Manajemen Inovasi Metode Tartila dalam Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) di Kabupaten Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.35719/managiere.v4i2.2134Keywords:
Educational Innovation, Tartila Method, Quranic Learning MovementAbstract
This study analyzes the innovation, diffusion, and impact of the Tartila Method within the Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) in Lumajang Regency. Using a descriptive qualitative case study, data were obtained from interviews, observations, and documentation involving 12 informants from JQH-NU administrators, teachers, and students. Data analysis followed Miles, Huberman, and Saldaña’s interactive model. Findings reveal that the Tartila Iqra’ Bil Qolam innovation—reducing six volumes into four—enhanced students’ Quranic reading and writing skills. The diffusion process aligned with Rogers’ five stages (knowledge, persuasion, decision, implementation, confirmation) and was supported by Zaltman’s facilitative, educational, persuasive, and coercive strategies. The method fostered higher student participation, parental involvement, and strengthened religious character. The study contributes to Quranic education innovation in schools and offers a model for broader application. Future studies should expand regionally and adopt mixed methods for quantitative validation.
Penelitian ini menganalisis inovasi, difusi, dan dampak penerapan Metode Tartila dalam Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) di Kabupaten Lumajang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 12 informan dari pengurus JQH-NU, guru, dan siswa. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Tartila Iqra’ Bil Qolam—penyederhanaan enam jilid menjadi empat—meningkatkan kemampuan baca-tulis Al-Qur’an siswa. Proses difusi sesuai dengan lima tahap teori Rogers (pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, konfirmasi) dan diperkuat oleh strategi Zaltman melalui pendekatan fasilitatif, edukatif, persuasif, dan koersif. Dampak sosialnya tampak pada meningkatnya partisipasi siswa, keterlibatan orang tua, serta penguatan karakter religius. Penelitian ini berkontribusi pada inovasi pendidikan Al-Qur’an di sekolah dan dapat menjadi model pengembangan nasional. Studi lanjutan disarankan memperluas wilayah dan menggunakan metode campuran.
References
Alfani, I. H. D., Mukhsin, M., & Mawaddah, P. W. (2024). Pendidikan Nilai Karakter Islami Melalui Al-Qur’an dan Tafsir: Sebuah Kajian Tematik. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 117-127.
Ambiani, J., Murhayati, S., & Zaitun, Z. (2025). Strategi Inovatif Kurikulum PAI: Dari Difusi Hingga Implementasi Berbasis Teknologi Dan Kolaborasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1099-1109.
Ana, J. (2024). Pengembangan Program Pembelajaran Kokurikuler Berbasis Islam Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Singularitas Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Badrudin, B., Setiana, R., Fauziyyah, S., & Ramdani, S. (2024). Standarisasi Pendidikan Nasional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1797-1808. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3962
Boiliu, E. R., Simanjuntak, J., Mary, E., Bathun, V. H., & Jura, D. (2024). Penguatan Pemahaman Teologi dalam Pendidikan Agama Kristen Melalui Inovasi Kultural untuk Pembentukan Karakter Generasi Digital. Jurnal Shanan, 8(2), 105-126. https://doi.org/10.33541/shanan.v8i2.6308
Dian Hayatie Junadendini, R., Kurniawan, K., & Purnama Sari, D. (2025). Efektivitas Program Pembiasaan Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Ii di Sd Literasi Qur’ani (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP).
Fahmi, A. A. (2024). Implementasi Metode Ummi Sebagai Upaya Motivasi Menghafal dan Membaca Tartil Al-Qur’an Pada Peserta Didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Fakhira, A. (2024). Implementasi Pendidikan Islam Dalam Program Live In Membentuk Karakter Kemandirian Siswa di Sekolah Alam Lampung (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Fathurrahim, F. (2023). Difusi Inovasi Pelayanan Sistem Digital Kenaikan Pangkat (Kp) Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Media Bina Ilmiah, 18(3), 739-750.
