Efektivitas Workshop Tenaga Pendidik dalam Peningkatan Mutu Guru MA Al-Amiriyah

  • Azka 'Afifatul Milati Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
  • Dewi Atiatus Saadah Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
  • Uswatun Hasanah Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
  • Muhammad Husain Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
Keywords: Workshop, Educators, Teacher Quality

Abstract

This study analyzes the effectiveness of educator workshops in improving teacher quality at MA Al-Amiriyah, while identifying key success factors and challenges. Using a qualitative case study approach, data were collected through in-depth interviews, participant observation, and document analysis. Findings reveal a significant improvement in teachers’ pedagogical and professional competencies after the workshops, particularly in student-centered learning and constructive feedback. A total of 46.7% and 60% of teachers reported improvements in these areas. Teacher development also positively impacted student achievement, with average score increases ranging from 7.4% to 8.3% across subjects. This study provides empirical evidence that workshops are an effective strategy for teacher professional development in madrasas. It also offers practical recommendations for school management and training providers to design more targeted and sustainable programs.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas workshop tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu guru di MA Al-Amiriyah, serta mengidentifikasi faktor keberhasilan dan tantangannya. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kompetensi pedagogik dan profesional guru pasca-workshop, terlihat dari penerapan pembelajaran berpusat pada siswa dan pemberian umpan balik konstruktif. Sebanyak 46,7% dan 60% guru melaporkan peningkatan pada aspek tersebut. Peningkatan kualitas guru ini turut berdampak pada hasil belajar siswa, dengan kenaikan nilai rata-rata sebesar 7,4% hingga 8,3% di berbagai mata pelajaran. Temuan ini memberikan bukti empiris bahwa workshop merupakan strategi efektif dalam pengembangan profesional guru di madrasah. Studi ini juga menyajikan rekomendasi praktis bagi pengelola madrasah dan penyelenggara pelatihan untuk menyusun program yang lebih terarah dan berkelanjutan.

References

Ahmad, Abdul Kadir, Kun Mardiwati Rahayu, و Santi Lisnawati. 2023. "Pembelajaran berbasis e-learning di madrasah dalam peningkatan kualitas pendidikan: Kasus MTsN Al Azhar". EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 21 (3): 275–89.
Akbar, Jakub Saddam, Putu Ari Dharmayanti, Vibry Andina Nurhidayah, Siti Isma Sari Lubis, Randi Saputra, William Sandy, Sri Maulidiana, Vidya Setyaningrum, Luh Putu Sri Lestari, و Wulan Wahyu Ningrum. 2023. Model & metode pembelajaran inovatif: Teori dan panduan praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Akhyar, Muaddyl, Zulfani Sesmiarni, Susanda Febriani, و Ramadhoni Aulia Gusli. 2024. "Penerapan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa". Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 7 (2): 606–18.
Alfaiz, Baraz Yoechva. 2024. "Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Madrasah". At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora 8 (1): 10–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v8i1.20998.
Ali, Aisyah, Apriyanto Apriyanto, Titik Haryanti, و Hidayah Hidayah. 2024. Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aliyah, Aliyah, Dewi Purnama Sari, و Jumira Warlizasusi. 2024. "Analisis Permasalahan dan Kebutuhan Pelatihan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Pada Guru PAI SDIT Annajiyah Lubuklinggau)". Pascasarjana IAIN Curup.
Ambarita, Jenri, M Pd K PITRI SOLIDA SIMANULLANG, و Penerbit Adab. 2023. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Anugrah, I Kadek Lear Stone, Muh Ilham, و Karno Karno. 2025. "Efektivitas Penanganan Stunting Di Kabupaten Tulang Bawang". Jurnal Kajian Pemerintah: Journal Of Government, Social And Politics 11 (2): 52–66.
Aprilia, Priska. 2024. "Cara Penanganan Siswa Berkemampuan di Atas Rata-Rata Sedang dan Rendah". Journal of Knowledge and Collaboration 1 (7): 311–23.
Ardianti, Rika Kitri, Darma Putra, و Dwi Gusfarenie. 2025. "Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Aktivitas IPA di Sekolah Menengah Pertama". EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi 8 (1): 35–46.
