Optimalisasi Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Disiplin di Madrasah Ibtidaiyah

  • Nur Fitriyah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Annisa Dzikro Afifah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: Peran Guru, Disiplin, Karakter

Abstract

ABSTRACT

Strengthening the character of discipline in school environment is very necessary because many cases that show students today who are often late for school, skipping class, or not doing homework this behavior is often done by students who have reached grade IV. already in grade IV. So it takes the role of the teacher in the formation of this discipline character, the teacher can also apply it to the Education it to the subject of Citizenship Education subject. The purpose of this article is to find out (1) The role of the teacher in the formation of the (2) Factors that influence the formation of students' disciplinary character (3) Efforts made by teachers in shaping students' disciplinary character. Efforts made by teachers in shaping students' disciplinary character. This research method using a qualitative approach approach method, namely literature study or literature study. Technique data collection technique by collecting several previous studies to find out the role of teachers in shaping the character of discipline in grade IV students at Madrasah Ibtidahiyah. The results of this study can be concluded that the role of teacher's role in shaping the character of student discipline is very influential where teachers not only as educators but also as role models for students both inside and outside the classroom. students both in the classroom and outside the classroom.

 

Keywords: Discipline, Character Students, The Role of Teacher

 

 

ABSTRAK

Penguatan karakter kedisiplinan di lingkungan sekolah sangatlah perlu dilakukan karena banyak kasus yang menunjukkan para pelajar sekarang  yang sering terlambat ke sekolah, membolos, atau tidak mengerjakan pekerjaan rumah perilaku ini sering dilakukan pada siswa yang sudah meninjak kelas IV. Maka dibutuhkan peranan guru dalam pembentukan karakter kedisiplinan ini, guru juga dapat menerapkannya pada  mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan artikel ini untuk mengetahui (1) Peranan guru dalam pembentukan karekter kedisiplinan siswa (2) Faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter disiplin siswa (3) Upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu penelitian studi kepustakaan atau studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk mengetahui peranan guru dalam penbentukaan karakter kedisiplinan pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidahiyah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan guru dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa sangatlah berpengaruh dimana guru bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai teladan bagi siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Kata Kunci: Kedisiplinan, Karakter Siswa, Peranan Guru

References

Chan, Faizal, Agung Rimba Kurniawan, Lia Gusti Melinda, Rattu Priantini, Zubaiedah Zubaedah, Siti Reni Suharti, and Siti Khodijah. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai.” PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar 4(2):137–45. doi: 10.24903/pm.v4i2.405.
Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.” At-Tafkir 11(1):85–99. doi: 10.32505/at.v11i1.529.
Faqihuddin, Ahmad. 2021. “Building Character in Islamic Education Perspective Membangun Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Ahmad Faqihuddin | Membangun Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam 12(2):372. doi: 10.34005/alrisalah.v12i2.1504.
Fitriyah, Ibadanatal. 2018. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter DIisiplin.” Skripsi 45–46.
Imtikhanah, Mawadatul, Fakultas Ilmu, Tarbiyah Dan, Universitas Islam, and Negeri Walisongo. 2023. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas IV Di MI Uswatun Hasanah Tugu Semarang.”
Julaiha, Siti. 2019. “Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 6(3):179–90. doi: 10.21093/twt.v6i3.1734.
Karso. 2019. “Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019 384.
Krisnawanti, Apriliana. 2016. “Kerjasama Guru Dengan Orang Tua Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sd Negeri Gembongan.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 18 118:1.724-1.736.
Muhaimin, Muhaimin, A. Hari Witono, and Ilham Syahrul Jiwandono. 2021. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 42 Ampenan.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 5(2):186. doi: 10.26858/jkp.v5i2.18883.
Nantara, D. 2022. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Di Sekolah Dan Peran Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6:2251–60.
Nikky Anisha, Nikky Anisha, Kustiarini Kustiarini, and Dita Purwinda Anggrella. 2021. “Analisis Penerapan Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Selama Pandemi COVID-19.” JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) 1(2):43–53. doi: 10.22515/jenius.v1i2.3657.
Novi, Mulyani, and Nur Atik. 2022. “Jurnal Kependidikan Jurnal Kependidikan.” Jurnal Kependidikan 7(2):19–27.
Pribadi, R. A., Y. Istikomah, and M. E. P. Hutagalung. 2021. “Proses Penguatan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Siswa Melalui Penegakan Peraturan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:9136–42.
Putri, Devy Nur Pika, and Moch. Bahak Udin By Arifin. 2022. “Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 5(2):176–89. doi: 10.31538/almada.v5i2.2517.
Rahmat, Nur. 2010. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas Di SD N 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur.” 2(2):156–73.
Rahmat, Nur, Sepriadi Sepriadi, and Rasmi Daliana. 2017. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas Di Sd Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2(2). doi: 10.31851/jmksp.v2i2.1471.
Rif’iyati, Dian, and Riyatun. 2020. “Al-Mafahim : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah.” Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(2):1–10.
Rifki, Ahmad Wildan. 2022. “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah.” Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 2(2):46–51. doi: 10.56393/didactica.v2i2.1148.
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari, Program Studi, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. 2021. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):7158–63.
Sanjaya, Putu. 2019. “Pentingnya Moralitas Sebagai Landasan Dalam Pendidikan.” Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya 3(1):42–49.
Subianto, Jito. 2013. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2):331–54. doi: 10.21043/edukasia.v8i2.757.
Suriansyah, Ahmad, and . Aslamiah. 2015. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2):234–47. doi: 10.21831/cp.v2i2.4828.
Uge, Sarnely, Wa Ode Lidya Arisanti, and Hikmawati Hikmawati. 2022. “Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6(2):460. doi: 10.30651/else.v6i2.13671.
Published
2024-12-30
How to Cite
Fitriyah, N., & Afifah, A. D. (2024). Optimalisasi Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Disiplin di Madrasah Ibtidaiyah. JESE: Journal of Elementary School Education, 1(02), 74-83. Retrieved from https://jurnalpasca.uinkhas.ac.id/index.php/JESE/article/view/2228