Manajemen Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck sebagai Sumber Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Sastra

Authors

  • Nazua Fatia Harahap Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nurul Azwa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yuli Fitriyanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.35719/managiere.v4i2.2441

Keywords:

Value Internalization, Islamic Education, Literary Literacy, Islamic Novel, PAI Learning

Abstract

This study examines the management of internalizing Islamic educational values in Buya Hamka’s novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck and its relevance as a literary-based learning source for Islamic Religious Education. Using a qualitative content analysis approach through close reading, this research maps the organization and implementation of value internalization encompassing aqidah, morality, muamalah, and Islamic social ethics reflected in the narrative. The findings reveal that the novel provides structured moral experiences that can be managed pedagogically to strengthen students’ religious character. Through literary literacy, teachers can optimize the novel as a medium for value internalization by guiding students in interpreting texts, engaging in reflective reading, and connecting narrative experiences with Islamic teachings. This research highlights that Islamic literature is a strategic instrument for managing value-based learning, enabling PAI to be more contextual, humanistic, and relevant to modern educational needs.

Penelitian ini mengkaji manajemen internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Buya Hamka serta relevansinya sebagai sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis literasi sastra. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis isi melalui pembacaan mendalam, penelitian ini memetakan pengelolaan internalisasi nilai yang meliputi nilai akidah, akhlak, muamalah, dan etika sosial keagamaan sebagaimana tercermin dalam alur dan karakter tokoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel tersebut menyediakan pengalaman moral terstruktur yang dapat dikelola secara pedagogis untuk memperkuat pembentukan karakter religius peserta didik. Melalui literasi sastra, guru dapat mengoptimalkan proses internalisasi nilai dengan strategi interpretasi teks, pembacaan reflektif, serta pengaitan pesan naratif dengan ajaran Islam. Penelitian ini menegaskan bahwa karya sastra Islami merupakan instrumen strategis dalam manajemen pembelajaran berbasis nilai, sehingga pembelajaran PAI menjadi lebih kontekstual, humanis, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern. 

References

Abidin, Y. (2021). Pembelajaran literasi terpadu dalam konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Ali, Z. (2021). Hukum ekonomi syariah. Sinar Grafika. https://sinargrafika.co.id

Aziz, A. (2023). Religious morality and ethical values in Islamic education. Tarbiyah: Journal of Education. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/14627

Azizah, S. (2023). Pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI berbasis literasi. Al-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 55–70.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2023). Standar Pendidikan Agama Islam. https://bsnpkemdikbud.go.id

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Fathurrosyid. (2022). Islamic religious education literacy and numeration in the perspective of the Qur’an and Hadith. Journal of Islamic Education Research, 3(2), 93–104. https://doi.org/10.35719/jier.v3i2.242

Fauzi, I., Arifin, B., & Haris, A. (2024). Manusia sebagai subjek pendidikan Islam dalam perspektif fitrah, kekhalifahan, dan orientasi ibadah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1). https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9582

Fauzi, I., Sari, D. N., & Junaidi, M. (2024). Pengembangan budaya religius pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1). https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i1.2849

Hakim, R. (2021). Pendidikan nilai aqidah dalam sastra Islami. Journal of Islamic Education and Ethics, 7(2), 112–126. https://journal.uinmalang.ac.id/index.php/jiee/article/view/2021

Hamka. (2015). Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Balai Pustaka.

Hidayat, A. (2021). Character education in Islamic perspective. Al-Ta'dib Journal. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/4940

Hidayat, R., & Rofi’i, A. (2022). Peran sastra Islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Islam, 11(1), 67–80.

Jannataini, Z. (2025). Analysis of Islamic educational values and their internalization in the novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck by Buya Hamka. Jurnal Al-Hikmah. https://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/view/307

Krippendorff, K. (2019). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage Publications.

Ma’arif, M. (2022). Internalisasi nilai moral dalam pendidikan keagamaan. Jurnal Pendidikan Islam. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpi/article/view/5530

Mansur, A. (2022). Sastra Islam dan internalisasi nilai keimanan peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 44–57. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jpi/article/view/2022

Muliati, M. (2023). Analisis nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. (Tesis). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. https://eprints.umsb.ac.id/3315/1/TESIS-MULIATI.pdf

Mushaf Digital Resmi Kementerian Agama RI. (2024). https://quran.kemenag.go.id

Nugroho, H. (2023). Transformation of Islamic boarding schools as Islamic education institutions in Indonesia. Jurnal Ilmiah, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.35719/jier.v4i1.319

Nurgiyantoro, B. (2019). Sastra dan pendidikan karakter: Perspektif teori dan praktik. Gadjah Mada University Press.

Parman, A. A. (2021). Representasi nilai pendidikan Islam dalam roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka. Konsepsi: Jurnal Kajian Pendidikan. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/107

Saefulloh. (2023). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka. UIN SAIZU. https://repository.uinsaizu.ac.id/20338/1/Saefulloh_Nilai%20Pendidikan%20Akhlak%20dalam%20Film%20Tenggelamnya%20Kapal%20Van%20Der%20Wijck%20Karya%20Buya%20Hamka.pdf

Suyadi, A., Suprapto, H., & Najib, K. (2023). Learning assessment techniques for Islamic Religious Education in the 2013 curriculum. Jurnal Ilmiah, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.35719/jier.v4i1.296

Wahid, A. (2020). Implementation of Islamic values in school culture. Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPAI/article/view/4272

Yunus, M. (2020). Integrasi literasi sastra dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 145–158.

Zainuddin, M. (2024). Akhlak dan moral keagamaan sebagai basis pembentukan karakter. Jurnal Keilmuan Islam. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ki/article/view/169

Downloads

Published

2025-12-03