Arsini, Yenti, Lesma Yoana, و Yulia Prastami. 2023. "Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik". MUDABBIR Journal Research and Education Studies 3 (2): 27–35.
Aswita, Dian, M Pd Nurmawati, M Si Salamia, Siti Sarah, S Pd Si, Syifa Saputra, Eko Setyadi Kurniawan, Marisa Yoestara, Sarah Fazilla, و S Zulfikar. 2022. Pendidikan literasi: Memenuhi kecakapan abad 21. Penerbit K-Media.
AYUDIN, ERINA RAMADHANI. 2021. "Implementasi Manajemen Mutu dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2020/2021". INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI.
Ba’in, Ba’in, Ganda Febri Kurniawan, Alif Muhammad Hannan, Faridatun Hanifah, و Ifsa Naziya. 2023. "Optimalisasi Ketrampilan Guru Sejarah dalam Mengembangkan dan Memanfaatkan Model-Model Pembelajaran Inovatif". Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1 (9): 2045–53.
Bardach, Lisa, Robert M Klassen, و Nancy E Perry. 2022. "Teachers’ psychological characteristics: Do they matter for teacher effectiveness, teachers’ well-being, retention, and interpersonal relations? An integrative review". Educational Psychology Review 34 (1): 259–300.
Baskara, Agus, و Nani Sutarni. 2024. "Kompetensi pedagogik guru SMA di Indonesia: Sebuah systematic literature review". Didaktika: Jurnal Kependidikan 13 (3): 3481–96.
Cendikia, Jurnal Analisa Pemikiran Insan. 2022. "EFEKTIVITAS PROGRAM DIKLAT TEKNIS SUBTATNTIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ACEH". Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (APIC) 5 (2): 42–62.
Damanik, Nia, Octo Laura Malau, Sanni Sinaga, Richard David Siburian, و Targo Simanjutak. 2025. "Implementasi Pendekatan Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Mengatasi Kesulitan pada Materi Struktur Aljabar". As-Salam: Journal Islamic Social Sciences and Humanities 3 (1): 55–64.
Damayanti, Nur Afni. 2024. "Peran Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas Rendah Upaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah". Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2): 14.
Dewi, Anita Candra. 2021. "Pelatihan media Google Classroom pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia bagi kelompok guru bahasa sekolah menengah pertama (SMP)". JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 6 (2): 679–86.
Efendi, Feriawan, Hadi Sunaryo, و Djony Harijanto. 2023. "Efektivitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui komitmen kerja terhadap kinerja guru merdeka belajar". Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 11 (2): 19–32.
Efendi, Nur, و Muh Ibnu Sholeh. 2023. "Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran". Academicus: Journal of Teaching and Learning 2 (2): 68–85.
Enes, Utami Okta Ria, Kusen Kusen, و Deri Wanto. 2024. "Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Rejang Lebong". Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 14 (1): 1–14.
Fadilah, Nafidatul. 2025. "Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dimensi Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia di SDN 4 Tlahab Lor dan SDN 1 Gembong Purbalingga". Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia).
Fanani, Muhammad Adip, و Maisyaroh Maisyaroh. 2025. "Strategi penerapan supervisi instruksional sebagai upaya peningkatan kualitas pengajaran guru". Proceedings Series of Educational Studies.
Faozan, Ahmad. 2022. Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik, Diklat dan Partsipasi dalam Kelompok Kerja Guru. Penerbit A-Empat.
Faridli, Efi Miftah, Bambang Sumardjoko, Harun Joko Prayitno, و Sabar Narimo. 2024. "Rekonstruksi kepemimpinan pendidikan progresif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran: teori dan praktik". Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 10 (1): 178–85.
Febrina, Asti. 2022. "BAB 3 MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING". Model-Model Pembelajaran 29.
Gusnita, Fitria, Mella Annisa, Mamy Triana, و Milya Sari. 2025. "Perencanaan Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru". Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 8 (1): 297–308.
Habibi, Dhiatiko Dhaifullah, Nurul Chandra Waskitaningtyas, Fitra Rinjani Yusman, و Nanda Silva Aulia. 2025. Membangun Pembelajaran Aktif Di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
HADI, FIRMAN. 2021. "PERAN KEPALA MUADALAH (SPM) ULYA DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MUADALAH AL AMIRIYYAH TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021". INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI.
