Strategi Manajemen Pendidikan Inklusif di Era Society 5.0, Merangkul Keberagaman dalam Lingkungan Pembelajaran Digital

  • Ratna Ayu Lestari Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
Keywords: Strategy, Inclusive Education, Society 5.0 Era, Digital Learning

Abstract

This research aims to identify and analyze the challenges faced by the education sector in the era of Society 5.0, as well as how the education system can adapt to rapid technological and social changes. The era of Society 5.0 is characterized by the integration of the physical and digital worlds, which impacts various aspects of life, including education. This study uses a qualitative approach with literature review and in-depth interviews with educators, academics, and education practitioners. The findings show that the main challenges in education in the era of Society 5.0 include the digital divide, the need for curriculum updates, and limited digital skills among educators and learners. Additionally, there are obstacles in facilitating technology-based learning and developing learners' character to adapt to rapid changes. This study suggests the need for enhanced digital training for educators, the involvement of government policies supporting educational innovation, and collaboration between the education sector and the technology industry to optimize the potential of Society 5.0 in the education field.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan yang dihadapi sektor pendidikan di era Society 5.0, serta bagaimana sistem pendidikan dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi dan sosial yang pesat. Era Society 5.0 ditandai dengan integrasi antara dunia fisik dan dunia digital, yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan wawancara mendalam dengan para pendidik, akademisi, dan praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pendidikan di era Society 5.0 meliputi kesenjangan akses teknologi, kebutuhan akan pembaruan kurikulum, serta keterampilan digital yang masih terbatas di kalangan pendidik dan peserta didik. Selain itu, terdapat hambatan dalam memfasilitasi pembelajaran berbasis teknologi dan membangun karakter peserta didik yang adaptif terhadap perubahan cepat. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan pelatihan digital bagi pendidik, peran serta kebijakan pemerintah yang mendukung inovasi pendidikan, serta kolaborasi antara sektor pendidikan dan industri teknologi untuk mengoptimalkan potensi Society 5.0 dalam dunia pendidikan.

References

Ahmad, Fajrun Najah, Mispani Mispani, Muhammad Yusuf. 2023. "Integrasi Kurikulum Pendidikan Islam Pondok Pesantren Dan SMA". Assyfa Journal of Islamic Studies 1 (1): 73–86.
Aisah, Aisah, Khaeruddin Said, Aqodiah Aqodiah, Mappanyompa Mappanyompa, Mustapa Ali, و Baiq Ida Astini. 2024. "Perubahan Dinamika Pendidikan Islam Dalam Konteks Globalisasi: Tinjauan Mendalam". Seminar Nasional Paedagoria, 4:24–35.
Ali, Aisyah, Afriani, D. T. (2024). Peningkatan keterampilan digital guru. Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan, 105.
Aimah, S. (2021). Manajemen mutu terpadu di pesantren. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 15(2), 195–226.
Alfaiz, B. Y. (2024). Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Madrasah. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 8(1), 10–20.
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.
AROMAWATI, D. A. Y. U. (2022). Pendekatan Rasional Emotif Behavior Therapy Terhadap Perkembangan Emosi Remaja Yang Terdampak Perceraian Orang Tua (Studi Kasus Remaja Desa Sambimulyo). Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Asari, N. I. (2021). Budaya Pesantren Dalam Membentuk Karakter Spiritual Siswi Muadalah Wustha Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Aziza, A. N., Mohzana, S. P., Fahrurrozi, M., SE, Μ. Μ., Wihardjo, E., Werdiningsih, R., … MM, M. (2025). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Akses Pendidikan Di Daerah Terpencil. Cv Rey Media Grafika.
Azwar, I., Inayah, S., Nurlela, L., Kania, N., Kusumaningrum, B., Prasetyaningrum, D. I., … Permana, R. (2024). Pendidikan di era digital.
Busthomi, Y., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan Komponen Tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural di Pondok Pesantren. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 742–751.
Fadillah, R., Desmaryani, R., & Lestari, A. (2025). Analisis ketimpangan sarana dan prasarana pendidikan di daerah pedesaan. Jurnal Adijaya Multidisplin, 3(02), 217–225.
