The Use Of Youtube Media In Improving Listening And Speaking Skills In UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

  • Sinta Bella UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mokhammad Miftakhul Huda UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Keywords: Media YouTube, Maharah Kalam, Maharah Istima’., listening, speaking skills

Abstract

Listening and speaking skills are two of the four Arabic language skills that are highly influential in developing the language. Both of these skills can be successful if students continue to practice and practice, but these two activities can be done if supported by adequate environmental facilities. Therefore, YouTube media tries to answer the limitations of the environment experienced by students. This study aims to describe the use of YouTube media to increase students’ listening and speaking skills. The method used is the qualitative research method with a descriptive approach. This study revealed that media YouTube delivered improvements to students’ listening and speaking skills. Although due to the limitations of the media, still have a record, including not all can use this media if you do not have internet access. As well as the unavailability of automatic translation.

Maharah kalam dan maharah istima’ adalah dua dari empat keterambilan bahasa Arab yang sangat mempengaruhi dalam perkembangan berbahasa. Kedua keterampilan ini bisa dinggap berhasil jika siswa terus melakukan latihan dan praktek, tetapi dua kegiatan tersebut bisa dilakukan jika didukung dengan fasilitas lingkungan yang memadai. Karena itu, media YouTube berusaha menjawab keterbatasan lingkungan yang dialami siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan media YouTube untuk peningkatan maharah kalam dan maharah istima’ mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengungkap bahwa media YouTube pada dasarnya memberikan peningkatan terhadap maharah kalam dan maharah istima’ mahasiswa. Meskipun karena keterbatasan media tersebut, tetap memiliki catatan, di antaranya tidak semua bisa menggunakan media ini jika tidak memiliki akses internet. Serta tidak tersedianya translate otomatis.

References

Al-Baijuri, Ibrahim. TT. Al-‘Imrithi. Surabaya: Daarul Jawaahir.
Dahlan, Ahmad Zaini. TT. Mukhtashor Jiddan. Surabaya: Daarul ‘Ilmi.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Faiqoh, Naning Ma’rifatul. 2020. Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Pada Maharāh Istimā’.
Firmansyah, Ricky dan Iis Saidah. 2016. Perancangan WEB Based Learning sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT.
Hermawan, Acep. 2018. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Bandung: ALFABETA, cv.
Iliga, Daud Abdul Kadeer dan Dr. Husain Ali Al Basumi. 2014. Al Muhadatsah Fil Lughah Arabiyyah; Thuruq Ta’limiha wa Asalib Mualajati Musykilatiha Lada Thalabah. Madi-nah: International University of Madinah.
Januarisman, Erwin dan Anik Ghufron. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII.
Mustofa, Syaiful. 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-MALIKI PRESS.
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
M. Djamal. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: DIVA Press.
Pribadi, Benny A. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rahman, Syaiful, et al. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Pros-es Pembelajaran Produktif di SMK.
Setyawan, Cahya Edi. 2018. Konsep Landasan Teori dan Rancangan Silabus Pembelajaran Maharah Istima di Perguruan Tinggi.
Suja’i. 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Guruan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Suryani,Nunuk, et al. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. dan Abd. Rahman K. Ma’ruf. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri.
Published
2022-04-15
How to Cite
Bella, S., & Huda, M. M. (2022). The Use Of Youtube Media In Improving Listening And Speaking Skills In UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Journal of Arabic Language Teaching, 2(1), 43 - 56. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/arkhas.v2i1.1275