Hakim, Muhammad Nur, و Achmad Anwar Abidin. 2024. "Platform merdeka mengajar: Integrasi teknologi dalam pendidikan vokasi dan pengembangan guru". Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3 (1): 68–82.
Handayani, Rosdiana, Baiq Karni Apriani, و Mohamad Mustari. 2025. "Pemanfaatan Rapor Pendidikan dalam Perencanaan Berbasis Data untuk Meningkatkan Mutu Sekolah di SDN 44 Ampenan". Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 10 (1): 336–42.
Hariyadi, Hariyadi, Misnawati Misnawati, و Yusrizal Yusrizal. 2023. "Mewujudkan kemandirian belajar: Merdeka belajar sebagai kunci sukses mahasiswa jarak jauh". BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–215.
Hariyono, Hariyono, Vera Septi Andrini, Renny Threesje Tumober, Lalu Suhirman, و Febriani Safitri. 2024. Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hasan, Salim, Akhmad Bazith, Ahmad Wakka, و Abd Rauf Assegaf. 2024. "Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru PAI Berbasis Kompetensi Profesional dan Pedagogik". Journal of Gurutta Education 3 (2): 58–68.
Hendrik Dewantara, S E. 2024. Membangun masa depan pendidikan: Inovasi dan tantangan dalam sertifikasi guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Herlambang, Yusuf Tri. 2021. Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.
Hertina, Dede, M Nurhidaya, Vincent Gaspersz, Elisabet Tresia Angelica Nainggolan, Rosmiati Rosmiati, Henny Sanulita, Lalu Suhirman, Lila Pangestu, Retno Dewi Prisusanti, و Ahmad Ahmad. 2024. Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital: Teori dan Penerapan. PT. Green Pustaka Indonesia.
Humam, Muhamad Syafiqul, و Muh Hanif. 2025. "Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Kritikal Siswa di Era Modern". Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 3 (1): 262–81.
Iano, Taufik Ridho. 2025. "PENTINGNYA KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MENDUKUNG PEMBERDAYAAN GURU DI SEKOLAH: SEBUAH KAJIAN LITERATUR." Journal of Syntax Literate 10 (3).
Johar, Rahmah, و Latifah Hanum. 2021. Strategi belajar mengajar: untuk menjadi guru yang profesional. Syiah Kuala University Press.
Judijanto, Loso, Tuti Hartati, Apriyanto Apriyanto, Wilda Wijayani Pamangin, و Farid Haluti. 2025. Pendidikan Abad 21:: Menyambut Transformasi Dunia Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jufri, A P, Wahyu Kurniati Asri, Misnah Mannahali, و Ananta Vidya. 2023. Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya.
Komara, Endang, Ida Rukhaida, Dani Wardani, و Sunsun P Yogaswara. 2024. "Analisis Psikologi Implementasi Program Kewirausahaan di SMK untuk Membangun Jiwa Entrepreneurship". Didaktika: Jurnal Kependidikan 13 (1): 1267–76.
Kurniawan, Dwi. 2025. "Membangun Keterampilan Desain Komunikasi Visual melalui Workshop Kolaboratif antara Guru dan Siswa di Kota Metro". Swadaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1): 1–17.
Kurniawan, Eka Putra, و Nunuk Hariyati. 2021. "Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa". Inspirasi Manajemen Pendidikan, 1112–23.
Lestari, Dwi Indah, و Heri Kurnia. 2023. "Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital". JPG: Jurnal Pendidikan Guru 4 (3): 205–22.
Lopo, Ferdinan Leonadus. 2025. STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF: Lesson Study dan Model Kooperatif STAD. Feniks Muda Sejahtera.
Lubis, Farhan Mubarok, و Hisyam Zaini. 2024. "Penggunaan Kamus Dwibahasa Sebagai Sumber Belajar Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Mahasiswa Prodi Biologi UINSU Medan". ALACRITY: Journal of Education, 425–38.
Mansyur, Alif Ilman. 2024. "Strategi Pengembangan Literasi Sosial Kultural di Madrasah: Studi Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat". Journal of Madrasah Studies 1 (2): 220–30.
Mariyono, Dwi. 2024. Strategi Pembelajaran dari Teori ke Praktik Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Nas Media Pustaka.