Fitriani, A., Watawalaini, A., Ismail, F., & Astuti, M. (2025). Kajian Konseptual Proses Inovasi, Difusi, dan Diseminasi dalam Dunia Pendidikan Global. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 6(2), 409-415. https://doi.org/10.55583/jkip.v6i2.1355
Hamid, A. (2024). Implementasi metode tartila dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SD Islam Annur Assalafy Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Hidayah, M. W. N. H., Jasmine, N., Magfiradina, N. A., Nurkinasih, M. P., Kuncoro, O. S., & Syandana, N. A. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi Kesulitan dalam Belajar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 129-136.
Mailin, M., Rambe, G., Ar-Ridho, A., & Candra, C. (2022). Teori media/teori difusi inovasi. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(2), 168-168.
Malik, C. H., Auliya, N. F., & Iqbal, M. (2022). Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi Oleh Lansia Ditinjau Dari Teori Difusi Inovasi. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 159-176.
Masfufah, N. (2025). Dasar Dasar Yuridis Sistem Pendidikan Nasional Kerangka Hukum Pendidikan Nasional: Konsep, Landasan, Hak-Kewajiban, Wajib Belajar, Dan Stuktur Sistem Pendidikan. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 160-172. https://journal.yapakama.com/index.php/JAMED/article/view/249
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Nareswari, A. Z. (2025). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia; Pendekatan Teori Difusi Inovasi M. Rogers. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 129-137. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.437
Ningsih, P., & Adawiyah, S. R. (2024, August). The Implementation Of “Sekolah Mengaji” Movement To Foster Islamic Character In Elementary School Students. In Proceeding of International Conference on Education and Sharia (Vol. 1, pp. 777-783).
Patianansa, S. G., & Shodiq, M. (2025). Lingkungan Belajar dan Karakter Islami: Telaah QS Al Kahfi Ayat 28 di Pondok Pesantren Banu Sanusi Lombok. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 9(1), 272-287.
Ramadina, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Tartil Kelas III Di MI Miftahul Huda Pilangsari Sayung Demak Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Ratnawati, R., & Lestari, G. D. (2025). Integrasi Teknologi Dalam Difusi Inovasi Pendidikan: Pendekatan Kepemimpinan Kolaboratif Di Era Digital. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 572-583.
Rembangsupu, A., Budiman, K., & Rangkuti, M. Y. (2022). Studi Yuridis Tentang Jenis Dan Jalur Pendidikan Di Indonesia. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 91-100. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.337
Setiyadi, D., Handoyo, E., & Waluyo, E. (2025). Sekolah Ramah Anak dan Transformasi Budaya Sekolah: Perspektif Hak Anak dalam Pendidikan Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 500-517.
Shalahuddin, M., Arromy, M. M., Syaf, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2025). Analisis Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) di Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei), 2721-2736.
Siregar, I. S. (2025). Analisis Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ahsani Taqwim: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 2(2), 377-390. https://doi.org/10.63424/ahsanitaqwim.v2i2.289
Supriyani, S., Qur’ani, E. N., Nadila, N., & Faizin, A. K. (2023). Kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 19-33.
Susanti, M., Islam, M. H., & Inzah, M. (2025). Implementasi Metode Tartila Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Quran Para Santri Di TPQ Al-Hidayah Desa Karang Pranti Pajarakan Probolinggo. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 6(1), 59-73.
Syaifulloh, M., Rasyid, M., & Sobarna, A. (2025). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Tutor Sebaya Pada Siswa SMPN 17 Bandung Dan Siswa Smp Nurul Hidayah. Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif, 6(2).
Ulumudin, M. M., Muchtar, A., & Makhsun, T. (2025). Dampak Latar Belakang Pendidikan Dasar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an: Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas Vii Di Smpit Al-Manar Kabupaten Kotawaringin Barat. Jurnal Tahsinia, 6(5), 684-698.
Uyun, N., Misbah, M., Syaputra, A., & Juryatina, J. (2025). Analisis Tren, Pendekatan, dan Strategi Implementasi Difusi Inovasi dalam Pendidikan Dasar. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 7(1), 32-42.
Wulandari, I. A., Siregar, G. Y. K. S., & Dacholfany, M. I. (2022). Analisis Minat Mahasiswa dalam menggunakan e-learning dengan mengintegrasikan TAM dan IDT. Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika), 6(1), 1-9.
Za'ba, N. (2024). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Pekanbaru. Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 19(1), 1223-1237. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.106