Telaah Kualitas Instrumen Evaluasi: Butir Soal Pilihan Ganda Buatan Guru di Sekolah Dasar
Abstract
In educational practice, teachers often prioritize the teaching and learning process over evaluation activities. In fact, evaluation plays a crucial role, both in assessing the outcomes and understanding the ongoing learning process. Through evaluation, educators can identify where errors occur. One of the most essential strategies teachers can use to gauge students’ academic performance and enhance the quality of assessments is through test and item analysis. This study adopts a quantitative descriptive research approach, aiming to evaluate the quality of test items used in madrasah ibtidaiyah (Islamic elementary schools). The instrument employed is an item analysis worksheet. Conducting item analysis is necessary to assess the quality of each question and the test as a whole across various aspects. The findings of this study are expected to support improvements in the quality of educational evaluation.
Keywords: test item quality, validity, reliability
ABSTRAK
Dalam praktik pendidikan, sering kali pendidik lebih memfokuskan perhatian pada proses pembelajaran daripada pada kegiatan evaluasi. Padahal, evaluasi memiliki peran penting dalam menilai hasil maupun proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui evaluasi, pendidik dapat mengidentifikasi letak kesalahan yang terjadi. Salah satu metode penting yang dapat digunakan guru untuk mengukur pencapaian belajar siswa dan memperbaiki kualitas soal adalah melalui analisis tes dan butir soal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan menganalisis kualitas butir soal yang digunakan di madrasah ibtidaiyah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar analisis butir soal. Analisis ini penting dilakukan untuk menilai mutu setiap soal dan keseluruhan tes dari berbagai aspek. Hasil analisis ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas evaluasi pendidikan.
Kata Kunci: kualitas soal, validitas, reliabilitas
References
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.
Fauziana, A., & Dessy Wulansari, A. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6, 10–19. https://doi.org/10.21154//ibriez.v6i1.112
Fitrianawati, M. (2015). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282–295.
Kurniawan, A., Febrianti, A. N., Hardianti, T., Ichsan, Desy, Risan, R., Sari, D. M. M., Sitopu, J. W., Dewi, R. S., Sianipar, D., Fitriyah, L. A., Zulkarnain, Jalal, N. M., Hasriani, & Hasyim, F. (2022). Evaluasi pembelajaran. In Remaja Rosdakarya.
Liesfi, N. F. R. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Teori Kejuruan Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(6), 1–11. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/view/5757
Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Mulia, N., Zulyusri, Z., & Violita, V. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Biologi pada Ujian Tengah Semester (UTS) Kelas XI. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.4088
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Pratama, D. (2020). Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61–70. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1187
Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Questions pada Penilaian Harian Sekolah Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 93–105. https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6155
Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Ulfah Zahiroh. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Kimia pada Ujian Akhir Semester (UAS) Kelas XI MAN 2 Kepulauan Meranti. JEDCHEM (JOURNAL EDUCATION AND CHEMISTRY), 3(1), 11–20. https://doi.org/10.36378/jedchem.v3i1.780