Mengasah Pemahaman Bacaan: Pembelajaran Identifikasi Peristiwa untuk Siswa Kelas V SD

  • Rezqy Ayu Devi Arafah Universitas Bakti Indonesia
  • Mu'tasim Fikri Universitas Bakti Indonesia
Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Keterampilan Menulis Siswa, Peran Guru

Abstract

The ability of fifth-grade students at SDI Puspa Bangsa Banyuwangi, Banyumas Regency, to comprehend and write about events in a reading passage remains a significant challenge. This study aims to explore how the learning process is implemented in teaching students to identify and articulate events in texts. Employing a qualitative research approach, data were collected through documentation, observation, and interviews. The findings reveal that the learning implementation and the teacher’s role are already well-executed. Teachers use song lyrics as examples to facilitate student understanding, and students are engaged in completing tasks and presenting their outcomes.

Keywords: Learning implementation, students’ writing skills, teacher’s role.

 

ABSTRAK

Kemampuan siswa kelas V B di SDI Puspa Bangsa Banyuwangi, Kabupaten Banyumas, dalam memahami serta menuliskan peristiwa-peristiwa dalam bacaan masih menghadapi berbagai hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam materi mengidentifikasi dan menuliskan peristiwa pada teks bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran serta peran guru sudah cukup optimal, antara lain dengan memanfaatkan teks lagu sebagai media contoh. Peserta didik terlibat aktif dalam menyelesaikan tugas dan mempresentasikan hasil kerja mereka.

Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Keterampilan Menulis Siswa, Peran Guru.

References

Creswell, John W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Educatio, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui 5W + 1H pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V.7(3), 1068–1074. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1336
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47–57.
Mustafidah, H., Suwarsito. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Purwokerto: UM Purwokerto Press.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ramadhan, G., & Indihadi, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Non-Fiksi Melalui Gambar Seri di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 178–188.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2025-06-13
How to Cite
Devi Arafah, R. A., & Fikri, M. (2025). Mengasah Pemahaman Bacaan: Pembelajaran Identifikasi Peristiwa untuk Siswa Kelas V SD. JESE: Journal of Elementary School Education, 2(01), 55-61. Retrieved from https://jurnalpasca.uinkhas.ac.id/index.php/JESE/article/view/2336