Maulida, Rizky, Ariny Tamamul Minnah, Indah Aminatuz Zuhriyah, و Baharuddin Baharuddin. 2025. "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENERAPAN SISTEM DAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PADA ERA DIGITAL". Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan dan Hukum Islam 23 (1): 53–62.
Maulidin, Syarif, Nadhirotul Mukhabibah, و Arini Ulfah Hidayati. 2025. "REKONSTRUKSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: TINJAUAN LITERATUR". KHAZANAH: Jurnal Studi Ilmu Agama, Sosial dan Kebudayaan 1 (1): 51–63.
Miftah, Mohamad. 2022. Efektivitas pemanfaatan media berbasis TIK untuk optimalisasi pembelajaran. Publica Indonesia Utama.
Misnawati, Misnawati, Junari Junari, Dopu Teibang, Ilham Ilham, و Luthfiyah Luthfiyah. 2025. "Evaluasi Hasil Asesmen Melalui Pemberian Umpan Balik dalam Tes Formatif sebagai Tolak Ukur Hasil Belajar Siswa". JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8 (2): 2236–42.
Mulyasa, H Enco. 2022. Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. 2022. Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Natsir, Uhud Darmawan. 2023. "Pengaruh pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha yang dimediasi oleh nilai-nilai petualangan Alam Bebas di Kota Makassar= The influence of entrepreneurship education, entrepreneurial motivatio". Universitas Hasanuddin.
Ng, Davy Tsz Kit, Jac Ka Lok Leung, Jiahong Su, Ross Chi Wui Ng, و Samuel Kai Wah Chu. 2023. "Teachers’ AI digital competencies and twenty-first century skills in the post-pandemic world". Educational technology research and development 71 (1): 137–61.
NURKHAYATI, MUSAROFAH. 2024. "IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIFITAS PESERTA DIDIK DI MTs AL-AMIRIYAH BELUN TEMAYANG". Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Obinna, Agomuo Kevin, و Hamuel Oti Chukwu. 2025. "INSUFFCIENT FUNDS OR NEGLIGENCE OF ABIA STATE GOVERNMENT ON PUBLIC SCHOOL SYSTEM: THE BLAMES 1991-2024". JOURNAL OF LAW, LANGUAGE, LITERATURE, AND GENDER STUDIES 1 (1).
Parlina, Nining, و Bedjo Sujanto. 2023. Teacher Digital Competencies (TDC): Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Guru melalui Kepemimpinan Transformasional, Pelatihan dan Komunitas Praktik Virtual. Nas Media Pustaka.
PELITA, DELLA. 2024. "Efektivitas Peran Pengasuhan Terhadap Keputusan Penentuan Pendidikan Lanjut Santri Dayah Perbatasan Darul Amin Aceh Tenggara". Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Pelletier, Kathe, Mark McCormack, Jamie Reeves, Jenay Robert, Nichole Arbino, Camille Dickson-Deane, Carlos Guevara, Lisa Koster, Melchor Sanchez-Mendiola, و Lee Skallerup Bessette. 2022. "2022 educause horizon report teaching and learning edition". EDUC22.
Pribadi, Imam. 2025. "Nilai Pendidikan Islam Dalam Sistem Perkaderan Lembaga Kemahasiswaan Intra Kampus". JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 8 (1): 22–34.
Pudjiarti, Emiliana Sri. 2023. "Transformasi organisasi: membangun kultur pembelajaran untuk menghadapi tantangan masa kini". BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–87.
Puspita, Mugi, Irfan Achmad Musadat, و Agung Pramayuda. 2024. "Optimalisasi Talent Management Untuk Meningkatkan Keterampilan Siap Kerja Siswa SMKN 5 Bandung". Lentera Pengabdian 2 (04): 300–308.
Puspita, Tiara Indrajava, Tiara Novianti, Adrias Adrias, و Salmaini Safitri Syam. 2025. "Hubungan Pengoptimalisasian Teknologi Digital Terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia di Kalangan Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 3 (2): 281–91.
Putra, Anjas Baik, Inom Nasution, و Yahfizham Yahfizham. 2024. "Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekolah menengah pertama islam terpadu madani". Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 10 (1): 435–48.
Rahayuningsih, Esti, و Muh Hanif. 2024. "Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory (SLT)". Journal of Education Research 5 (3): 2828–39.