Ifadhila, I., Rukmana, A. Y., Erwin, E., Ratnaningrum, L. P. R. A., Aprilia, M., Setiawan, R., … Setiawan, H. (2024). Pemasaran Digital di Era Society 5.0: Transformasi Bisnis di Dunia Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Judijanto, L., Hartati, T., Apriyanto, A., Pamangin, W. W., & Haluti, F. (2025). Pendidikan Abad 21:: Menyambut Transformasi Dunia Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0 di masa pandemi covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78.
Kurniawan, R. G. (2025). Pembelajaran diferensiasi berbasis deep learning: Strategi mindful, meaningful, dan joyful learning. Penerbit Lutfi Gilang.
Maesaroh, S. S. (2020). Upaya peningkatan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kota Tasikmalaya melalui pemanfaatan system informasi geografis (SIG). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 11(1), 61–74.
Martiningsih, D. (2023). E-Pub Sebagai Teknologi Pendukung Pembelajaran Bagi Penyandang Disabilitas Netra. Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran, 31.
Misnawati, M., Patandean, A. J., & Rahmaniah, R. (2024). Implementasi Literasi Numerasi Pada Materi Diagram Batang, Diagram Garis Dan Diagram Lingkaran Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V Di UPT SPF SD Negeri Mongisidi II Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(1), 148–156.
Mulyanti, D. (2025). Strategi Manajemen Pendidikan di Era Digital: Optimalisasi Infrastruktur, SDM, dan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pelita Nusantara, 2(4), 376–383.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31.
Nursalim, A., Nofirman, N., Nasril, N., Rais, R., & Al Ghazali, A. G. (2024). Transformasi Kurikulum di Indonesia:(Perkembangan Terkini dan Tantangan dalam Menghadapi Era Artificial Inteligences). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 8482–8491.
Rimayati, E. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital. Asadel Liamsindo Teknologi.
Rohida, L., & Sudiantini, D. (2025). Transformasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Di Era Artificial Intelligence. SINERGI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 2045–2055.
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5033–5045.
Sahara, Y., & Rofiq, A. (2024). Digitalisasi Sistem Manajemen Siswa Di Madrasah Sebagai Inovasi Identitas Islam. As-Sulthan Journal of Education, 1(2), 294–307.
Santo Gitakarma, M., & Tjahyanti, L. P. A. S. (2022). Peranan Internet of Things Dan Kecerdasan Buatan Dalam Teknologi Saat Ini. KOMTEKS, 1(1).
Saputra, H. H., & Note, H. P. (2024). Evaluasi Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 SD Negeri 6 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2686–2697.
Saputra, I. A., Ramadhani, A., Khairunnisa, M. Z., & Ainiyah, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Siswa Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 25–31.
Sayekti, W. S., & Sayekti, I. C. (2024). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Edukasi Seksual pada Anak Kelas 1 SDN 1 Jeruk. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam, 10(1), 65–77.
Simonigar, J., Rotty, G. V., & Setijadi, N. N. (2023). Membangun Masyarakat 5.0 di Era Digital Melalui Pendidikan dan Komunikasi Berkelanjutan. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 4(3), 1665–1676.
Siregar, T. (2025). Stimulus Dan Respon Dalam Pembelajaran Matematika. Goresan Pena.
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan sebagai kunci utama dalam mempersiapkan generasi muda ke dunia kerja di era globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.
Apriyanto Apriyanto, Titik Haryanti, Hidayah Hidayah. 2024. Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ali, M, A Ghazali. 2024. Manajemen Pendidikan Pesantren Tradisional, Modern Dan Global. Penerbit Tahta Media. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/726%0Ahttps://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/download/726/734.
Anissa, Desi Dwi, Asrop Syafi’i, Khoirul Anam. 2024. "Evaluasi Inovatif Kebijakan Perencanaan Pendidikan Islam: Strategi Optimalisasi Untuk Meningkatkan Relevansi Pendidikan Berbasis Nilai Budaya Dan Modernitas". Skills: Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 11–30.
Arifin, Syamsul, Moh Nurhakim. 2025. Strategi Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. UMM press.
