Revitalisasi Pendidikan Karakter Religius Siswa SD melalui Film Animasi Nussa dan Rara: Studi Literatur Sistematis
Abstract
Nussa and Rara are Islamic-themed animated films that consistently present various character education values in each episode. These films depict numerous actions that exemplify positive character traits. This study aims to explore how the Nussa and Rara animated series can serve as a medium for fostering the character development of elementary school students. The research employs the Systematic Literature Review (SLR) method, in which the researchers identify, analyze, assess, and interpret relevant scholarly articles by synthesizing findings from previously conducted and validated studies. A total of 17 articles were found to meet the established criteria and align with the research topic. The findings indicate a noticeable improvement in students' character after engaging with the Nussa and Rara films, attributed to their rich integration of character education values and Islamic teachings. Consequently, these films are considered effective educational tools for nurturing the religious character of elementary students.
Keywords: religious character building, Nussa and Rara, character education
ABSTRAK
Nussa dan Rara merupakan film animasi bertema Islami yang secara konsisten menyajikan berbagai nilai pendidikan karakter dalam setiap episodenya. Film ini menampilkan berbagai perilaku yang mencerminkan sikap positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana film animasi Nussa dan Rara dapat dimanfaatkan sebagai media dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), di mana peneliti mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, serta menafsirkan artikel-artikel ilmiah yang relevan dengan mengumpulkan hasil-hasil studi sebelumnya yang telah diuji dan dipublikasikan. Sebanyak 17 artikel memenuhi kriteria kelayakan dan relevansi dengan topik yang diteliti. Hasil kajian menunjukkan adanya perubahan karakter siswa secara signifikan setelah menonton film Nussa dan Rara, karena film ini mengandung banyak nilai-nilai pendidikan karakter dan ajaran agama Islam. Dengan demikian, film Nussa dan Rara dapat digunakan sebagai sarana edukatif dalam menanamkan karakter religius pada siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: pembinaan karakter religius, Nussa dan Rara, pendidikan karakter
References
Halimah, N., Robiansyah, F., dan Darmawan. (2021). Implementasi Amaliyah Yaumiyyah dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa: Studi Kasus di SDIT Al-Zahira Kota Serang. Jurnal Pendidikan Islam. 6 (2), 129-153.
Siswati., Utomo, C., & Muntholib, A. (2018) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. 6 (1), 1-13.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakterdalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan. 9 (3), 464-468.
Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 8 (2), 164-171.
Bakhruddin, M. (2020). Pembentukan Karakter Religius dalam Pendidikan Islam di Era Revolusi 4.0 Perspektif Geberasi Millennial. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
Ratna, A., & Hutasuhut, S. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa Dan Rara Terhadap Empati Anak Usia Dini Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4 (2), 1237–46.
Nuraini. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam (Rohis) Dalam Membina Karakter Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Air Putih Kec. Air Putih Kab. Batu Bara. Skripsi thesis. Sumatera: Universitas Islam negeri Sumatera Utara.
Triandiri., dkk. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems. 1 (2). 63.
Fardani, D. N., & Lismanda, Y. S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Film “Nussa”. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1 (2), 34-49.
Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021).Nilai Peduli sosial pada film animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 4 (1), 17-23.
Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 8 (2), 164-171.
Sayekti, A. N., Fajrie, N., Fardani, M. A. (2022). Nilai Religius Dan Toleransi Dalam Film Animasi “Nusa Dan Rara”. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 5 (1), 10-19.
Ramadhini, F. (2021). Analisis Nilai-Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Nusa dan Rara. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman. 9 (1), 53-68.
Hayati, M., Albantani, A. M., & Faridah, I. (2022). Nilai-Nilai Moral dalam Film Animasi Nusa dan Rara. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak. 2 (1), 37-48.
Latifah., Ni'mah, M., & Kiromi, I. H. (2023). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Nusa Dan Rara. Jurnal Buah Hati. 9 (2), 109-117.
Fitri, A. N. (2022). Moderasi Beragama dalam Tayangan Anak-anak: Analisis Isi Tayangan Nussa dan Rara Episode Toleransi. Jurnal SMART (Studi Masyarakat Religi dan Tradisi). 8 (1), 129-146.
Nahda, F. (2021). Analisa Pesan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Dalam Film Kartun Nussa Dan Rara (Nusa: Episode Compilation Vol. 15) Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 13. Skripsi. Jakarta: Institut Ilmu Al-Qur`An (IIQ).
Nuraini, C. (2019). Kedidaktisan Di Dalam Genre Fiksi Anak “Fiksi Realistik” (Film Pendek Berseri Nusa Dan Rara). Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 5 (2), 141-144.
Islamy, M. E. F. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Serial Film Nusa dan Rara dalam Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (4), 3515-3523.
Aulia, dkk. (2022). Pembentukan Karakter Anak Di Usia Dini Melalui Televisi Dalam Menonton Film Kartun Rara Dan Nusa Pada Episode “Jangan Tidur Setelah Subuh”. Journal of Community Service and Engagement. 2 (6), 43-54.
Sinulingga, N. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Kartun Islami Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam. 3 (2), 21-40.
Romadhon, V. P. (2022). Peran Media Pembelajaran Film Kartun Nussa Dan Rara Dalam Penanaman Pengetahuan Agama Islam Dan Budi Pekerti Anak Prasekolah Di Desa Goranggareng. Skripsi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Demillah, A. (2019). Peran film animasi nussa dan rara dalam meningkatkan pemahaman tentang ajaran islam pada pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. 3 (2), 106-115.
Ummami, N. N. (2019). Peran Film Animasi Nussa Dalam Penanaman Akhlak Siswa Kelas 2 SD Negeri Rejosari Pakis Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.