Ramadhani, Sulistyani Puteri, و M S Zulela. 2020. "Profesional pedagogy guru terhadap perubahan pembelajaran di era digital". Jurnal Elementaria Edukasia 3 (2): 384–97.
RATONO, INSAUDI. 2024. "IMPLEMENTASI IN SERVICE TRAINING PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU". UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Ridani, Ahmad, و Sudadi Sudadi. 2022. "Pengaruh Pemberdayaan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Penajam Paser Utara". Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo 3 (2): 111–22.
Rijal, Mujibul. 2024. "Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Google Sites pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Tingkat SMA/MA". UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rivalina, Rahmi. 2020. "Pendekatan neurosains meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi guru pendidikan dasar". Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 8 (1): 83–109.
Rosidi, Sakban, و Rofiqah Rosidi. 2021. Penelitian terapan profesi pendidikan. Publica Indonesia Utama.
Saerang, Hetwi Marselina, Jelly Maria Lembong, Shelty Deity Meity Sumual, و Roos Marie Stella Tuerah. 2023. "Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang". El-Idare: Journal of Islamic Education Management 9 (1): 65–75.
Saifullah, A M M, Neti Karnati, و Fakhruddin Arbah. 2024. Bagaimana Peran Kepemimpinan Transformasional, Technological Pedagogical Content Knowledge, dan Efkasi Diri Dalam Meningkatkan Kinerja Guru? Penerbit Adab.
SALSABILA, RAVILLA NAFLAH. 2022. "Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah di MA Al-Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2021/2022". INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI.
Salsabila, Yulia Rakhma, و Muqowim Muqowim. 2024. "Korelasi antara teori belajar konstruktivisme lev vygotsky dengan model pembelajaran problem based learning (pbl)". LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (3): 813–27.
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, و Yayang Furi Furnamasari. 2021. "Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter". Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3): 7158–63.
Sam, Radiyanto, و Cut Sulastri. 2024. "Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa". Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru 1 (1): 1–16.
Samsudin, Mohamad. 2020. "Faktor-faktor yang memengaruhi belajar". Eduprof: Islamic Education Journal 2 (2): 162–86.
SAMSUDIN, YOGI. 2024. "PENERAPAN SUPERVISI KOLABORATIF ANTARA KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN BABAKAN JAMANIS PARIGI-PANGANDARAN". Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Sandri, Sahdi. 2025. "IMPLEMENTASI PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU DI SMAN 1 MELINTING LAMPUNG TIMUR". UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Sani, Ridwan Abdullah. 2022. Penilaian autentik. Bumi Aksara.
Saputra, Andi Muh Akbar, Muh Risal Tawil, Hartutik Hartutik, Ranti Nazmi, Erniwati La Abute, Liza Husnita, Nurbayani Nurbayani, Sarbaitinil Sarbaitinil, و Farid Haluti. 2023. Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Saputro, M Nugroho Adi, و Bachtiar Hadi. 2022. "Pengembangan system penjaminan mutu pendidik untuk menciptakan seorang pendidik yang professional". Jurnal Inovasi Penelitian 2 (11): 3745–64.
Setiyadi, Bradley, و Viona Rosalina. 2021. "Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru". Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2 (1): 75–84.
Sidiq, Ricu, و Reny Sabrina Simamora. 2022. "Game edukasi: Strategi dan evaluasi belajar sesuai abad 21". Yayasan Kita Menulis.
Sihotang, Din Oloan, Johannes Sohirimon Lumbanbatu, Ermina Waruwu, و Fransiskus Tarigan. 2024. Pelatihan dan pendampingan: Meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Katolik. Penerbit P4I.
Sipayung, Regina, Natanael Sitanggang, و Saut Purba. 2024. MODEL MANAJEMEN PELATIHAN BERBASIS ReGINA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. Penerbit P4I.
Siregar, Tina Suryani, Anike Renti Anita Sinaga, Apri Ananta Sitio, Icha Netanya Sianturi, و Rajo Hasim Lubis. 2024. "Model Pembelajaran Kolaboratif: Tinjauan Literatur". Pentagon: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2 (4): 207–19.
Siregar, Yeni Saufina, و M Pd SP. 2024. Model Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Vokasi dengan Manajemen Pelatihan Berbasis Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration). umsu press.