Azhari, M. Lutfi Afif Al. 2018. "Manajemen pendidikan pesantren". Masyarakat Indonesia Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia XXXIV (2): 5.
Azizah, Siti Nur, Siti Aimah, M Imam Khaudli, Abdulloh Hamid, و Nur Hidayatulloh. 2024. "Manajemen Keuangan dalam Pemenuhan Fasilitas Pendidikan Kampus Berbasis Pesantren". Instructional Development Journal 7 (3): 650–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.29822.
Bisri, Kholil, Tri Reza Wibowo, Ainurafiq Ainurafiq. 2024. "Model Perencanaan Pendidikan Berbasis Karakter Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Di Pondok Pesantren". Benchmarking 8 (2): 72–81.
Budi, Setia. 2025. "Curriculum Management in Islamic Boarding Schools: Integrating Islamic Values and Global Needs". Edukasiana: Journal of Islamic Education 4 (1): 399–409.
Firmansyah, Nur Hafidz, Siti Aimah. 2024. "Itu Kontroversi Dalam Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam: Antara Konservatisme Tradisional Dan Tuntutan Globalisasi Edukasi Dalam Pendidikan". Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7 (001): 111–26. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7571.
Hadi, Yusron Nur, و Niken Ayu Khoirun Nisa. 2023. "Polemik Pendidikan Indonesia Masa Kini". Edited by Yusron Nur Hadi. Sukolilo Pati Jawa Tengah: Fatiha Media (Sukolilo.
Handoyo, Ibnu Agung, Hairun Nisa Siagian, Mhd Fahrizal Fadly, Zaini Dahlan. 2025. "Transformasi Pendidikan di MTs. Negeri 2 Medan: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah". MUDABBIR Journal Research and Education Studies 5 (1): 284–94.
Hani’ah, Raden Roro Syarifah. 2024. "Manajemen pengembangan Mutu pendidikan di PPDA Nurul Iman". IAINU Kebumen.
Happyana, Luat. 2024. "Evaluasi diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penjaminan mutu internal". Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business 4 (6): 3186–97.
Harun, Rosid. 2023. "Manajemen Pendidikan Islam Pada SMA Berbasis Pesantren" 2 (1): 17–23.
Hijazi, Ahmad. 2025. "Manajemen Strategik Modernisasi Pondok Pesantren Di Era Society 5.0 (Kajian Pondok Pesantren Khairul Ummah)". Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hikmah, Nikmatul, Siti Aimah. 2025. "Bangkitnya Akreditasi Berbasis Hasil: Era Baru Penjaminan Mutu". Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 15 (1): 23–41.
Hikmawati, Fenti, Fisher Zulkarnain, Dede Nuryayi Taufiq. 2024. "Pendidikan Islam berwawasan multikultural sebagai resolusi konflik pemahaman agama". Gunung Djati Publishing.
Idhofi, Rahmat. 2024. "Studi perbandingan sistem pendidikan modern dan Islam tradisional". Maliki Interdisciplinary Journal 2 (5): 388–95.
Imamah, Istianatul, Luluk Rosyidatul Umah, Nani Septiana, Ainur Rofiq. 2024. "Kepemimpinan Adaptif Sebagai Kunci Sukses Membangun Model Organizing Hybrid yang Relevan dan Berkelanjutan". Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam 5 (2): 53–74.
Imron, Ali. 2023. Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Bumi Aksara.
Istikarani, Mutya, Nur Asikin, Ansori Ansori, Kasful Anwar, Muhammad Yusup. 2025. "Directing Dan Koordinating (Taujih Wa Tansiq) Dalam Perpektif Islam". Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 3 (1): 135–44.
Lembong, Jelly Maria, Harol Reflie Lumapow, Viktory Nicodemus Joufree Rotty. 2023. "Implementasi merdeka belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan". Jurnal Educatio Fkip Unma 9 (2): 765–77.
Maisah Maisah, Asbui Asbui, Asrulla Asrulla, Mahmud MY. 2025. "EVOLUSI Institusi Pendidikan Islam Menuju Modernisasi" 5 (1): 727–34. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i1.2594.
Mansir, Firman. 2020. "Manajemen Pondok Pesantren di Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Islam Era Modern". QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12 (2): 207–16. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.644.
