Pengaruh Pengaruh Progam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Melatih Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar

:

  • Dyah septi andini Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Dya Ayu Agustiana Putri Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Frita Devi Asriyanti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
Keywords: Gearakan Literasi Sekolah, analisis, minat baca

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Progam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meltih minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desan quasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest. Data diperoleh dari 70 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (yang mengikuti GLS) dan kelompok kontrol (yang tidak mengikuti GLS). instrumen yang digunakan adalah angket minat baca dengan validitas dan reabilitas yang telah teruji menggunakan aplikasi JAMOVI 2.3.28. Analisis menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi dengan koefisien Cronbach’s Alpha sebesar 0,995 dan validitas yang memadai. Berdasarkan hasil uji statistic, terdapat peningkatan signifikan dalam minat baca siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok control setelah implementasi progam GLS (p< 0,001). Hasil ini menunjukkan bahwa GLS memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan minat baca siswa. Penelitian ini mendukung pentingnya penerapan progam literasi di sekolah dasar untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi siswa.

 

References

Aryani, w. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 71-82.
Astawan, I. G., Rawin, S. C., & Sudiana, I. N. (2023). peran budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia , 2613-9553.
Fitriati, S., Apriliya, S., & Ganda, N. (2024). Analisis program GLS (gerakan literasi sekolah) pada tahap pembiasaan di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 101-107.
Heryadi, Y., & Anriani, N. (2023). Budaya Literasi melalui Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 3717-3723.
Nabilah, N. Z., Nensilianti, & Usman. (2023). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di SDN Unggulan Bontomanai. Indonesian Languange Teaching & Literature Journal, 32-45.
oktaviani, Y., Rasiman, reffiane, f., & Suprihatini, G. (2023). Analisis Proses Pembiasaan Literasi Terhadap Minat Baca Peserta didik sdn gajahmungkur 04. jurnal pendidikan dan konseling, 2287-2290.
Rokmana, Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). peran budaya literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. journal of student research (jsr), 129-140.
Simamora, N., Manurung, A. A., Sinaga, Y. B., Siregar, E. A., Manurung, R. G., Herman, & Sinaga, J. A. (2023). Analisis Budaya Literasi dalam Mengembangkan Minat Membaca di Sekolah Dasar Negeri 154500 Aek Tolang. journal on teacher education, 196-203.
Srihartati, Y., Husniati, & Nisa, K. (2023). Hubungan Program Literasi Dasar Dengan Minat Baca Siswa. Journal of Classroom Action Research, 168-175.
Ulandari, S. N., Alam, S., Haliza, S. N., & Fatimah, W. (2023). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Sd Inpres Antang I. Jurnal Elementaria Edukasia, 1231-1239.
Published
2025-06-12
How to Cite
andini, D., Agustiana Putri, D. A., & Asriyanti, F. D. (2025). Pengaruh Pengaruh Progam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Melatih Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JESE: Journal of Elementary School Education, 2(01), 11-26. Retrieved from https://jurnalpasca.uinkhas.ac.id/index.php/JESE/article/view/2241