Solehan, Solehan. 2024. "STRATEGI MANAJEMEN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SERTA PRIBADI TENAGA KEPENDIDIKAN". Jurnal Tahsinia 5 (4): 556–67.
Sukarlan, S Ag. 2025. Manajemen Pendidikan Nilai. Goresan Pena.
Sukenti, Desi, و Ucep Hermawan. 2024. "Pendidikan Moderasi Beragama: Memahami Dialog Agama Perspektif Teori Otto Scharmer dalam Program Kelas Penggerak Gusdurian". Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 9 (2): 225–54.
Sulaiman, Akhmad. 2023. "Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran STAD". MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya 5 (1): 69–91.
Sumarni, Sumarni, Daris Hari Murti, Lidya Kusdyanti Lasya, و Asnawi Asnawi. 2022. "Literasi Digital di Era Milenial". Insan Cendekia Mandiri.
Suttrisno, Suttrisno, Djoko Apriono, و Desy Nur Indah Pratiwi. 2023. "Dampak Penggunaan Bahasa Ibu Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam, Soko, Tuban". Journal of Elementary Educational Research 3 (2): 67–80.
Suwandono, Edi. 2024. "ANALISIS KOMPETENSI SISWA DAN TINGKAT SERAPAN LULUSAN PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA di SMK N 1 GLAGAH". Universitas Muhammadiyah Malang.
Syafi’i, Imam, Yahya Aziz, AFRIDATUL KHIFDLIYAH, Acmad Isa Al Firdausi, و Rossanda Nur Afianty. 2025. "Improving Quality of Educational Institutions through Teacher Performance Evaluation with Perspective of CIPP Theory." al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 10 (1): 42–56.
Syakroni, Muhammad. 2023. Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. PT Arr rad Pratama.
Tambunan, Anna Riana Suryanti, Winda Setia Sari, و Mendarissan Aritonang. 2025. "Penerapan model pembelajaran berbasis komunikasi lintas budaya dengan social networking sites dalam pengembangan kompetensi global siswa". Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 8 (2): 405–15.
Taridala, Sulastri, و Rosihan Anwar. 2023. TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.
Tauchid, Ahmad, Mula Agung Barata, Khoirul Wafa, و Riris Wijayanti. 2024. "Navigating challenges in remote speaking tasks: Unveiling technical and non-technical problems faced by students". The International Review of Research in Open and Distributed Learning 25 (4): 87–106.
Ulfa, Agustina Miftachul, Dyah Triwahyuningtyas, و Yayuk Hinaning Utami. 2024. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkrit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perpindahan Panas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar". في Seminar Nasional dan Prosiding PPG Unikama, 1:138–43.
Wang, Claudia, Monique Zhang, Ali Sesunan, و Laurencia Yolanda. 2023. "Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia". Kemdikbud 4 (2): 1–7.
Wibowo, Hamid Sakti. 2023. Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Wibowo, Tubagus. 2023. "Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Untuk Meningkatkan Mutu Profesionalisme Guru".
Yolanda, Mardivta, و Zulfani Sesmiarni. 2025. "STUDI KASUS: PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN". Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa 3 (2): 236–43.
Yulia Wijayanti, Eka. 2021. "KONTRIBUSI KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020". Universitas Pancasakti Tegal.
Yuliendra, Ishika Navta, Johanes Baptista Dimas Pangestu, Mega Listie Rambu Leki, و Muhammad Ihsan Rabih. 2024. "Audit dan Deteksi Fraud: Perlindungan untuk Perusahaan dan Praktik Menyimpang". في Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE). مج. 4.
Yusuf, Faidah, A P Nurfaizah, Latri Aras, Muhammad Irfan, و Ahmad Syawaluddin. 2024. "Workshop Pendampingan Pengembangan Kompetensi dalam Bidang Manajerial untuk Kepala Sekolah Kabupaten Mimika". Paramacitra Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (01): 108–16.
Yusuf, Munir. 2023. Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Selat Media.
Zebua, Elfin Apriani, و Hendry Hendry. 2021. "Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Pelatihan Kerja, dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Pt. Vivo Elektronika Cb. Plaza Medan Fair". Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan 10 (03): 512–24.
Published
2025-06-21