Munir, M, و Ita Zumrotus Su’ada. 2024. "Manajemen pendidikan Islam di era digital: Transformasi dan tantangan implementasi teknologi pendidikan". JIEM: Journal Of Islamic Education and Management 5 (1): 1–13.
Murtafiah, Nurul Hidayati. 2023. "Manajeman Tatalaksana Lembaga Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan". At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 7 (2): 425–36.
Nurkholis, Nurkholis, Achadi Budi Santosa. 2022. "Manajemen pengembangan kurikulum berbasis pesantren". J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 7 (2): 113–30.
Nuryani, Lilis Kholisoh. 2024. Manajemen Mutu Berbasis Pendidikan Karakter. Indonesia Emas Group.
Panggabean, Suvriadi. 2022. "Pengantar Manajemen Pendidikan". Yayasan kita menulis.
Rahayuningtyas, Rizqi Diyanita. 2022. "Upaya Kiai dalam Internalisasi Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Ponorogo". IAIN PONOROGO.
Riduwan, Muhammad. 2023. "Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik Pada Pondok Pesantren". Journal of Education and Learning 1 (2): 61–69.
Ridwan, Y, N Nurmila, M Erihadiana. 2022. "Quality Management Development of Boarding School Education in West Java: Research at Mifathul Huda Manonjaya Islamic Boarding School Tasikmalaya ". Journal of Social https://ijssr.ridwaninstitute.co.id/index.php/ijssr/article/view/110%0Ahttps://ijssr.ridwaninstitute.co.id/index.php/ijssr/article/download/110/199.
Rosid, Moh. Harun Al, Ilma Safira. 2021a. "Manajemen Pendidikan Islam Pada Sma Berbasis Pesantren". Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam 2 (01): 70. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.976.
Rosid, Moh Harun Al, Ilma Safira. 2021b. "Manajemen Pendidikan Islam Pada SMA Berbasis Pesantren". Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam 2 (01): 70–87.
Sahara, Yudi, و Ainur Rofiq. 2024. "Digitalisasi Sistem Manajemen Siswa Di Madrasah Sebagai Inovasi Identitas Islam". As-Sulthan Journal of Education 1 (2): 294–307.
Sanjani, M A F, M H Ridlo, L S Yanti. 2023. "Investigating the Holistic Management in Increasing Graduates’Competence in Madrasa Based on Pesantren". Pedagogik: Jurnal … 10 (2): 226–39. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/7170%0Ahttps://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/7170/2879.
Sopian, Mohamad. 2025. "Integrasi nilai pendidikan islam dan pengembangan kewirausahaan dalam lingkup pendidikan" 7 (1): 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v7i1.1006.
Sukarlan, S Ag. 2025. Manajemen Pendidikan Nilai. Goresan Pena.
Sumampow, Zoya F. 2024. Buku Ajar Manajemen Pendidikan. Selat Media.
Supriyyadi, Supriyyadi, Mirhabun Nadir, M Bisri Ikhwan. 2025. "Implementation of SWOT in Improving the Image of Islamic Boarding Schools at the Islamic Boarding School". Instructional Development Journal 8 (1): 41–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.30459.
Susanti, Susi. 2018. "Peran Orang Tua Asuh Dalam Membina Karakter Kemandirian Dan Akhlak Siswa Di Ma Muhammadiyah 1 Ponorogo". (Skripsi, IAIN Ponorogo), 1–115.
Tamim, Rouf. 2024. "Pendidikan Islam Di Indonesia (Model Pesantren Dan Madrasah)". At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam 2 (1): 476–93.
Thohir, Ajid, Ucep Hermawan. 2024. Kyai dan pendidikan kewirausahaan: Membangun ekonomi masyarakat perkotaan. Gunung Djati Publishing.
Wahid, Abdul Rohman, و Benny Prasetiya. 2024. "Peran Model Keteladanan Pengasuh Pondok Pesantren Al Ihsan Terhadap Akhlak Santri". AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6 (1): 233–50.
Wangsadanureja, Miftah. 2018. "Urgensi Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Keluarga". Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (02): 257. https://doi.org/10.30868/im.v1i2.279.
Published
2025-06-22