kuantatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Ambadar, Jackie. Miranty Abiding dan Yanti Isa. 2007. Mengelola Merek. (Jakarta: YBKM).
Amin, Ma’ruf, Ichwan dkk. 2015. Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Bidang POM dan IPTEK. (Jakarta: Emir).
Anggraeni, Maya. 2016. Pengaruh Persepsi Label Halal, Citra Merek (Brand Image), dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Ulang Produk.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (PT. Rineka Cipta).
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada).
Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan, Berita Perdagangan, dalam www.kemendag.go.id, (1 Mei 2017).
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Burhanuddin. 2011. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal.(Malang, UIN Maliki Press).
Evangelista, Sevana. 2017. Upaya BPOM Dalam Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Illegal Ditijau Dari Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK. 00.05.4.1745 Tentang Kosmetik, Tesis. (Medan: Universitas Medan).
Hasan, Sofyan. 2014. Sertifikasi Halal dalam Hukum Positif. (Yogyakarta: Aswaja Pressindo).
Hijriah, Nur. 2018. Pengaruh Label Halal pada Produk Kosmetik Terhadap Keputusan Membeli. Thesis.
https://jemberkab.bps.go.id/statictable/2015/03/12/64/jumlah-penduduk-kabupaten-jember-hasil-sensus-penduduk-tahun-2010-menurut-kecamatan-.html
Konsumen, Yayasan Lembaga. 1981. Perlindungan Konsumen Indonesia, Suatu Sumbangan Pemikiran Tentang Rancangan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. (Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen).
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran edisi- 12. (Jakarta: PT Indeks).
Miru, Ahmadi. 2011. Prinsip-Prinsip Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Di Indonesia. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).
Mualimah, Siti. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kecantikan Sariayu Berlabel Halal. Jurnal.
Muflih, Muhammad. 2006. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada).
Pande, Ni Putu Januaryanti. 2017. Perlindungan Konsumen terhadap Produk Kosmetik Impor yang Tidak Terdaftar di BPOM Denpasar. Jurnal. Denpasar: Universitas Udayana.
Qardhawi, Yusuf. 2007. Halal dan Haram dalam Islam. (Surakarta: Era Intermedia).
Ratnawati. 2013. Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah.
Roza, Elvina. 2018. Peran Balai POM Dalam Menanggulangi Peredaran Kosmetik Illegal (Studi Di BBPOM Bandar Lampung).
Shidarta. 2000. Hukum Perlindungan Konsumen. (Jakarta: Grasindo).
Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. (Surabaya: Pustaka Utama).
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. (Bandung : Alfabeta).Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). (Bandung: Alfabeta).
Suroso, Imam. 2014. Panduan Praktikum Komputer Progam SPSS Versi 14.00. (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika: Program Magister Surabaya).
Susanto, A.B. dan Himawan Wijanarko. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. (Jakarta: PT. Mizan Publika).
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kulitatif. (Surakarta: UNS Press).
Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar. 2004. Metodologi Penelitian Sosial. (Jakarta: PT. Bumi Aksara).
Wijanarko, A.B. Susantodan Himawan. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. (Jakarta: PT. Mizan Publika).
Published
2021-12-31